Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Pentingnya Memahami Dan Menentukan Target Pasar dalam Membangun Bisnis Anda

Untuk menunjang keberhasilan sebuah bisnis terhadap produk yang di pasarkan, maka akan berlomba merebut hati konsumen untuk menjadi puas. Keberhasilan ditentukan oleh konsep strategi pemasaran untuk menentukan target pasar dan mengukur terhadap produk yang dijual.
Memahami Konsep Sasaran Pasar Dalam Membangun Bisnis

Itulah sebabnya perusahaan berusaha keras untuk menemukan pelanggan "mereka dengan mengetahui target pasar dan menentukan target sasaran yang tepat. Di dalam membangun usaha dengan target audiens  yang puas adalah tujuan atau gol yang di capai.

Pada artikel ini, akan dijabarkan konsep dalam menentukan target pasar dalam pemasaran, jenis utama sasaran pasar dan menunjukkan bagaimana kalian dapat memahami pengertian strategi dalam menentukan target pasar yang benar.

Konsep Menentukan Target Pasar bagi perusahaan

Konsep menentukan target pasar adalah kunci dalam strategi pemasaran. Untuk industri B2C, target pasar berarti sekelompok orang tertentu yang direncanakan untuk target dalam menjual produk atau jasa.  

Baca juga: Riset Pemasaran Bagi Perusahaan: Definisi, Tujuan, Sasaran dan Contohnya

Peningkatan minat pada produk dari segmen sasaran ini membuat bekerja dengannya lebih menguntungkan, dan itu dicapai melalui pemahaman yang ideal tentang kebutuhan audiens sasaran.

Jika kamu sudah mengetahui target pasar dari produk kalian, dengan kata lain, Anda memahami "kepada siapa sebenarnya kamu ingin menjual produk" (untuk produk baru) atau "siapa yang paling sering membeli produk kalian" (untuk produk saat ini). 

Maka kamu dapat membuat iklan yang tepat dengan respons yang tinggi. Pilih kemasan atau lokasi yang paling menarik untuk penjualan dan berikan produk dengan kualitas yang paling bagus.

Ilustrasi Contoh :

Misalkan perusahaan Anda menjual pasta gigi. Jika audiens Anda adalah pekerja kantoran berusia 25-35 tahun, maka kemungkinan besar karakteristik produk seperti efek pemutihan dan kualitas penyegaran akan menjadi penting bagi mereka.

Mereka akan memperhatikan desain kemasan dan pernyataan cerdas mengenai kinerja produk. 
Jika konsumen dari produkmu adalah orang tua berusia di atas 50 tahun, maka kemungkinan besar bagi mereka akan memilih prioritas produk. Misalnya adalah "perlindungan gusi" dan "perawatan rambut agar tidak rontok", maka mereka akan melihat lebih dekat pada harga produk dan memperhatikan bahan-bahan alami yang ada dalam komposisi.

Analisis dan manfaat menentukan target pasar

Analisis target pasar menentukan di mana dan bagaimana produk Anda akan sesuai dengan pasar sebenarnya. Dengan informasi ini Anda dapat:
  • Tentukan pasar mana yang paling dan paling tidak bernilai bagi bisnis Anda.
  • Kategorikan jenis pelanggan.
  • Temukan kelompok pelanggan di pasar yang dapat menggunakan produk kalian.
  • Menilai kelayakan produk baru.
  • Temukan pasar baru yang menarik untuk dijelajahi.
  • Kembangkan strategi bisnis yang lebih spesifik.
Melakukan analisis target pasar akan membantu Anda memilih lokasi terbaik untuk sebuah usaha kalian. Menemukan harga terbaik untuk produk yang akan dikembangkan dengan menggunakan iklan yang menarik, dan menempatkannya di tempat yang akan dilihat oleh pelanggan yang Anda inginkan.

Jenis Sasaran Pasar 

Dalam melakukan strategi pemasaran, biasanya untuk menentukan target pasar dibagi menjadi 2 kelompok yaitu primer dan sekunder. Pasar-pasar ini memiliki motif pembelian dan pendekatan yang berbeda untuk pemilihan produk, mereka berbeda dalam ukuran, karakteristik perilaku dan psikografis.

# Pasar sasaran utama atau primer adalah pasar utama perusahaan, dialah yang mendatangkan pendapatan dan keuntungan utama; perwakilan pasar adalah pemrakarsa langsung pembelian barang dan memiliki kebutuhan yang jelas untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan.

# Pasar sasaran sekunder adalah kelompok pembeli yang lebih sempit yang memiliki salah satu karakteristik berikut: ukuran kecil, keterlibatan rendah dalam pembelian barang, kemampuan untuk mempengaruhi pilihan produk oleh perwakilan pasar sasaran primer. 

Baca juga: Langkah Menentukan Target Audience untuk Bisnis Online

Dengan kata lain, ketika menentukan target pasar Anda, Anda dapat membedakan ke dalam kelompok-kelompok yang terpisah:

  • konsumen yang dapat membeli produk secara spontan;
  • konsumen yang dapat mempengaruhi pilihan suatu produk oleh pasar sasaran utama;
  • konsumen yang berpotensi membeli produk di masa depan;
  • konsumen yang jumlahnya sedikit dan perilaku pembeliannya berbeda dengan pasar primer

Deskripsi pasar sasaran (target market)

Pasar sasaran adalah segmen dimana untuk mengetahui target pasar yang akan di kuasai. Ini adalah gambaran dalam menentukan target pasar yang digunakan untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh pembeli. 

Baca juga: Perbedaan Riset Pasar dan Riset Pemasaran Beserta Fungsinya

Di mana pelanggan bersedia untuk membeli produk dengan melalui media komunikasi yang paling efektif digunakan untuk mempromosikan produk.

Mengetahui karakteristik menjadi dasar segmen pasar sasaran. Yaitu : 

  • Berdasarkan karakteristik Demografis
  • Geografis 
  • Psikografis 
  • Perilaku 
  • Pembelian produk
  • Menentukan ukuran pasar 
  • Trend pasar

Dalam tabel dibawah ini mengelompokan parameter secara lebih rinci yaitu :

Kriteria evaluasi Keterangan
Penentuan Target Konsumen Nilai parameter yang menggambarkan pasar sasaran harus sama untuk pasar sasaran dan berbeda untuk semua konsumen pasar lainnya.
Sifat daya beli konsumen Parameter pasar sasaran adalah harus terkait dengan pembelian.
Segmen yang signifikan Target pasar, disatukan dan disesuaikan dengan parameter yang diberikan, signifikan penjualan dan potensi keuntungan bagi perusahaan.
Keputusan menetapkan penargetan Parameter yang mudah didasarkan pada deskripsi pasar sasaran harus memungkinkan penargetan berkualitas tinggi saat merencanakan kampanye iklan.

Jenis jenis karakteristik

Semua karakteristik yang seharusnya menjadi dasar deskripsi segmentasi pasar sasaran dapat dibagi menjadi 7 kelompok: deskripsi berdasarkan karakteristik demografis, geografis, perilaku dan psikografis; deskripsi driver pembelian utama; menentukan ukuran dan tren pasar. Mari kita pertimbangkan setiap kelompok parameter secara lebih rinci.

1. Karakteristik demografis

Karakteristik sosio-demografis membantu menentukan batas-batas pasar sasaran berdasarkan usia, pendapatan, jenis kelamin, pekerjaan, status perkawinan dan ukuran keluarga, kebangsaan, tingkat pendidikan, dll. Karakteristik tersebut sangat membantu ketika memilih saluran komunikasi dan merencanakan kampanye iklan produk. Untuk industri B2B (Business to Business), karakteristik ini meliputi: jenis industri dan sektor ekonomi, usia usaha, volume penjualan dan ukuran perusahaan, jumlah karyawan, keberadaan jaringan cabang, dll.

2. Karakteristik geografis

Parameter geografis membantu menentukan area yang akan Anda layani dengan produk atau layanan Anda. Karakteristik tersebut meliputi jenis wilayah yang dilayani (kota, wilayah, negara), kepadatan penduduk dan ukuran penduduk, sifat lokasi pasar sasaran, dan kondisi iklim.

3. Karakteristik psikografis

Karakteristik psikografis membantu menentukan gaya hidup dan karakter pembeli. Pemahaman berfungsi untuk memilih dengan benar model dan isi pesan dari iklan, gambar utama sebagai gambar produk yang menarik. 

Parameter psikografis mencakup persepsi yang berbeda dari pembeli tentang dirinya sendiri: tidak hanya bagaimana pembeli memandang dirinya sendiri, tetapi bagaimana dia ingin melihat dirinya sendiri.

B2C (Business to Consumer)

Dalam menggambarkan gaya hidup pembeli pasar B2C (Business to Consumer) yaitu : proses penjualan produk dan layanan secara langsung antara bisnis dan konsumen yang merupakan pengguna akhir produk atau layanannya. Sebagian besar perusahaan yang menjual langsung ke konsumen dapat disebut sebagai perusahaan B2C (Ritel). Sumber (Wikipedia)

Anda dapat berbicara tentang status perkawinan, preferensi liburan, acara TV favorit; hobi, afiliasi politik, merek mobil yang disukai, kosmetik, parfum; tentang ide hidup yang ideal. 

B2B (Business to Business)

Dalam menggambarkan gaya hidup pembeli pasar B2B (Business to Business) yaitu: konsumen membeli produk untuk penggunaan pribadi mereka, bisnis membeli produk untuk digunakan bagi perusahaan mereka. 

Pembelian dalam jumlah besar, seperti peralatan modal, umumnya membutuhkan persetujuan dari mereka yang memimpin perusahaan. Hal ini membuat daya beli bisnis jauh lebih kompleks daripada konsumen pada umumnya. Sumber (Wikipedia)

Anda dapat berbicara tentang tahap apa bisnis klien yang potensial, berita atau majalah apa yang dia ikuti, sosial media apa saja yang dia ikuti, seberapa luas target pasar yang disasar dan masih banyak lagi.

Baca juga: Memahami Dampak Pemasaran Media Sosial Bagi Pebisnis

4. Karakteristik perilaku

Menentukan karakteristik perilaku memungkinkan Anda untuk memahami model dasar dalam memilih dan membeli produk di pasar. Ini termasuk: alasan pembelian pertama, jumlah rata-rata pembelian per tahun dan interval antara pembelian, volume rata-rata 1 pembelian, kecepatan membuat keputusan pembelian, tempat pembelian yang disukai, sumber informasi tentang produk, bagaimana produk digunakan, dan preferensi metode pembayaran/pengiriman.

Baca juga: Pengertian Segmentasi Pasar Berdasarkan Karakteristik Perilaku (Behavior Segmentation)

 5. Identifikasi pembelian produk

Pentingnya menentukan target pasar adalah identifikasi pendorong pembelian utama. Parameter penilaian berikut yang sering digunakan dapat dibedakan: kualitas, merek, harga, sifat spesifik produk, iklan dan kemasan produk, tingkat layanan, opsi pengembalian dan garansi, lokasi, dll.

6. Ukuran sasaran pasar

Disarankan untuk menambahkan informasi tentang ukurannya pada pengertian pasar sasaran. Informasi ini memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa basis pelanggan potensial besar dan perusahaan akan mampu menghasilkan tingkat keuntungan yang diperlukan dan tumbuh.

7. Trend pasar yang terjadi

Tren utama dalam pengembangan pasar menunjukkan peluang, tingkat stabilitas dan prospek pertumbuhan segmen, oleh karena itu pencantuman informasi ini dalam karakteristik pasar sasaran diperlukan. Tren perlu dinilai dalam bidang berikut: dampak kondisi ekonomi dan politik negara di pasar, tingkat pertumbuhan pasar, potensi pertumbuhan basis konsumen dan tren preferensi konsumen, tren pasar teknologi.

Kesimpulan

Dalam memahami dan menentukan target pasar yang potensial, kalian wajib mengelompokkan "kepada siapa sebenarnya Anda ingin menjual produk" (untuk produk baru) atau "siapa yang paling sering membeli produk Anda" (untuk produk saat ini). 

Oleh karena itu kalian dapat membuat iklan yang tepat dengan respons yang tinggi. Pilih kemasan atau lokasi yang paling menarik untuk penjualan, berikan produk dengan kualitas yang paling bagus. 

Dengan begitu konsumen dapat membeli produk secara spontan; konsumen yang dapat mempengaruhi pilihan suatu produk oleh pasar sebagai konsep sasaran pasar yang utama; konsumen yang berpotensi membeli produk di masa depan; konsumen yang jumlahnya sedikit dan perilaku pembeliannya berbeda dengan pasar primer.

Baca juga: