Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Branding Produk Makanan Cepat Terkenal

Cara branding produk makanan cepat terkenal - Dalam membuat usaha tentunya tidak lepas dari brand yang akan kita buat dan akan kita kenalkan kepada orang. Hal ini akan membantu produk kalian bisa terkenal dan dikunjungi banyak orang. Kebanyakan orang kebingungan bagaimana membangun itu semua agar tempat usaha bisa banyak pengunjung?

Strategi bagaiamana produkmu bisa cepat dan gampang dikenal merupakan ilmu yang wajib diketahui dan diterapkan oleh para pelaku usaha baik itu skala kecil, sedang maupun besar. Cara branding produk makanan memiliki beberapa komponen-komponen penting yang harus di penuhi. 

Cara Branding Produk Makanan Cepat Terkenal
Pastinya kalian ingin dong, produk mu cepat dikenal banyak orang? Apalagi cepat terkenal sampai keluar kota. "Cepat" dalam hal ini berhubungan atau terkorelasi juga dengan budget atau modal setiap orang yang ingin membuat brand produk dan strategi branding produk. 

Misal karena kita modalnya cuma terbatas pastinya di hari pertama buka kita pengennya langsung bisnis kuliner kita meledak. Betul ya....

Kemudian sekarang juga konsumen mulai banyak maunya dalam memilih produk yang akan dibeli. 

Kompetisi yang sangat tinggi bagi pelaku usaha yaitu dengan adanya brand-brand yang unik, produk-produk yang luar biasa menarik perhatian menjadikan suatu kompetisi yang umum dalam dunia bisnis kuliner.

Bagaimana caranya kita bisa mengalahkan kompetitor dan betul-betul menarik perhatian target market dan pada akhirnya brand kita cepat terkenal ketika pembukaan pertama.

Apa itu Brand ?

Pengertian sederhana arti brand adalah ikatan yang terjadi antara produk dengan konsumennya. Dimana titik lebihnya ada pada nilai produknya yang diberikan kepada konsumennya. 
Ikatan dari produk itu sendiri terdiri dari komponen-komponen yang saling melengkapi mulai dari logo, slogan, merk, kemasan.

Perbedaan Brand dan Branding

1. Brand

Brand adalah merek dagang yang dikenal oleh masyarakat luas baik melalui nama produk maupun desain produknya serta logonya.

2. Branding 

Branding artinya suatu proses dari pembentukan dari brand itu sendiri. Misalnya pemilihan warna dari logo sebagai contohnya merk minuman bersoda coca cola. Minuman ini memiliki warna merah yang menunjukan ciri khas warna minuman tersebut. 

Proses branding tidak terbatas pada gambar atau logo, tetapi lebih luas lagi dalam cakupan brand. Cakupan selain logo juga dari tempat bisnis yang bersih, segi pelayanan yang ramah, desain tempat yang unik dan masih banyak hal yang membuat produk kita di ingat oleh orang.

Misal produk kalian itu adalah sebuah minuman. Bagimana produkmu itu di pilih oleh konsumen, tapi bukan konsumen yang membandingkan harga ya. Karena dengan adanya brand kita sudah lepas dari namanya harga. Jadi bisa ditarik kesimpulan ketika konsumen masih cari harga paling murah itu berarti proses branding produk kita belum bekerja. 

Contoh product branding HP yang sangat melekat di hati pecinta merk Apple. Mereka berani berkorban antri untuk mendapatkan produk baru keluarnya. Hal ini tidak pernah terjadi oleh perusahaan produk HP sejenisnya. Itu berarti brand produk Apple sudah melekat pada orang dan si situlah branding produk sudah dikatakan bekerja dalam membranding barang jualannya. 

Cara Membuat Brand

Cara membangun brand produk kuliner cepat terkenal terkesan tidak memiliki pola jadi banyak orang yang bertanya. Gimana sih supaya brand kulinernya bisa tiba-tiba langsung terkenal? 

Mereka berpikir itu sulap atau banyak orang yang bilang tiba-tiba tapi sebetulnya tidak ada yang tiba-tiba dan tidak ada yang namanya sulap. Bagaimana caranya supaya branding produk kuliner bisa cepat terkenal itu sangat jelas ada polanya dan memahami cara membangun brand.

Berikut cara branding produk makanan agar cepat terkenal :

1. Pemilihan Nama Branding

Pemilihan nama dari sebuah brand sangat menentukan bagus atau tidaknya brand kuliner tersebut. Sehingga teman-teman harus memastikan nama yang dipilih tidak asal atau nama yang dipilih itu memang betul-betul sesuai dan relevan dengan target market kita.

2. Logo

Logo yang dibuat tidak boleh asal tapi memang logo yang dibuat harus sesuai dengan konsep dan relevan dengan target market.

Apa yang ada di logo biasanya ada icon dan tulisan. Terkadang icon yang unik dari Logo yang kita buat menjadi salah satu elemen yang bisa memudahkan kita untuk menarik perhatian target market.

3. Design

- Design Kemasan

Design dari cara membuat branding kemasan sangat penting sebagai elemen yang melekat pada produk selain dari logo. Ketika kita memiliki produk kuliner wajib memiliki kemasan dimana orang melihat kemasan saja mereka akan tau itu produk kita. So... yang namanya desain kemasan itu sangat sangat mempengaruhi sekali. 

Kita ketahui habit konsumen saat ini tidak hanya makan di rumah namun seringkali membawa produknya untuk dimakan di luar atau take away. Jadi desain kemasan menjadi elemen desain tersendiri yang membantu brand kita untuk bisa menarik perhatian.

Design Tempat

Desain tempat juga memiliki peran sebagai product branding strategy agar cepat terkenal. Dimana orang-orang mengenal produk kita karena tempat. Misalnya tempat yang terkenal kebersihannya, terkenal design bangunan klasiknya atau bisa juga design modern.

Kenapa design tempat harus unik?

Tempat yag unik saat ini banyak banget kita jumpai di tempat-tempat atau Brand kuliner yang booming atau trending. Jadi, tempat menjadi terkenal karena dari design tempat mereka sendiri.

Banyak design tempat yang bagus, nyaman, bersih, dan yang paling utama adalah unik

Tempat yang unik menjadikan orang-orang mudah mengenali dan ingin mencari informasi kemana mereka akan hangout atau kulineran sambil berselfi.

Kebanyakan sebelum ke tempat kuliner mereka mencari informasi dari media sosial seperti Instagram. Salah satu yang menarik perhatian di dalam konten Instagram adalah tempat-tempat yang unik karena semua orang jadi ingin datang ke sana.

Alasan mereka mau datang ke tempat kita adalah prilaku orang yang suka berfoto dari desain tempat kita. Pada akhirnya akan menjadi word of mouth (dari mulut ke mulut) lewat sosial media.

- Design Produk Unggulan

Produk Unggulan jadi yang saya maksud dengan Snowball effect ini adalah apabila kita telah 

Setelah memenuhi syarat di inti yang pertama kemudian kita juga memenuhi syarat di inti yang kedua, maka gaung dan efek dari brand kuliner ini menjadi semakin cepat terkenal dan berpotensi lebih besar lagi.

Sebagai contoh apabila kita brandingnya sudah menarik kemudian produk kita jagoan banget itu akan membuat potensi brand kuliner kita lebih cepat terkenal lebih besar lagi.

Produk jagoan yang saya maksud kita bisa breakdown menjadi beberapa hal berikut : (berpotensi untuk menjadi word of mouth)

1. Makanan Enak 

Salah satu syarat bahwa bisnis kita bisa berjalan dengan baik adalah saat produk kita dirasa oleh konsumen enak. 

Produk Enak memang kita harus melakukan pengecekan lagi ke target market agar produk kita dikatakan enak relevan bukan enak berdasarkan kita sendiri atau hanya dari keluarga kita saja.

Produk yang enak bisa kita tes langsung ke target market pada saat kita melakukan proses launching produk.

Produk yang enak itu sendiri bisa menjadi bahan ataupun konten yang membuat brand bisnis kita menjadi omongan orang.

2. Produk Ekstrim

Kadang-kadang kita lihat nih beberapa produk-produk kuliner yang booming di online itu menggunakan strategi ekstrim.

Apa sih maksudnya?

Pernah liat makanan dengan coklat yang lumer...mmm

Pernah lihat pizza atau makanan pakai keju yang ditarik bisa puuaanjang banget.

Pernah mendengar makanan dengan super pedasnya sedang, super pedas, atau apalah yang menunjukan tingkat kepedasannya gak nahan. Cabenya pun ekstrim banget sampai betul-betul difoto itu warnanya merah banget. he..he..he..

Nah itu contoh produk ekstrim yang bisa berpotensi untuk menjadi word of mouth. 

Menjadi salah satu elemen yang bisa menjadi rekomendasi produk jagoannya teman-teman adalah ekstrim diantara dua ini. Makanan enak merupakan syarat utama sedangkan ekstrim merupakan salah satu alternatif strategi yang bisa kita gunakan contohnya adalah bisa ekstrim pedas atau ekstrim banyak dalam kategori porsi atau ekstrem ekstrem yang lain teman-teman bisa tentukan sesuai produk kulinermu.

3. Konten Komunikatif

Jika kalian pernah menemukan seperti kasus diatas tadi dimana sebetulnya brandingnya tempat kuliner kalian yang pernah datengi biasa aja atau produknya juga lumayan. 

Tetapi dengan konten komunikasinya yang power full luar biasa banget sehingga menciptakan satu gaung yang juga luar biasa. 

Ini akan menjadi bahan omongan orang dan kemudian banyak orang yang ingin mencoba dan setelah mereka datang mereka puas Mereka pun merekomendasikan.

4. Foto

Foto wajib yang bagus. Karena kita sekarang berkomunikasi di era sosial media. Salah satu bentuk dari komunikasi yang paling utama adalah dalam bentuk foto.

Dan karena kita berbisnisnya bisnis kuliner jadi ini adalah syarat yang utama banget. Apalagi dari hasil jepretan foto kalian sendiri itu lebih bagus dengan produk kalian.

Ketika orang melihat dari foto produk dampak dari foto itu akan membuat orang menggugah selera mereka. Itu tujuan foto sebagai konten komunikasi. 

Jika kalian mau posting foto produk kulinernya, pastikan memang fotonya bagus. Kemudian dari segi pencahayaan perlu diperhatikan. Buat agar foto sesuai pencahayaan yang sesuai dan bagus dilihat.

5. Design Yang Bagus

Dengan menggunakan media sosial sebagai media utama, maka desain grafis yang bagus merupakan syarat yang utama agar cepat dikenal luas.

Saat ini tidak terlalu sulit untuk mendesign suatu produk, paling ideal adalah saat tim marketing atau dikenal dengan branding marketing dari bisnis kuliner kalian memang memiliki designer grafis secara in-house. Oleh karena itu setiap hari bisa memproduksi berbagai konten komunikasi yang cukup banyak dan bervariasi. 

Tetapi jika teman-teman belum memiliki budget secara khusus untuk punya designer in-house banyak sekali situs-situs seperti sribulancer yang merupakan anggota komunitas yang berisi designer grafis dimana kalian bisa memilih harga jasa branding produk jasa mereka. Jadi desain grafis merupakan salah satu syarat untuk menciptakan konten komunikasi yang menarik untuk konsumen.

6. Kolaborasi 

Konten komunikasi dalam bentuk kolaborasi juga sangat penting. Kolaborasi bisa dilakukan dengan banyak pihak bisa dengan orang-orang yang terkenal di sosial media seperti blazer maupun influencer kemudian bisa juga dengan artis atau bisa juga dengan social branding lain.

Contoh dari brand lain itu juga bisa sesama pebisnis kuliner atau misalnya dengan brand lain seperti dari industri yang berbeda seperti bank atau kampus atau seperti komunitas. 

Tujuan kita banyak berkolaborasi dengan pihak-pihak lain adalah tidak lain memperkenalkan brand atau bisnis kuliner kita pun akan semakin luas.


4. Media Komunikasi 

Di dalam komponen media komunikasi ini kita bisa breakdown menjadi 5 hal :

- Media populer

Media yang populer ini sangat kontekstual sekali contohnya apabila sekarang kita lihat data-data dari media consumption di Indonesia terkait dengan target market yang kita tuju memperlihatkan berbagai macam media yang berbeda-beda. 

Contohnya apabila kita menarget orang milenial di kota-kota besar, media-media yang paling banyak mereka konsumsi adalah sosial media tepatnya Instagram ataupun Facebook. 

Instagram ataupun Facebook sangat relevan dengan target market kulinermu dan social branding. Oleh karena itu harus sering kalian update karena kita tidak akan pernah tahu 5 tahun kedepan sebetulnya media yang populer apa sih untuk kedepannya.

Kemudian kita sebagai bisnis kuliner sudah selayaknya untuk selalu mengikuti trend tersebut. Sehingga kita tidak salah menggunakan media.

- Beriklan

Kenapa harus beriklan ? Karena saat ini media yang populer yang banyak digunakan oleh target market Indonesia adalah Instagram dan Facebook.

Kita tidak boleh melupakan salah satu fitur yang juga cukup efektif untuk meningkatkan awareness dari brand bisnis kuliner kita yaitu melalui iklan. 

Di Instagram ataupun Facebook kita bisa memasang iklan konten kita dengan memilih demografi yang cukup spesifik. Misalnya kita ingin iklan kita hanya muncul di orang-orang yang tinggal di kota Jakarta dengan usia misalnya dari 15-24 tahun. Kita juga bisa beriklan dengan berbagai spesifikasi lainnya sepeti setting pada saat kita memasang iklan di Instagram atau Facebook.

- Influencer atau Blazer 

Influencer atau Blazer terkait media komunikasi yang efektif untuk membantu brand kuliner kita cepat terkenal. Influencer atau Blazer adalah mereka yang memiliki followers yang cukup signifikan banyak dan bisa jadi artis ataupun bisa jadi non artis. 

Saat ini banyak anak milenial ataupun genzet yang sebetulnya profesi utamanya bukan artis tapi mereka memiliki follower yang cukup banyak.


Kerjasama dengan Blazer dan Influencer

Blazer dan Influencer ini bisa kita lakukan kerjasama dengan 2 Cara : 

  • 1. Biasanya mereka memiliki rating khusus sehingga kita tinggal kontak mereka saja baik itu melalui direct message misalnya kemudian kita Jelaskan bahwa kita ingin mempromosikan produk kita melalui mereka.  Jika mereka memang memiliki rating, mereka akan kirimkan ke kita dan kita tinggal review. Apakah Oke atau tidak cocok atau tidak dengan budget kita.

  • 2. Untuk bisa juga berkolaborasi dengan mereka adalah dengan mengundang mereka baik itu pada saat kita launching produk baru ataupun launching bisnis kuliner kita kita bisa mengundang mereka. Ada yang memang mereka mau datang tanpa fee tertentu tapi ada juga yang mereka memiliki rate atau fee tertentu untuk mengundang mereka.

Jadi kerjasama dengan Blazer dan Influencer bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh teman-temannya. 


Langkah Mengawali Kerja Sama : 

  • - Mengundang Media atau Mengundang Public Relation

Hal ini juga berhubungan dengan media komunikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi.

Dengan mengundang media atau public relation yang dimaksud harapan kita bisa kita ajak kolaborasi dengan aktifitasnya yang dilakukan.

Dengan aktivitas public relation yang dilakukan kemudian mendapatkan manfaat eksposer Tapi pada dasarnya kita tidak mengeluarkan nilai uang untuk beriklan. 

contohnya Nih misalnya kita mau launching outlet kita atau misalnya mau launching produk baru. Kita bisa mengirimkan surat undangan kemudian kita sebar ke berbagai media yang ada di kota kita ataupun di kota lain misalnya dari media televisi kemudian media radio, media online juga saat ini sudah banyak sekali. 

Jadi biasanya pada saat kita undang mereka pun akan tertarik datang ke tempat kita. Tidak perlu kalian melakukan pembayaran tertentu ataupun rate tertentu. Karena teman-teman media pun sebetulnya memang mencari berita. 

Hanya kita perlu menyediakan budget untuk melakukan compliment atau memberikan service dari produk kalian.

Tujuannya saat kita undang mereka ke tempat kita tentu kita pengen mentraktir mereka dengan produk-produk unggulan kita. Harpannya produk unggulan kita mereka review dan mereka sebar luaskan melalui media mereka masing-masing.

  • - Kenalan

Sebagai pebisnis kuliner itu sangat wajib banget kita punya Network yang luas dan wajib banget setiap minggu atau setiap bulan kita memang memiliki agenda untuk networking. Sehingga kenalan yang kita punya pun akan semakin luas. 

Kenalan yang kita punya pada jaringan Networking merupakan salah satu media komunikasi yang bisa kita gunakan untuk membantu brand kita cepat terkenal. 

Oleh sebab itu dengan siapa yang kita kenal itu bisa memberi sumbangsih untuk seberapa cepat brand kuliner kita bisa terkenal.


5. Sales Channel (saluran penjualan)

Sales Channel yang saya maksud disini adalah pada saat kita sudah memiliki branding yang menarik kita memiliki produk yang jagoan banget, konten komunikasi kita juga menarik banget, kemudian kita memilih media komunikasi yang juga cepat tepat dan luas. 

Tetapi masalahnya pada saat orang-orang ini keinginan untuk membeli, mereka bisa mendapatkan produk kita dengan mudah atau tidak. Perlu diperhatikan pada saat kita sudah sukses melakukan tahap 1 kemudian tahap 2 tahap 3 hingga tahap 4 tapi saat konsumen kita ingin membeli dan mereka sulit menemukan atau bertransaksi di tempat kita semuanya akan sia-sia. Maka dari itu sales channel sangat penting sekali. 

Komponen Sales Channel

Disini komponen sales channel akan dijabarkan menjadi 6 hal :

1. Produk Mudah Didapatkan

Produk yang kita miliki harus mudah di dapatkan oleh konsumen baik itu online ataupun offline. Untuk online apakah kita jual di Tokopedia, Bukalapak atau kita punya e-commerce sendiri. Jika offline Apakah kita dengan sistem agen atau kita memiliki outlet kita sendiri agar konsumen mudah mendapatkan produk kita. 

Jadi sales channel yang kita tentukan tadi harus sesuai dengan karakteristik produk dan sesuai dengan model bisnis yang sudah kita konsepkan dari awal dengan cara branding toko.

2. Strategis Atau Tidaknya 

Hal ini terutama terkait dengan model bisnis kalian adalah berbentuk outlet. Apabila teman-teman model bisnisnya adalah outlet, pastikan bahwa lokasi dari outlet tersebut strategis. 

Kenapa ?

Karena lokasi yang strategis sangat menentukan brand kuliner teman-teman bisa cepat terkenal. Pertama sudah pasti karena traffic yang lebih banyak sehingga lebih banyak orang lagi yang melihat. Dan yang kedua apabila konsumen kita telah terbangun awarnessnya melalui Instagram dan mereka ingin datang mereka tidak kesulitan untuk mencari lokasi outlet kita.

3. Aplikasi Go-Food 

Saat ini sangat tinggi sekali habit customer atau target market kita untuk membeli kuliner melalui gofood. Jadi kalian harus pastikan agar konsumen kita mudah untuk bisa mendapatkan produk kita dengan mendaftarkan produk pada aplikasi tersebut.

Ketika produk sudah terdaftar di gofood pun banyak strategi yang bisa kita lakukan seperti kita harus memastikan bahwa foto produk menarik informasi nya pun lengkap. 

Produk yang kita jual pun perlu kita cek lagi ketersediaannya dan kedetailannya agar apabila konsumen memang mau membeli produk kita melalui gofood mereka mendapatkan informasi yang menarik dan benar.

4. Kebiasaan Online

Terkait tingginya habit konsumsi melalui online, online store bisa dijadikan sebagai alternatif sales channel. Tentunya cara branding toko yang sesuai dengan produk kuliner yang kita miliki. Apabila produk kuliner bisa dijual melalui online sangat mungkin sekali kita membuat online store sendiri ataupun membuat produk kita available di berbagai commerce yang tersedia dan populer di Indonesia. Seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak.

5. Repetisi

Apabila produk branding kuliner temen-temen telah dicoba oleh konsumen untuk pertama kali (first experience) sebetulnya jangan senang dulu. Karena pengalaman pertama inilah yang akan menentukan pengukuran seberapa luas dan pengaruhnya dari strategi yang kita terapkan ini. 

Contoh pada point 5 ini : apabila layanan yang mereka dapatkan saat bertransaksi pertama kali dengan kecepatan layanannya, kemudian mereka akan puas tentu mereka akan sangat mengapresiasi. Dan hasilnya adalah mereka akan datang kembali dan merekomendasikan nya kepada teman-teman mereka.

6. Kualitas Dari Layanan

Masih terkait dengan repetisi adalah terkait layanan sama dengan poin 5 dimana first experience ini sangat penting sekali mengetahui kualitas dari layanan baik itu offline maupun online. 

Contoh kulaitas dari layanan Offline yaitu ketika kalian memiliki store tertentu berbentuk fisik dengan pelayanan yang bagus, sopan, dan cepat. Jika kualitas layanana dari Online yang perlu diperhatikan apakah proses pembayaran mudah, proses pengiriman cepat, proses akses dan cekout dalam websitenya cepat juga. 

Terkait website yang cepat saya rekomendasikan ke Niagahoster ataupun dewaweb. Ini sangat membantu konsumen dalam mengakses mudah di toko online kalian.   

Jadi apabila kita layani dengan cepat kemudian layanan juga memuaskan dan menimbulkan impresi yang sangat baik serta positif,  akan menciptakan keinginan konsumen kita untuk datang lagi dan merekomendasikan

Oleh karena itulah dampak dari apabila kita memenuhi point 6 yaitu sales channel sehingga bulir dari Strategi ini akan terus meluas. 

Dan pada saat kita memenuhi 5 elemen tadi dari mulai branding yang bagus, produk jagoan, konten komunikasinya menarik, kemudian media komunikasinya yang kita pilih juga tepat dan saat orang mau membeli tidak ada kendala lagi.

Pada akhirnya saat mereka mengkonsumsi mereka puas sehingga mereka merekomendasikan ke teman-temannya. Disitulah hasil dari brand kuliner di hari pertama teman-teman bisa cepat terkenal dan akan terwujud.  

Itulah jabaran dan ulasan bagaimana cara branding produk makanan kalaian untuk kalian tiru agar brand mu bisa eksis. Terapkan strategi membuat brand kuliner dimana strategi inilah yang akan membuat produk mu unggul dari kompetitormu. Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan bila artikel ini bermanfaat. Terimaksih.