Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Perbedaan Riset Pasar dan Riset Pemasaran Beserta Fungsinya

Penelitian merupakan studi sistematis tentang masalah tertentu, yang dilakukan untuk menetapkan fakta dan kesimpulan. Penelitian sangat penting sekali sebagai metode pengukuran yang yang dilakukan sebagai langkah awal dalam proses pemasaran. Oleh karena itu perlu dipahami perbedaan dari riset pasar dan riset pemasaran.

Perbedaan Riset Pasar dan Riset Pemasaran Beserta Fungsinya

Riset pasar digunakan untuk mengumpulkan informasi terkait pasar, seperti kebutuhan, preferensi, minat, tren pasar, mode terbaru dari konsumen.

Riset pasar tidak boleh disamakan dengan riset pemasaran. Dalam hal ini tentunya memiliki arti dan makna yang sangat berbeda. 

Riset pasar merupakan studi ilmiah dan objektif dari keseluruhan proses pemasaran yang mencakup pengumpulan analisis, komunikasi, dan penggunaan informasi, untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan dalam proses strategi pemasaran.

Tabel di bawah ini membedakan substansial antara riset pasar dan riset pemasaran:

Dasar Perbandingan Riset Pasar Penelitian Pemasaran
Arti Sebuah studi yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang data pasar dikenal sebagai riset pasar. Riset pemasaran adalah studi, analisis, dan interpretasi yang sistematis dan objektif dari suatu masalah yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.
Cabang dari Penelitian pemasaran Sistem informasi pemasaran
Daerah Terbatas Luas
Alam Spesifik Umum
Melibatkan Riset pasar dan perilaku pembeli di pasar tersebut. Teliti semua aspek pemasaran.
Ketergantungan Bergantung Mandiri
Objektif Periksa kelayakan produk di pasar sasaran. Untuk mengambil keputusan yang efektif tentang kegiatan pemasaran dan untuk melakukan kontrol atas pemasaran hasil ekonomi.

Baca juga : Riset Pemasaran Bagi Perusahaan: Definisi, Tujuan, Sasaran dan Contohnya

# Riset Pemasaran

  • Definisi Riset Pemasaran

Riset pemasaran adalah studi sistematis dari keseluruhan proses pemasaran untuk mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan informasi. 

Riset dilakukan untuk mencari solusi yang tepat terhadap situasi pemasaran yang dihadapi perusahaan. Penelitian memiliki peran utama dalam mengidentifikasi permintaan konsumen dan harapan mereka dari produk atau layanan tertentu dengan cara yang efisien untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Jenis-jenis Riset Pemasaran

Jenis jenis kegiatan riset pemaaran dibedakan sebagai berikut :

  • Riset pasar dan pelanggan
  • Riset produk
  • Riset harga
  • Penelitian alur distribusi
  • Riset promosi
  • Riset penjualan
  • Riset periklanan

Fungis Riset Pemasaran

Mengapa riset pasar sangat penting?

Riset pasar atau riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui dan membantu mengurangi risiko saat membuat keputusan.

Riset pasar akan membantu para pendiri menghindari keputusan yang sulit dan dengan demikian memiliki tindakan pencegahan yang masuk akal untuk mempermudah pekerjaan. 

Riset pasar adalah alat untuk membantu Anda lebih memahami pasar dan mengambil langkah-langkah penetrasi pasar yang wajar. Memahami apa itu riset pasar akan memberi Anda lebih banyak peluang untuk membuat pelanggan percaya pada produk Anda. 

Baca juga : Langkah Menentukan Target Audience untuk Bisnis Online

Namun, riset pasar bukanlah cara untuk sukses, itu hanya panduan. Tetapi riset pasar akan membantu Anda mengetahui jalan yang benar menuju kesuksesan dan akan menghindari keputusan yang salah.

Riset pemasaran ditujukan untuk memberikan fakta dan arahan kepada manajer yang membutuhkan informasi yang akurat dan otentik untuk membuat keputusan pemasaran yang penting. Proses riset pemasaran dijelaskan dalam langkah-langkah berikut:

  • Identifikasi masalah, pilihan keputusan dan tujuan penelitian.
  • Mengembangkan rencana untuk penelitian
  • Pengumpulan informasi
  • Organisasi dan analisis informasi
  • Pengambilan keputusan
Perusahaan yang bergerak di bidang riset pemasaran dikelompokkan menjadi 3 macam:
  1. Perusahaan jasa riset, yaitu perusahaan yang menghimpun informasi tentang konsumen dan perdagangan secara periodik untuk kemudian menjualnya kepada kliennya.
  2. Perusahaan riset pemasaran menurut pesanan, yaitu perusahaan yang disewa untuk melakukan suatu riset tertentu. Kebanyakan bergerak dalam penyusunan desain penelitian, bekerja sama dengan klien dan laporan akan menjadi milik klien.
  3. Perusahaan riset pemasaran khusus, yaitu perusahaan yang menyediakan jasa khusus bagi perusahaan riset lain dan juga departemen riset pemasaran suatu perusahaan. (Sumber: wikipedia)

Perbedaan Riset Pasar dan Riset Pemasaran

Perbedaan riset pasar dan riset pemasaran dapat ditarik dengan jelas dengan alasan berikut:

Riset pasar mengacu pada studi tentang seluruh pasar dan perilaku konsumen di dalam pasar itu. Riset pemasaran juga merupakan studi sistematis dan rasional, analisis dan interpretasi masalah pemasaran yang dilakukan untuk membuat keputusan yang terencana dan rasional.

Riset pasar merupakan cabang riset pemasaran, sedangkan riset pemasaran adalah komponen sistem informasi pemasaran.

Ruang lingkup riset pasar terbatas karena hanya mempelajari aspek pasar dan perilaku konsumen. Di sisi lain, riset pemasaran melibatkan studi tentang seluruh proses pemasaran, yaitu periklanan, penetapan harga, pengemasan, pembuatan kebijakan, dan riset pasar.

Riset pasar bersifat spesifik, yaitu riset memberikan dan memahami informasi tentang pasar tertentu yang tidak berlaku untuk pasar lain. Sebaliknya, riset pemasaran bersifat umum, yaitu studi dapat membantu dalam memecahkan berbagai masalah pemasaran.

Riset pemasaran bersifat independen sedangkan riset pemasaran bergantung.

Riset pasar dilakukan untuk memeriksa kelayakan produk di pasar sasaran. Tidak seperti riset pemasaran, riset pemasaran dilakukan untuk mengambil keputusan yang efektif tentang kegiatan pemasaran dan untuk melakukan kontrol atas output ekonomi yaitu pemasaran barang dan jasa.

Riset pasar melibatkan penelitian pasar dan perilaku pembeli di dalam pasar itu. Tidak seperti riset pemasaran, yang melibatkan studi tentang semua aspek pemasaran.

Baca juga : Pengertian Segmentasi Pasar Berdasarkan Karakteristik Perilaku

Kesimpulan

Setelah pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa riset pemasaran merupakan istilah yang lebih luas dari hasil riset pasar. Padahal, hasil riset pasar itu sendiri merupakan bagian dari riset pemasaran. 

Kedua penelitian menggabungkan teknik kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan informasi seperti kelompok fokus, survei (percakapan telepon atau komunikasi tatap muka), wawancara, kuesioner.

Selain itu, penelitian sangat berguna bagi para pemula bisnis dan bisnis yang sudah berjalan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih efektif. 

Tujuan dari riset pasar untuk mengukur bagaimana Anda melayani pelanggan, tempat bisnis, Saluran distribusi yang digunakan oleh bisnis, saluran promosi, dan sebagainya.

Baca juga :