Tanya Jawab Tentang Shopee Paylater | Setiyan

Shopee Paylater
Shopee Paylater


SPaylater adalah salah satu fitur pada shopee dengan metode pembayaran sistem pembelian dahulu dan sistim bayar nanti (bulan berikut). Pada artikel ini berisi tanya jawab seputar shopee paylater yang mungkin kalian kebingungan.

Atau, Anda dapat menyebutnya sebutan pinjaman instan yang diberikan oleh Shopee kepada penggunanya. Tentu saja, tidak semua pengguna Shopee akan mendapatkan fitur khusus ini.

Berikut tanya jawab atau kumpulan pertanyaan tentang shopee paylater yang mungkin bisa menjawab pertanyaanmu :

Pertanyaan : Bagaimana cara mengaktifkan Shopee Paylater ?

Jawaban

Untuk mengaktifkan layanan ini, pengguna harus memenuhi syarat seperti memiliki akun Shopee yang telah terverifikasi, memiliki riwayat transaksi yang baik, dan memenuhi persyaratan umur. 

Setelah memenuhi syarat, pengguna dapat mengaktifkan Shopee Paylater dengan memilih opsi "Bayar Nanti" saat melakukan pembelian. 

Pengguna akan diberikan pilihan jumlah cicilan dan waktu pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mereka. Penting untuk diingat bahwa pengguna harus membayar cicilan tepat waktu untuk menghindari denda atau masalah keuangan yang lebih serius di masa depan.

Pertanyaan : Bagaiamana cara membayar tagihan Shopee Paylater? 

Jawaban

Untuk membayar tagihan Shopee Paylater, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Shopee dan pilih menu "Shopee Paylater".
  2. Pilih tagihan yang ingin dibayarkan dan klik "Bayar Sekarang".
  3. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti saldo ShopeePay, kartu kredit atau debit, atau transfer bank.
  4. Masukkan informasi pembayaran yang diperlukan, seperti nomor kartu atau rekening bank, dan jumlah pembayaran.
  5. Konfirmasi pembayaran dan tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  6. Setelah pembayaran berhasil, tagihan Shopee Paylater akan terbayar dan pengguna dapat melihat riwayat pembayaran di menu "Shopee Paylater".

Pertanyaan : Bagaimana cara melunasi cicilan Shopee Paylater langsung ? 

Jawaban :

Untuk melunasi cicilan Shopee Paylater langsung, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee dan pilih menu "Shopee Paylater".
  2. Pilih tagihan yang ingin dilunasi dan klik "Bayar Sekarang".
  3. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti saldo ShopeePay, kartu kredit atau debit, atau transfer bank.
  4. Masukkan informasi pembayaran yang diperlukan, seperti nomor kartu atau rekening bank, dan jumlah pembayaran.
  5. Konfirmasi pembayaran dan tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  6. Setelah pembayaran berhasil, cicilan Shopee Paylater akan langsung terlunasi.

Pertanyaan : Apakah penjual / seller tahu kalau kita menggunakan shopee paylater? 

Jawaban :

Tidak, penjual atau seller tidak akan tahu apakah pembeli menggunakan Shopee Paylater atau tidak. Proses pembayaran menggunakan Shopee Paylater dilakukan secara terpisah dan langsung antara Shopee dan pembeli, sehingga informasi tersebut tidak akan terlihat oleh penjual atau seller. 

Penjual hanya akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah diterima dan dapat mengirimkan barang yang dipesan oleh pembeli. 

Oleh karena itu, pembeli tidak perlu khawatir tentang privasi dan keamanan informasi pembayaran mereka saat menggunakan Shopee Paylater.

Pertanyaan : Handphone hilang, bagaimana cara membayar tagihan shopee paylater ? 

Jawaban :

Jika handphone hilang dan pengguna memiliki tagihan Shopee Paylater yang harus segera dibayarkan, maka pengguna dapat mengakses akun Shopee Paylater dari perangkat lain seperti laptop atau komputer. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser di laptop atau komputer.
  2. Masuk ke akun Shopee menggunakan email atau nomor telepon yang terdaftar.
  3. Setelah berhasil login, masuk ke menu "Shopee Paylater".
  4. Pilih tagihan yang harus dibayarkan dan klik "Bayar Sekarang".
  5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti saldo ShopeePay, kartu kredit atau debit, atau transfer bank.
  6. Masukkan informasi pembayaran yang diperlukan, seperti nomor kartu atau rekening bank, dan jumlah pembayaran.
  7. Konfirmasi pembayaran dan tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  8. Setelah pembayaran berhasil, tagihan Shopee Paylater akan terbayar dan pengguna dapat melihat riwayat pembayaran di menu "Shopee Paylater".

Pertanyaan : Kapan saya harus membayar tagihan ? 

Jawaban : 

Pembayaran tagihan Shopee Paylater harus dilakukan tepat waktu sesuai dengan jangka waktu yang tertera pada tagihan. Setiap pembelian menggunakan Shopee Paylater memiliki jangka waktu pembayaran yang berbeda-beda tergantung pada kesepakatan antara Shopee dan pembeli.

Pada umumnya, jangka waktu pembayaran tagihan Shopee Paylater adalah 15 atau 30 hari setelah tagihan diterbitkan. Pembayaran yang terlambat dapat dikenakan denda dan dapat mempengaruhi skor kredit atau reputasi keuangan pengguna. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan jangka waktu pembayaran dan membayar tagihan tepat waktu agar tidak mengalami masalah keuangan di masa depan.

Contoh Jika Anda menggunakan belanja pakai paylater pada 25 Januari hingga 24 Februari, tagihan akan muncul pada 25 Februari dan tenggat waktu hingga 5 Maret atau misalnya jika Anda memilih ke-25 dan kemudian berbelanja mulai dari 15 Januari hingga 14 Februari. Kemudian tagihan akan keluar pada 15 Februari dan jatuh tempo pada 25 Februari, jika Anda melebihi waktu yang ditentukan Anda akan menjadi denda 5% dari tagihan.

Pertanyaan : Bunga Paylater Shopee / denda jika terlambat membayar tagihan? 

Jawaban : Shopeepaylater bunga ditentukan dengan besaran 2,95% per bulan.

Anda akan dikenakan biaya 5% dari total tagihan. Biaya akan secara otomatis tercermin dalam rincian tagihan & harus segera dibayarkan dengan detail tagihan. Contoh tagihan Anda adalah Rp. 100.000,-, maka total tagihan Anda jika terlambat adalah Rp. 105.000,- 


Pertanyaan : Apa yang terjadi jika shopee paylater tidak digunakan ? 

Jawaban :

Jika Shopee Paylater tidak digunakan, maka pengguna tidak akan memiliki tagihan yang harus dibayarkan menggunakan layanan tersebut. Pengguna hanya akan menggunakan metode pembayaran lainnya, seperti transfer bank atau kartu kredit/debit, untuk membayar belanjaan di Shopee.

Namun, Shopee Paylater dapat menjadi alternatif yang berguna bagi pengguna yang ingin membeli barang tetapi tidak memiliki cukup uang pada saat itu. 

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang sekarang dan membayarnya secara cicilan dengan jangka waktu yang disepakati. 

Dengan Shopee Paylater, pengguna dapat memiliki lebih banyak pilihan dan fleksibilitas dalam berbelanja di Shopee tanpa harus khawatir kekurangan uang.

Pertanyaan : Apa Perbedaan Shopee Pay dan Shopee Paylater

Jawaban : 

Shopee Pay : semacam kayak dompet digital untuk saldo tabungan kita. Kalian bisa topup sebesar 50rb atau 1 juta. Biasanya kita belanja terus bayarnya ke Indomaret atau Alfamart atau kita bisa bayar lewat transfer bank. Tetapi dengan topup menggunakan Shopee Pay, duit bakal tetep tenang di dompet kita di Shopee Pay. Kita bisa gunakan untuk belanja atau untuk bayar tagihn jika memiliki tagihan shopee. Shopee Pay TIDAK ADA bunga.

Shopee Paylater : pengertian sederhananya sistemnya kayak kita diberikan secara kredit atau cicilan. Kita bisa belanja sekarang dengan bayar nanti. Artinya kita belanja dengan dibayari oleh shopee dahulu dan kita akan bayar saat tagihan muncul. Nanti kita bakal bayar dalam jangka waktu yang udah kita tentukan. Tentu ada bunganya ya.

Pertanyaan : Bagaimana cara bayar shopee paylater? 

Jawaban

Untuk membayar tagihan Shopee Paylater sesuai aturan, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee di handphone dan login ke akun pengguna.
  2. Pilih menu "Shopee Paylater" di halaman utama aplikasi.
  3. Pilih tagihan yang harus dibayarkan dan klik "Bayar Sekarang".
  4. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti saldo ShopeePay, kartu kredit atau debit, atau transfer bank.
  5. Masukkan informasi pembayaran yang diperlukan, seperti nomor kartu atau rekening bank, dan jumlah pembayaran.
  6. Konfirmasi pembayaran dan tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  7. Setelah pembayaran berhasil, tagihan Shopee Paylater akan terbayar dan pengguna dapat melihat riwayat pembayaran di menu "Shopee Paylater".

Pertanyaan : Berapa biaya transaksi Shopee Paylater? 

Jawaban :

Shopee Paylater memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berbelanja dengan membayar tagihan dalam beberapa kali cicilan dengan jangka waktu tertentu. Namun, pengguna harus memperhatikan biaya yang dikenakan untuk menggunakan layanan ini.

Biaya transaksi Shopee Paylater terdiri dari bunga dan denda keterlambatan pembayaran. Besaran bunga yang dikenakan tergantung pada jangka waktu pembayaran yang dipilih oleh pengguna dan ditetapkan oleh Shopee. Bunga yang dikenakan dapat bervariasi antara 0,8% hingga 2,95% per bulan.

Selain itu, pengguna juga akan dikenakan denda jika pembayaran melebihi jangka waktu yang ditentukan. Denda yang dikenakan biasanya sekitar 1% dari total tagihan per hari keterlambatan.

Pertanyaan : Apa syarat & ketentuan berbelanja dengan ShopeePayLater? 

Jawaban :

  1. Anda dapat membayar sebanyak mungkin sesuai dengan limit pinjaman yang dimiliki.
  2. WNI usia minimal 17 tahun, dan memiliki KTP untuk mengaktifkan ShopeEyleater.
  3. Anda tidak boleh mengubah metode pembayaran dan membatalkan pesanan selama pengajuan penambahan batasan limit sedang diproses.
  4. Anda tidak dapat menggunakan ShopeePayLater untuk membeli produk dari kategori Voucher
  5. Anda dapat menggunakan ShopeePaylater untuk membeli beberapa produk kategori pulsa, tagihan-tagihan dan hiburan (pulsa, paket data, roaming, tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus dan perjalanan, pascabayar, listrik, Telkom, BPJS, dan PDAM).

Pertanyaan :  Bagaimana Mengubah Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Jawaban : 
Saat Anda ingin mengaktifkan Shopee Paylater diawal, Anda akan diminta untuk memilih tanggal jatuh tempo. Tgl berapa yang Anda inginkan, secara default tanggal jatuh tempo ini tidak dapat diubah.

Namun jika ingin mengubah batas waktu tanggal jatuh tempo Spaylater, cobalah kirim chat ke CS Shopee. Sama seperti jika kamu ingin merubah username shopee. Tentunya CS Shopee akan membantu mengubah sesuai keinginanmu.

Pertanyaan : Tidak bisa Masuk Halaman Shopee Paylater Untuk Pembayaran (Seperti layar Putih) 

Jawab : Bersihkan cached di aplikasi Shopee. Untuk membersihkan cache sangat mudah yaitu : Buka menu saya - Pengaturan Akun - Clean Cache, lalu klik Ya. Pastikan Anda juga memperbarui aplikasi Google Playstore Shopee.

Pertanyaan : Bagaimana cara menambahkan limit pinjaman Shopee Paylater? 

Jawaban : Batasan cara menggunakan limit shopee paylater bergantung pada saat mendaftar. Anda dapat mengajukan batasan hingga Rp. 1.800.000, memasuki halaman pembayar shopee, lalu klik tombol mengirim atau Anda dapat menghubungi cs shopee melalui facebook messenger atau DM instagram.

Pertanyaan :  Kenapa beli pulsa di shopee tidak bisa pakai shopee paylater?

Jawaban

  1. Tagihan shopeepay jangan sampai lewat jatuh tempo
  2. Membersihkan Cached history
  3. Mengupgrade aplikasi shopee 

Pertanyaan : Kenapa toko saya tidak bisa menerima pembayaran shopeepaylater?

Ada beberapa alasan mengapa toko Anda tidak bisa menerima pembayaran menggunakan Shopee Paylater, di antaranya:

  1. Toko kalian belum mendaftar atau belum diizinkan untuk menerima pembayaran menggunakan Shopee Paylater.
  2. Masalah teknis dengan sistem Shopee Paylater yang memengaruhi kemampuan toko untuk menerima pembayaran menggunakan layanan ini.
  3. Toko kalian tidak memenuhi syarat untuk menerima pembayaran menggunakan Shopee Paylater, seperti tidak memiliki reputasi yang baik atau tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Shopee.

Bagaimana sistem pembayaran shopee paylater untuk penjual yang ingin membeli belanja?

Shopee PayLater merupakan sistem pembayaran yang disediakan Shopee untuk kemudahan berbelanja para penggunanya baik itu pembeli ataupun bagi penjual. 

Untuk sistem pembayaran shopee paylater sendiri bisa menggunakan :

  • Gopay
  • Ovo
  • Jenius
  • Bca

Pertanyaan : Kenapa shopee paylater tidak bisa digunakan padahal saldo cukup

Bagaimana Cara Mengatasi Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan?
Ada bebrapa cara untuk mengatasi Shopee Paylater yang tidak bisa digunakan yaitu bisa dengan :
1. Bersihkan Cache
2. Lunasi Semua Tunggakan Tagihan
3. Upgrade Shopee ke Versi Terbaru
4. Hubungi Call Senter Shopee

Bagaimana cara mengajukan kredit Shopee Paylater melalui aplikasi Shopee?

Kalian dapat mengajukan kredit Shopee Paylater dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • - Buka aplikasi Shopee di smartphone Anda.
  • - Pilih menu "Shopee Paylater" di bawah kategori "Saya".
  • - Kemudian, ikuti instruksi untuk verifikasi akun Anda.
  • - Setelah verifikasi, Anda dapat mengajukan kredit dengan memilih jumlah dan jangka waktu yang diinginkan.

Apakah ada batas maksimal kredit yang dapat saya ajukan di Shopee Paylater?

Ada batas maksimal kredit yang dapat kalian ajukan di Shopee Paylater, tergantung pada profil kredit Anda. Batas maksimal kredit biasanya akan diberikan setelah kalian mengajukan kredit dan diperiksa oleh pihak Shopee Paylater.

Beberapa pemeriksaan terhadap profil kredit yang diajukan, seperti riwayat pembelanjaan dan kinerja pembayaran masa lalu. Setelah pemeriksaan selesai, Shopee Paylater akan memberikan batas maksimal kredit yang dapat kalian gunakan. Hal ini bertujuan agar kredit yang kalian ajukan sesuai dengan kemampuan dan kepatuhan pembayaran.

Chat 24 jam, Call Center 24 jam di nomor 1500702, hari kerja : Senin sampai dengan Minggu termasuk Hari Libur Naional, Email : support@shopee.co.id

Demikian yang bisa saya bagikan terkait tanya jawab shopee paylater. Semoga bermanfaat. Source : nekopencil.com

Next Post
34 Comments
  • Unknown
    Unknown 01 September

    Bagaimana jika akun spaylater dinonaktifkan karena tunggakan yang berlebihan sihingga tidak bisa melunasi dengan saldo shoopepay

    • Setiyan
      Setiyan 03 September

      akun shoopepay tidak bisa dinonaktifkan meskipun tidak ada tagihan

  • Nabila Sukmalarasati
    Nabila Sukmalarasati 04 September

    Jadi aku tadi daftar shoppe pay later, kirain aku kek cuma daftar aja eh ternyata langsung dikasih limit 5jtan, kalo misal aku ga make limit tsbt berarti aku ga harus bayar tiap bulan kan(?)

    • Setiyan
      Setiyan 05 September

      iya benar kak nabil, selama limit tidak di gunakan utk belanja tidak ada tagihan

  • Unknown
    Unknown 04 September

    Jika shopee paylater sudah aktif apabila tidak digunakan/tidak ada transaksi apakah ada tagihan untuk membayar limit tersebu?

    • Setiyan
      Setiyan 05 September

      tidak ada tagihan , selama limit itu tidak digunakan transaksi

  • Unknown
    Unknown 06 September

    Itu pembayaran shopeepay later sesuai limit kita atau sesuai besaran yang kita belanjakan saja

    • Setiyan
      Setiyan 06 September

      sesuai besaran yang kita belanjakan saja + bunganya

  • Unknown
    Unknown 08 September

    Kalo kita sudah pake limit shopee paylater, terus kita sudah lunas membayar tagihannya. Masih ada limit shopee paylater nya g dipake, g akan ada tagihan?

    • Setiyan
      Setiyan 11 September

      Iya betul sekali , jadi untuk menekan biar kita tidak pusing ada lagi tagihan dibiarin seperti limit semula. Jika limit berkurang berarti ada transaksi yang wajib dilunasi.

  • Unknown
    Unknown 14 September

    Bagaimana kalau kita mau melunasi cicilan yang berikutnya lagi, semisal punya tagihan 6bulan, tapi baru bayar 2 tagihan, dan hendak melunasi yang 4tagihan sekaligus, bagaimana itu.. soalnya setau saya shopee yang dulu bisa, sekarang tidak bisaa

    • Setiyan
      Setiyan 28 September

      Bisa nya cuma 2 bulan, dan klo sekaligus gak bisa..

  • Unknown
    Unknown 14 September

    Kalo sudah mengaktifkan paylater pake identitas tapi ngga digunain ngga ditagih kan?

    • Setiyan
      Setiyan 28 September

      tidak ada tagihan

  • Itsmeinjun
    Itsmeinjun 04 Oktober

    Halo kak, mau nanya saya pilih tanggal jatuh tempo nya tgl 25, tapi saya mesan barangnya tgl 5 Oktober, apakah jatuh temponya tgl 25 Oktober juga atau November ya kak? Terima kasih

    • Setiyan
      Setiyan 08 Oktober

      Iya benar.

      Sbg ilustrsi : Jadi jika anda melakukan transaksi di tanggal 26 November, atau tanggal 20 Desember, maka tagihan shopeepaylater anda akan muncul tanggal 25 Desember.

  • Unknown
    Unknown 09 Oktober

    Ka mau tanya
    Ka saya kan jatuh tempo tanggal 25 Oktober ya ka
    Saya sudah melunasi tanggal 5 Oktober
    Lalu saya blanja pada tgl 10 Oktoberr maka tagihan muncul di 25 atau Oktober atau 25 November ya ka

    • Setiyan
      Setiyan 10 Oktober

      Transaksi 10 Oktober masih masuk tagihan 25 Oktober. Jika mau tagihannya masuk bulan depannya (25 November), lakukan transaksi ditanggal 11 Oktober atau diatasnya.

  • Ize
    Ize 03 Februari

    Mau tanya nih ka barusan kan saya sudah baya tagihan sjopee pay later yyang jatuh temponya tanggal 11 feb .. nah kalo saya belnja lagi berrti tagihan jatuh temponya apakah di tgl 11 feb ataukah bulan berikutnya alias 11 maret?

    • Setiyan
      Setiyan 05 Februari

      Iya betul 11 maret kak

  • Unknown
    Unknown 12 Februari

    Apakah kurir tau klau kita pake paylater shopee?

    • Setiyan
      Setiyan 22 Februari

      Kurir tidak mengetahui kl kita mempunyai paylater.

  • Unknown
    Unknown 27 Februari

    Hi ka, saya ingin bertanya
    Aku udah aktifin spaylater dan kalo ga kepake aku apakah akan tetap ditagih? Terima kasih

    • Setiyan
      Setiyan 28 Februari

      Hai kak,
      Kakak tidak akan menerima tagihan sama sekali selama kakak "Tidak Menggunakan Pembayaran" menggunakan Paylater Shopee.

  • Ristin Deswita
    Ristin Deswita 03 Maret

    Kakak mau tanya.. kalau kita sudah daftar shopee pay later, nah kita di kasi limit misalnya 2.700
    Lalu ga pernah di gunain untuk belanja atau ga pernah belanja menggunakan pembayaran pakai pay later.

    Pertanyaannya.. Apa suatu saat kita harus bayar limit 2.700 itu atau ngga sama sekali?

    • Setiyan
      Setiyan 06 Maret

      Tidak. Selama limit yg diberikan tidak kita gunakan untuk belanja.

  • Unknown
    Unknown 13 Maret

    Kita order barang., Bayar pakai Spayleter., Terus pesan tak kunjung datang., Apakah tagihan akan datang...?
    Tolong pencerahannya

    • Setiyan
      Setiyan 14 Maret

      Dalam pengiriman barang pastinya shopee memberikan Garansi Shopee di mana pembayaran kepada Penjual ditahan sementara oleh Shopee selama masa Garansi Shopee. Dana akan diteruskan ke Penjual ketika pesanan telah diterima dengan baik dan sampai di lokasi pengiriman.

      Berikut cara menghitung waktu Garansi Shopee bisa dibaca disini : https://help.shopee.co.id/portal/article/73236-[Perlindungan-Pesanan]-Apa-itu-Garansi-Shopee%3F

  • Unknown
    Unknown 13 Maret

    Saya sudah lama pakai Spayleter
    Kalau ketemu penjual yg nakal...
    Yg baru aktif dgn discon jor-joran
    Tetapi pesanan tak sampai, atau pesanan sama sekali bertolak belakang., Bagaimana solusinya pak...?

    • Setiyan
      Setiyan 14 Maret

      Cegah Penipuan Bersama Shopee :

      https://seller.shopee.co.id/edu/article/5548



      Bagaimana cara melaporkan Penjual atau produk palsu/imitasi?

      https://seller.shopee.co.id/edu/article/3710

  • Unknown
    Unknown 15 Maret

    Membayar shopeepaylater lewat indomaret/Alfamart , apa bisa ?

    • Setiyan
      Setiyan 16 Maret

      Bisa

    • Unknown
      Unknown 19 Maret

      Mf kk sayh mu taya sayh udah daftar d shopepaylater baru2 ini..perta nyan sayh gimna kalow limit tida d gunakn pah akan hangus ..dan ada tagih hany..

    • Setiyan
      Setiyan 21 Maret

      tidak hangus dan tidak ada tagihan selama limit tersebut tidak digunakan untuk belanja.

Add Comment
comment url