Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Tips Strategi Pemasaran Produk Online Agar Bisnis Efektif

Tips Strategi Pemasaran Produk Online Agar Bisnis Efektif

Pengembangan dan perencanaan bisnis usaha tidak dapat dipisahkan. Rencana bisnis membuka jalan untuk sukses. Hal terpenting untuk pengembangan bisnis adalah strategi pemasaran. 

Strategi pemasaran adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan produsen barang atau jasa secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan. Penyusunan rencana usaha secara menyeluruh dilandasi oleh strategi pemasaran. (wikipedia).

Keberhasilan sebuah bisnis tergantung pada metode pemasarannya. Meskipun kualitas produk sangat baik, namun jika strategi yang digunakan tidak tepat, maka jangan berharap produk yang ditawarkan akan kebanjiran order. 

Jadi, pada artikel ini dijelaskan tips untuk membantu kamu dalam membangun bisnis agar efektif.

Baca Juga : Strategi Memulai Usaha Online Pemula

Tips Strategi Pemasaran Online 

Inti yang paling mendasar dari sebuah strategi pemasaran adalah upaya untuk mencoba mengenalkan produk atau jasa kalian kepada publik. Oleh karena itu buatlah dengan menggunakan strategi yang sangat matang agar produk kalian memenangi pasar dan mendapatkan penjualan tertingi. 

Berikut adalah beberapa tips berguna yang dapat Anda gunakan untuk memulai pemasaran :

  • Konsisten

Kamu harus konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran online. Tujuannya adalah memaksimalkan  pemasaran online itu akan berjalan secara efektif. Tidak hanya itu, perencanaan juga penting untuk membangun dalam teknik pemasaran. Dengan konsisten maka pelangganmu akan memperhatikan aktifitas penjulan.

  • Kelola anggaran Anda dengan benar 

Bagian tersulit dalam menerapkan strategi pemasaran terletak pada penentuan seberapa banyak yang akan kamu belanjakan untuk anggaran. 

Didalam mengelola anggaran dibutuhkan perhitungan yang akurat dan tepat. Ini bisa kamu siasati menggunakan software untuk pembukuan agar terdata dengan rapi dan teratur. Tentunya yang berkaitan dengan perhitungan akutansi pembukuan.

  • Mulai memakai website

Setiap perusahaan yang ingin mempresentasikan produk dan layanan mereka, umumnya menggunakan sebuah website. Situs atau website merupakan media sangat populer saat sekarang ini. Bahkan lebih efektif dan optimal untuk mengenal produk-produk konsumen potensial.

Banyaknya orang Indonesia yang menggunakan media jaringan internet dapat membantu dalam mempromosikan produk atau layanan di situs web. Karena sebagian besar konsumen sudah sangat mengenal konsep penyebaran suatu produk atau jasa melalui sebuah website. Dengan demikian, media ini sangat cocok sebgai kategori dalam strategi promosi.

  • Mulai melakukan branding

Strategi memulai bisnis selanjutnya adalah membangun merek atau branding. Proses ini wajib dilakukan untuk menentukan apakah produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat. 

Strategi dalam membangun branding produk harus dimulai oleh perusahaan, seperti dengan membuat logo, merencanakan gambar, dan menentukan produk yang akan ditampilkan kepada publik sehingga calon konsumen dapat memahami dan memahami produk tersebut.

  • Menentukan target market

Sebelum memulai bisnis, penting untuk menentukan target pasar. Strategi tersebut akan menentukan produk dan distribusi yang akan digunakan sebagai strategi pemasaran perencanaan awal pembuatan. 

Jadi jangan asal-asalan dalam menentukan target pasar. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Target pasar yang jelas akan memudahkan dalam menentukan metode pemasaran yang akan digunakan.

  • Memulai promosi dan iklan

Tips strategi pemasaran selanjutnya adalah memulai promosi dan iklan. Tujuannya adalah untuk mendongkrak penjualan produk atau jasa pada branding yang akan dikenalkan kepada publik. 

Ada beberapa jenis media sosial yang dapat digunakan untuk promosi dan iklan. Namun, untuk memanfaatkan media sosial secara maksimal, Anda disarankan menggunakan media berbayar. Misalnya, iklan Instagram, iklan Youtube, iklan Tik tok dll. 

Selain media sosial, terdapat berbagai jenis media yang dapat digunakan untuk publisitas dan periklanan, seperti media cetak, media elektronik, media luar ruang, dan media online/internet. 

Buat keputusan bijak dalam media promosi kalian, agar tidak terjebak kerugian jika kalian belum menguasai betul tentang periklanan alangkah baiknya pelajari algoritma medsos yang akan dipakai. 

Bagaimana cara jualan online setiap hari tanpa tatap muka dengan pembeli menggunakan teknik digital marketing

Di Jakarta dan kota lainnya sudah banyak di dibuka perusahaan kursus digital marketing. Contoh tempat pembelajaran bisa kalian lihat dan cek langsung disini.

  • Melakukan pelayanan terbaik untuk pelanggan

Hal ini sangat penting untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap produk. Pelanggan setia adalah aset penting untuk bisnis masa depan Anda. 

Karena konsumen ini bahkan bisa dijadikan alat strategi pemasaran yang bagus. Bisanya mereka akan menyebarkan dari mulut ke mulut atau memberikan referensi untuk kita.

Mulailah dengan membina hubungan pelanggan yang baik sehingga pelanggan pun akan loyal terhadap kitajuga. 

Salah satu bentuk dari untuk menjaga loyalitas pelnggan dengan memberikan reward seperti pemberian hadiah berupa diskon.

  • Menentukan berbagai macam Marketing Mix untuk strategi 

Marketing mix atau disebut juga bauran pemasaran adalah cara untuk menentukan produk, tempat, bentuk promosi, dan harga yang tepat. Jadi, kita tahu bagaimana memulai bisnis. Seorang pebisnis harus mengetahui segala sesuatu secara spesifik. Agar pemasaran bisnis tetap berjalan lancar.

Baca juga: Cara Branding Produk Makanan Cepat Terkenal

Solusi ini membantu perusahaan: 

  1. Meningkatkan keuntungan juga dapat mengatasi kerugian 
  2. Meningkatkan daya saing dan fleksibilitas pasar 
  3. Perluasan kerjasama yang saling menguntungkan antara departemen dan mitra

  • Mulai memakai Mobile Marketing

Tip strategi pemasaran selanjutnya adalah memulai dengan mobile marketing. Mengingat semakin banyaknya pengguna smartphone, rekomendasi ini menjadi sangat penting. Hal ini terkait dengan semakin banyaknya pengguna smartphone. Artinya, gunakan platform mobile untuk membuat pesan atau konten pemasaran yang semeraik mungkin.

Dengan konten yang menarik banyak konsumen melihat konten tersebut dan bahkan sering membeli produk secara langsung melalui smartphone mereka.  

Oleh karena itu, kalian harus segera mengatur ulang pengaturan situs web atau blog perusahaan kalian. Dengan cara ini kalian bisa langsung responsif dengan smartphone. Menjangkau dengan pengguna ponsel cerdas atau smathphone sangat penting untuk menmbah trafik kunjungan serta lalu lintas ke situs web bisnis kalian.

  • Email Marketing

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat memasarkan meggunakan email. 

Tentukan kata-kata yang tepat untuk memasarkan produkmu. 

Namun, jangan melebih-lebihkan penulisan kaliamatnya. Karena akan membuat konsumen merasa tidak nyaman dengan membaca kalimat yang berlebihan. 

Penting untuk menyediakan form newsletter dan subscription. Tujuannya agar calon pelanggan dengan sukarela memberikan alamat emailnya, sehingga mereka dapat dengan mudah dihubungi jika tertarik dengan tawaran bisnis. 

Teknik strategi pemasaran paling efektif bila digunakan media online. Pasalnya pengguna internet saat ini semakin banyak dan sangat efektif untuk media online. Alasan menggunakan internet marketing (marketing online) dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Alasan Pentingnya Strategi Pemasaran Secara Online

Pembuatan strategi pemasaran online memainkan peran yang sangat penting dalam kinerja perusahaan. 

Karena perencanaan yang matang dalam menyusun strategi pemasaran online perusahaan tentu saja dapat dilakukan secara efektif di Internet. 

Alasan lain untuk menggunakan strategi pemasaran adalah sebagai berikut :

1. Menghemat Pengeluaran (budget)

Biaya strategi promosi di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline. Strategi marketing yang dapat dilakukan dengan menampilkan produk di situs web sendiri atau melalui agen pemasaran online. Bahkan pengusaha bisa menggunakan blog atau website gratis di website tertentu.

2. Data pengukuran real time

Strategi pemasaran online dapat dengan mudah diukur menggunakan alat analisis seperti Google Analytics. Dengan cara ini, hasil informasi pemasan tentang klik, konten, email, SEO, Google ads, facebook ads ataupun Media Sosial lainnya secara cepat dan langsung didapatkan.

Walapun strategi pemasaran global ini adalah proses yang panjang, setelah kalian menerapkan metode tersebut, kamu dapat melihat hasilnya secara real time sehingga Anda dapat mengukur efektivitas strategi saluran pemasaran.

Baca juga: Produk Yang Gagal Di Pasaran | Hal Penyebab Dan Contohnya

3. Mudah menentukan Target Pasar

Dengan kekuatan teknik bauran pemasaran yang modern sekarang ini , Kalian dapat membidik calon pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk atau yang membutuhkan yang dipasarkan.

Kecanggihan teknologi modern dalam melakukan strategi pemasaran online, memungkinkan calon pelanggan untuk secara sukarela memberikan informasi mereka sehingga Anda dapat melacak kebutuhan mereka secara akurat.

4.  Penghematan waktu

Internet selalu tersedia setiap waktu jika kita menggunakannya. Pelanggan dapat mengunjungi tempat Anda menjual produk kapan saja, di mana saja, selama mereka dapat mengakses Internet. Oleh karena itu sangatlah dibutuhkan jaringan internet sebagai media untuk menunjang komunikasi pemasaran.

5. Pengelolaan Organisasi Praktis dan mudah

Anda tidak perlu lagi menjelaskan produk yang dipasarkan, cukup sediakan katalog atau list daftar barang serta deskripsi singkat masing-masing item barang. Perusahaan tidak membutuhkan banyak pegawai, hanya pegawai yang memproses pemasan secara online dan pengiriman barang.

6. Kemudahan Pengelolaan Produk

Jika Anda menjual produk dagangan atau merchandise secara online melalui website itu sendiri, maka kegiatan dalam menangani pemesanan dan pengiriman sangatlah praktis. Dengan menejemen dalam website sudah bisa dikelola dengan begitu mudahnya mulai dari order, stok maupun tracking pengiriman.    

Jadi mungkin Anda tidak membutuhkan toko secara fisik, tetapi Anda juga bisa menjual produk yang disesuaikan. Hal ini tentunya memudahkan Anda dalam mengelola barang.

7. Pemilik Usaha Lebih Fokus

Kalian sebagai pemilik produk tidak perlu khawatir banyak pelanggan yang tidak dapat dilayani, sebab dengan sistem operasional menggunakan pemasaran produk online melalui komputer sangatlah efektif dalam menghandle semua konsumen, baik untuk berbelanja maupun sekedar melihat produk dalam katalog digital. 

8. Riset Pasar Sangat Mudah 

Pemasaran produk melalui internet dapat membantu perusahaan melakukan riset pasar pada banyak produk yang sedang laku. Misalnya jumlah keyword atau kata kunci yang banyak dicari oleh orang untuk suatu produk. Ini juga dapat membantu Anda merencanakan strategi pemasaran produk yang tepat untuk meningkatkan penjualan.  

Nah itulah penjabaran dan penjelasan lengkap tentang strategi pemasaran untuk suatu bisnis. Setiap pebisnis harus menentukan strategi pemasaran produk yang tepat. Sehingga usaha yang dikelola dapat berkembang dengan berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Source: socialmediamarketer.id

Baca juga :