6 Strategi Memulai Usaha Online Pemula

Strategi Memulai Usaha Online Pemula - Permasalahan banyak dihadapi masa pandemi ini ternyata banyak orang mengeluhkan dengan penghasilan yang minim. Mirisnya lagi ketika mendengar PHK dari banyak perusahaan terhadap karyawannya. 
Strategi Memulai Usaha Online Pemula

Jika memang kondisi demikian terjadi pada kalian, maka hal yang perlu kalian lakukan adalah perbaiki kondisi tersebut dengan lebih bekerja keras dan cerdas dalam mencari penghasilan sampingan. Saat ini tidak hanya bekerja keras yang dibutuhkan tetapi sudah lebih cerdas lagi dengan masa saat ini. 

Semua serba sulit oleh karena itu kita harus cerdas dalam mempelajari hal-hal baru yang berpotensi menghasilkan pasif income. Cerdas dalam mengatur waktu kita untuk mencari alternatif menghasilkan potensi keuangan tambahan. 

Mencari alternatif sumber penghasilan, bisa dimulai dengan bisnis online. Usaha online memang sedang menjadi sorotan masyarakat luas. Tidak hanya mereka yang belum mendapatkan pekerjaan tetapi usaha online diminati juga oleh orang korban PHK dan orang yang ingin memiliki usaha sendiri dirumah. 

Mereka-mereka yang sudah mapan secara keuanganpun mulai melihat peluang  usaha online sebagai peluang untuk menambah pundi-pundi. Artinya, mereka yang sudah berkecukupan pun masih melirik bermain di dunia online. 

Kenapa Anda yang masih membutuhkan income tambahan? Sekarang adalah saat yang bagus untuk memulai usaha online pemula seperti kalian yang ingin memulainya.

6 strategi sebelum memulai usaha online pemula :

# Mulailah Dengan Hobi 

Salah satu kunci sukses bisnis yang paling penting adalah menyelaraskan dengan minat Anda. Memulai bisnis memang tidak mudah. Selama perjalanan bisnis Anda, Anda akan menghadapi banyak rintangan, pasang surut. Jika Anda tidak memiliki minat dalam bisnis ini, hambatan ini dapat dengan mudah  Anda lalui. 

Hobi bisa Anda gunakan untuk memulai usaha online pemula ini, dengan hobi menjadi pekerjaan profesional dalam prosesnya bisa menumbuhkan rasa kesenangan membangunnya. Karena pada dasarnya Anda sedang mengerjakan hobi Anda dan dibayar untuk hal itu. 

Rasa akan kesenangan ini akan menjadi pemicu semangat dan juga kebahagiaan akan selalu mengundang kebaikan. Inilah sebabnya kenapa orang-orang yang menyalurkan hobinya menjadi suatu pekerjaan akan menjadi ladang penghasilannya yang berkembang. 

Alasannya, suatu pekerjaan jika didasari dengan hobi maka akan dengan sendirinya menciptakan semangat bekerja dan bangun bisnisnya akan menyenangkan.

# Membuat Prakiraan Keuangan Sederhana  


Tidak perlu mengembangkan rencana bisnis yang terperinci. Perkirakan pengeluaran modal bisnis Anda, biaya operasional bulanan, dan proyeksi pendapatan di masa mendatang dengan mudah. Dengan cara ini Anda akan tahu kapan perkembangan bisnis onlinemu.

Bagi kalian yang memiliki rencana berhenti dari pekerjaan kantoran secara penuh dan terjun sepenuhnya di bisnis online, maka rencana keuangan sederhana ini dapat menjadi pertimbangan kapan memulai berhenti dari pekerjaan utamamu. 

# Untuk Usaha Online Pemula : Lakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu

Riset pasar untuk menentukan peluang bisnismu, jadi lakukan riset secara online untuk melihat apakah produk atau layanan yang kalian jual tersedia di Internet menarik konsumen atau tidak. Jika produk atau jasa tersebut tergolong baru atau belum pernah ada, maka hal itu adalah kamu baru saja menciptakan pasar potensial baru. 

Artinya tidak ada pesaing dan kompetitor yang menjual dengan produk atau jasa yang sama. Target pasar sudah harus dipetakan terlebih dahulu sejak kamu berencana membuka bisnis online. Hal ini berguna untuk membranding toko dan produk kalian yang akan dipasarkan.

# Bangun Website Profesional

Ini adalah kunci dari membangun bisnis online, yaitu website. Mustahil Anda bisa membangun sebuah bisnis online tanpa adanya website. Kalian bisa memanfaatkan marketplace atau media lainnya. Namun semua itu memiliki keterbatasan. Untuk itu diperlukan sebuah web untuk mengenalkan produk kalian. 

Untuk itu memiliki website direkomendasikan wajib bagi kalian yang memulai bisnis online untuk pemula yang mau usaha online. Demi menunjang kebutuhan tersebut sebaiknya bangun website sendiri sebagai branding produk yang kalain tawarkan kepada konsumen. 

Untuk pembuatan website sendiri kalian harus memilih penyedia hosting yang mempuni dan banyak digunakan oleh orang-orang. Rekomendasi hosting yang mempuni untuk kalian yang ingin memulai bisnis online untuk pemula adalah DewaWeb. 

Sebelum websitemu dibangun untuk memulai bisnis, pastikan kalian wajib membeli dahulu paket web hosting dan domainnya. Nah untuk itu dewaweb memberikan support 24 jam waktunya untuk kalian kebingungan dalam menyeting websitenya. Tim support akan selalu siap membantu kalian. 

Dewaweb sebagai penyedia web hosting yang tidak diragukan lagi keberadaannya. Bersertifikat ISO 27001 pertama di Indonesia menjadi solusi tepat buat kalian yang mencari cloud hosting aman, cepat dan tangguh.

Website kalian akan selalu cepat diakses, available, dan juga terlindungi secara aman dari malware dan hackers.

# Media Sosial

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Media sosial juga merupakan cara yang sangat efektif untuk berkomunikasi sekaligus menggapai calon-calon konsumen bisnis online Anda. 

Platform medsos dari Instagram contohnya, sangat cocok untuk mempromosikan dan mengenalkan produkmu jika produkmu memiliki kategori baju, jilbab, kosmetik, sepatu, kuliner dan masih banyak lainnya. 

Untuk mempelajari ide bisnis online dan cara memulai bisnis online shop baju silahkan cari di pencarian google. Disana sangat banyak tentang ulasan cara memulai bisnis online dari nol sampai mahir.

Kamu juga bisa meminta bantuan teman-teman dan keluarga untuk menyebarkan bisnis online Anda di media sosial.

Sosial media bagian dari digital marketing, bagi kalian yang belum memahami bagaimana menggunakan atau ingin belajar digital marketing bisa kunjungi dan gabung komunitas  digital marketing. 

Kalian bisa masuk dan daftar melalui Belajar Digital Marketing pada kursus online yang banyak disediakan oleh agency, disini juga kalian akan diajarkan mulai dari awal hingga mahir dalam bisnis secara step by step dengan konsep digital.

# Kuasai Ilmu SEO

SEO adalah ilmu wajib yang harus dikuasai oleh pelaku bisnis online dimanapun, karena dengan menguasai ilmu SEO. Anda bisa secara mudah melakukan optimalisasi website agar mudah diketemukan melalui Google oleh pencari informasi.

Dengan SEO Anda bisa dengan mudah dan cepat mendatangkan pengunjung potensial yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan di dalam website bisnis Anda. Panduan yang terangkum diatas pasti membutuhkan effort atau usaha yang maksimal dalam membangunnya untuk bisnismu.

Untuk mencari tempat belajar SEO tidaklah terlalu sulit, Anda bisa memulai dari seminar GRATIS yang tersedia pada komunitas usaha online pemula. Materi pelajaran selalu update dan selalu dishare melalui wa ataupun telegram GRATIS.


DAFTAR GRATIS

Kesimpulan

Permasalahan yang banyak dihadapi kebanyakan orang saat pandemi adalah sulitnya mencari uang tambahan untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu orang menginginkan tambahan income dari internet dengan dengan cara memulai bisnis online.   

Mereka yang sudah mapan secara keuanganpun juga mulai melihat usaha online yang menguntungkan sebagai peluang untuk menambah pundi-pundi. 

Kenapa kita yang masih membutuhkan income tambahan? Inilah saatnya yang paling bagus untuk memulai usaha online pemula seperti kalian yang ingin memulainya. Disaat pemerintah mengeluarkan himbauan Work From Home.

Untuk memulai usaha online yang menguntungkan, kalian harus memiliki website untuk memulai bisnis online. Rekomendasi hosting yang mempuni untuk kalian yang ingin memulai bisnis online untuk pemula adalah DewaWeb.

Dengan teknik SEO website bisa dengan mudah dan cepat mendatangkan pengunjung potensial yang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan di dalam website.

Panduan yang terangkum diatas pasti membutuhkan effort atau usaha yang maksimal dalam membangunnya untuk bisnismu. Selamat mencoba semoga awali bisnis mu yang menyenangkan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url