Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Memahami Dampak Pemasaran Media Sosial Bagi Pebisnis

Dampak Pemasaran Media Sosial Bagi Pebisnis

Sosial media marketing berkembang sangat pesat saat ini. Perkembangannya disebabkan peran teknologi tidak dapat dibendung dan dipisahkan dari kehidupan setiap orang. 

Perkembangan yang sangat maju ini, juga banyak dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran media sosial bagi para pelaku usaha.

Dampak Pemasaran Media Sosial Bagi Pebisnis

Banyak para pelaku usaha saat ini memanfaatkan media sosial untuk bisnis.

Contoh media sosial Facebook, Intagram, dan platform media lainnya telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat tidak hanya di negara kita, tetapi juga di dunia. 

Dalam perkembangannya pun, pemasaran media sosial atau social media marketing sebenarnya memiliki kekurangan dan kelebihan yang berdampak.

Perkembangan social media marketing menjadi hal yang sangat penting dan paling digemari baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain sebagai media komunikasi jejaring sosial juga digunakan untuk membangun dan memelihara hubungan dengan teman sebagai hubungan bisnis.

Media social juga banyak digunakan di bidang lain seperti pendidikan, pemasaran, bisnis tukar informasi, ataupun mencari informasi baru. Kemajuan teknologi dengan menggunakan social media telah membawa kehidupan manusia ke arah yang jauh lebih baik, karena bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang kita inginkan.

Selanjutnya apa sih sebenarnya difinisi dari pemasaran media sosial itu?

Difinisi Pemasaran Media Sosial 

Pemasaran media sosial  adalah sistem yang memungkinkan pemasar untuk berinteraksi, terlibat, berkolaborasi dan memanfaatkan keahlian pengguna sosial untuk berpartisipasi di dalamnya dengan menarik perhatian serta mendorong calon konsumen masuk dalam jaringan sosial mereka sebagai target pemasaran.

Banyak produk layanan dari merek terkenal atau baru muncul di social media sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Peran jejaring sosial di dunia bisnis online dibutuhkan.

Memasarkan produk atau layanan di jejaring sosial dapat memiliki konsekuensi positif dan negatif.

Dampak Kerugian dan Keuntungan Pemasaran Media Sosial  

# Dampak Negatif 

Apa saja dampak negatif dari sosial media bagi pemasaran atau seorang wirausaha?

Dampak social media marketing bagi pelaku usaha yang paling merugikan yaitu : 

  • Informasi Negatif secara langsung

Mendapatkan secara langsung informasi negatif dari orang lain terkait produk, merek. Informasi dikirim secara cepat dan bisa dibaca oleh orang lain walaupun kebenarannya belum bisa dinilai akurat. 

  • Duplicate Image

Selain itu dampak lainnya dapat terjadi yaitu terkait foto-foto produk. Gambar atau foto produk sangat dengan mudahnya dicopas oleh kompetitor atau pesaing. 

  • Cepat memberikan respon negatif

Ketidakpuasan seorang pelanggan bisa langsung disampaikan lewat sosial media  tanpa campur tangan dari pemilik bisnis.

Semua komponen pemasaran dan media lainnya, baik online maupun offline sangat perlu terhubung ke media sosial untuk bisnis sebagai efek yang maksimal. Lakukan pemasaran produk atau layanan Anda dengan serius di media jejaring sosial.

Jadi media jejaring sosial atau media jualan online merupakan bagian dari strategi pemasaran dalam mencari target dimana target itu bisa langsung di ketahui untuk bisnis. Oleh karena itu media tersebut tidak boleh dikesampingkan. 

Jika organisasi dalam perusahaan sebaiknya dibentuk departemen tersendiri untuk menangani pemasaran di sosial media serta media online lainnya.


Cara mengatasi dampak negatif media sosial bagi pebisnis

Dalam menghadapi konsumen bagi pelaku bisnis agar konsumenmu merasa nyaman terhadap layanan yang diberikan di social media yaitu :  

  • Kalian harus berusaha menjaga sebaik mungkin layanan, produk dan lainnya yang terkait dekat dengan konsumenmu.
  • Jangan melakukan kesalahan sekecil pun, ingat pelanggan akan dengan mudahnya memberikan kritikan lewat media social dengan cepat dan bisa di baca oleh orang lain.
  • Membutuhkan effort lebih untuk memperlakukan pelangganmu seperti keluargamu
  • Akuilah jika kalian telah melakukan kesalahan dan ingat "perhatikan intonasi suara"

# Dampak Positif 

  • Meningkatkan keuntungan dari penjualan produk

Apabila kalian sering melakukan promosi produk melalui postingan atau iklan, maka peluang  mendapatkan pengunjung dan membeli produk pun akan meningkat. 

Keuntungan menggunakan media sosial dalam bisnis pemasaran akan meningkatkan jumlah penjualan produk Anda. 

Jangan lupa konsumen selalu ingin mencari informasi yang detail terhadap produk yang dicarinya. 

  • Bangun kemitraan bisnis yang luas 

Semakin banyak kepercayaan yang Anda miliki, semakin banyak koneksi dan jaringan yang dapat Anda bangun melalui aplikasi jejaring sosial. Kerjasama biasanya dilakukan melalui diskusi antara para pendiri perusahaan afiliasi. 

Anda bisa mencoba menggunakan media sosial. Fungsi multimedia dapat membantu Anda bekerja dengan cara yang sama. 

  • Membangun kepercayaan pada perusahaan atau organisasi 

Selain itu, kepercayaan pada perusahaan dapat diukur dengan ukuran dan jumlah perusahaan yang menyediakan layanan dan produk berkualitas tinggi yang dibutuhkan pelanggan.

  • Membangun Hubungan Baik

Jejaring sosial dapat digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen secara persuasif, sehingga akan memperluas serta mempercepat membangun relasi untuk konsumen

  • Mendapatkan Informasi

Produsen dan  konsumen dapat menggunakan medsos untuk bertukar informasi bermanfaat bagi kedua belah pihak, sehingga lebih cepat mendapatkan informasi lebih aktual dan lebih real-time.

  • Memudahkan respon konsumen

Menyediakan produk di sosmed dapat menjadi cara yang mudah bagi konsumen untuk menyampaikan saran dan keluhan sehingga produsen dapat merespons dengan cepat. 

  • Pelayanan tepat & cepat

Produsen dapat memberikan layanan yang tepat kepada pelanggan, dan terus memantau konsumen, sehingga konsumen dapat dilayani dengan cepat. 

  • Alternatif promosi

Sosial medias bisa menjadi cara baru untuk mempromosikan produk atau jasa selain dari mulut ke mulut. 

  • Brand awarness akan terbangun

Tujuan utama peningkatan brand awareness adalah memprioritaskan bidang dan produk terkait sebagai produk top of mind. Untuk mencapai tujuan top of mind share dan terhindar produk yang gagal di pasaran brand harus membedakan diri dari pesaing yang lebih menonjol dan unik. 

Kesimpulan

Pemasaran Media Sosial Sosial media marketing berkembang sangat pesat, hal ini disebabkan peran teknologi tidak dapat dibendung dan dipisahkan dari kehidupan setiap orang.

Dalam perkembangannya pun, pemasaran media sosial atau social media marketing sebenarnya memiliki kekurangan dan kelebihan yang berdampak.

Difinisi Pemasaran Media Sosial itu sendiri adalah sistem yang memungkinkan pemasar untuk berinteraksi, terlibat, berkolaborasi dan memanfaatkan keahlian pengguna sosial untuk berpartisipasi di dalamnya dengan menarik perhatian serta mendorong calon konsumen masuk dalam jaringan sosial mereka sebagai target pemasaran.

Jejaring sosial sebenarnya memiliki dampak terhadap pemilik bisnis baik itu dampak negatif maupun berdampak positif. 

Semua komponen pemasaran dan media lainnya, baik online maupun offline, perlu terhubung ke sosial media untuk efek yang maksimal.

Media jejaring sosial bagian dari strategi pemasaran yang dapat memaksimalkan pengenalan dan penjualan produk yang dijual. Oleh untuk itu Pemasaran media sosial tersebut tidak boleh dikesampingkan.