❱ Cara Melihat Data Aplikasi Di Android - Setiyan

Cara Melihat Data Aplikasi Di Android - Setiyan
Cara Melihat Data Aplikasi Di Android - Setiyan

Cara Melihat Data Aplikasi Di Android - Android adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat mobile seperti ponsel atau tablet. Dalam menggunakan perangkat ini, kadangkala kita perlu melihat data yang digunakan oleh aplikasi tertentu. 

Apa itu File Manager di Android?

Aplikasi File Manager memudahkan untuk mengelola file yang disimpan di perangkat Android. Aplikasi ini sangat membantu bagi kalian dalam menerapkan teknologi menangani data yang disimpan di memori internal dan eksternal, seperti kartu SD, mulai dari membaca data, mentransfer, menyalin, dan menghapus. 

Selain itu, File Manager dapat mengakses file yang disimpan pada layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox, agar mudah mengelola data dengan lebih cepat dan efektif.

Dimana letak File Manager di Android?

Dalam artikel setiyan akan menjelaskan cara melihat data aplikasi di android. Berikut cara mengetahuinya:

Pertama, buka menu pengaturan di android kamu. Kemudian, pilih opsi "Data Penggunaan" atau "Penggunaan Data" yang terdapat di menu pengaturan. Pada halaman ini, kamu akan melihat data penggunaan internet dari seluruh aplikasi yang terinstall di perangkat kamu.

Selanjutnya, untuk melihat data aplikasi tertentu, kamu dapat mengetuk aplikasi yang ingin kamu lihat datanya. Pada halaman ini, kamu akan melihat data yang digunakan oleh aplikasi tersebut, termasuk data yang digunakan saat offline dan saat online.

BACA JUGA : 5 Aplikasi Seluler Teratas – Untuk Meningkatkan kecepatan Smartphone Android

Selain melihat data aplikasi melalui menu pengaturan, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti GlassWire atau Data Usage Monitor. Aplikasi ini dapat memberikan informasi lebih detail tentang data yang digunakan oleh aplikasi kamu, termasuk grafik yang memudahkan kamu untuk memonitor penggunaan data dalam periode waktu tertentu.

Cara Melihat File Data Aplikasi di Android 11 Samsung

Android 11 adalah versi terbaru dari sistem operasi Android yang digunakan pada perangkat mobile seperti Samsung. Dalam menggunakan perangkat ini, kadangkala kita perlu melihat file data yang digunakan oleh aplikasi tertentu. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara melihat file data aplikasi di android 11 Samsung.

Pertama, buka menu pengaturan di android kamu. Kemudian, pilih opsi "Aplikasi dan Notifikasi" atau "Aplikasi" yang terdapat di menu pengaturan. Pada halaman ini, kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstall di perangkat kamu.

Selanjutnya, untuk melihat file data aplikasi tertentu, kamu dapat mengetuk aplikasi yang ingin kamu lihat filedatanya. Pada halaman ini, kamu akan melihat opsi "Penyimpanan", klik opsi ini. Pada halaman ini kamu akan melihat informasi penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi tersebut.

Selain melihat file data aplikasi melalui menu pengaturan, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Files by Google atau ES File Explorer

Aplikasi ini dapat memberikan informasi lebih detail tentang file data yang digunakan oleh aplikasi kamu, termasuk opsi untuk mengelola atau menghapus file data yang tidak diperlukan.

Itulah cara melihat data aplikasi di android 11 samsung. Dengan mengetahui data yang digunakan oleh aplikasi, kamu dapat mengatur penyimpanan pada perangkat hp sesuai kebutuhan dan mengoptimalkan kapasitas penyimpanan.

BACA JUGA : 

Cara menghapus data aplikasi

1. Cara Menghapus Data Aplikasi Di Iphone

  1. Buka aplikasi "Settings" pada iPhone kamu.
  2. Pilih "General" dan kemudian pilih "iPhone Storage".
  3. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus data nya.
  4. Pilih "Delete App" dan konfirmasi dengan menekan "Delete App" lagi.
  5. Aplikasi akan dihapus dari iPhone kalian, beserta dengan semua data yang terkait dengan aplikasi tersebut.

2. Cara Menghapus Data Aplikasi Whatsapp

Informasi spesifik dapat dihapus dari postingan yang dibuat oleh orang atau grup tersebut. Caranya klik Setting > Storage and Data > Manage Storage

Agar memorimu tidak penuh maka lakukan : Pilih Obrolan (chat), centang file yang ingin kalian ingin hapus, lalu tekan "Hapus".

3. Cara Menghapus Data Aplikasi Di Hp Xiaomi

  • Akses Pengaturan 
  • Silahkan masuk halaman Aplikas
  • Pilih opsi Kelola Aplikasi
  • Untuk menemukan program yang sesuai, gunakan bidang pencarian.  
  • Untuk mengakses halaman informasi aplikasi
  • Klik Aplikasi
  • Di bagian bawah klik tombol Hapus data.

Solusi memunculkan File Data Android Tidak Muncul Xiaomi :

Beberapa pengguna Xiaomi mungkin mengalami masalah saat mencoba untuk menemukan file data mereka di perangkat Android mereka. 

Ini adalah masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Xiaomi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengaturan default perangkat, masalah perangkat lunak, atau masalah kompatibilitas.

Untuk memecahkan masalah ini, pengguna Xiaomi dapat mencoba beberapa solusi sederhana seperti mengecek pengaturan default perangkat, memperbarui perangkat lunak, atau mencari solusi kompatibilitas dari produsen perangkat. 

Namun, jika masalah ini tetap muncul setelah mencoba solusi-solusi tersebut, disarankan untuk menghubungi dukungan Xiaomi atau mengunjungi forum online untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

4. Cara Menghapus Data Aplikasi Di Hp Samsung

  • 1. Pilih Aplikasi dalam Pengaturan.
  • 2. Pilih atau cari perangkat lunak yang ingin kamu copot pemasangannya.
  • 3. Ketuk penyimpanan. Misalnya, kamu dapat melihat aplikasi Gmail di sini.
  • 4. Pilih Hapus data.
  • 5. tekan tombol OK. 
Maka semua file, pengaturan, akun, dan basis data aplikasi akan dihapus seluruhnya.

5. Cara Menghapus Data Aplikasi Di Laptop Menggunakan Disk Cleanup

  • Di pojok kiri bawah, pilih File Explore.
  • Pilih disk lokal yang ingin kamu bersihkan secara menyeluruh.
  • Pilih properti di bagian paling bawah
  • Klik Disk Cleanup setelah menemukannya.
  • Untuk menghapus semua file, silahkan tekan "klik".
  • lalu tekan "OK"

6. Cara Menghapus Data Aplikasi Di Hp Vivo

  •  Buka Pengaturan 
  •  Pengaturan Lainnya 
  •  Aplikasi 
  •  Terpasang 
  •  Pilih “APLIKASI” 
  •  Penyimpanan 
  •  Kemudian tap “Hapus Data” dan tap “Bersihkan”.

7. Cara Menghapus Data Aplikasi Iphone

Untuk memulai, cukup pilih Pengaturan, Umum (General), lalu Storages iPhone. Bagaimana dengan mereka yang menggunakan iPad? Langkah-langkahnya sama seperti sebelumnya, kamu tinggal klik iPad Storages paling akhir.

Kalian akan melihat daftar semua aplikasi di perangkat iOS kamu di bagian bawah. Selain itu, terdapat informasi lengkap tentang setiap aplikasi yang kamu miliki, mulai dari kapasitas aplikasi hingga tanggal terakhir digunakan. Sekarang saatnya memilih dan membuka program iOS yang menggunakan penyimpanan paling banyak di perangkat kamu.

Jika kamu memilih program yang menggunakan banyak ruang, sekarang saatnya untuk memeriksa kapasitas bagian Dokumen & Data; jika lebih besar dari 500MB, kamu mungkin ingin berpikir untuk menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali.

Apakah kamu yakin ingin menghapusnya? Sekarang kalian dapat memilih untuk hapus aplikasi. Jika kamu masih memerlukannya, kamu dapat mengunduh ulang dari App Store. Untuk menghapus data aplikasi di iPhone, teknik ini lebih efisien.

Kesimpulan

Artikel ini menjelaskan cara melihat data aplikasi di perangkat android. File Manager adalah aplikasi yang membantu dalam mengelola file yang disimpan di perangkat android, seperti membaca, mentransfer, menyalin, dan menghapus data. File Manager juga dapat mengakses file yang disimpan di layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Untuk melihat data aplikasi, pertama buka menu pengaturan di android dan pilih opsi "Data Penggunaan" atau "Penggunaan Data". Kemudian, klik aplikasi yang ingin dilihat datanya dan akan muncul informasi tentang data yang digunakan oleh aplikasi tersebut, termasuk data yang digunakan saat offline dan saat online.

Selain melalui menu pengaturan, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti GlassWire atau Data Usage Monitor untuk melihat data aplikasi dengan lebih detail, termasuk grafik yang memudahkan untuk memonitor penggunaan data dalam periode waktu tertentu.

Untuk melihat file data aplikasi di android 11 samsung, caranya sama dengan melihat data aplikasi, yaitu buka menu pengaturan, pilih opsi "Aplikasi dan Notifikasi" atau "Aplikasi", kemudian klik aplikasi yang ingin dilihat filedatanya dan akan muncul opsi "Penyimpanan", klik opsi ini untuk melihat informasi penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi tersebut.

Selain melalui menu pengaturan, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Files by Google atau ES File Explorer untuk melihat file data aplikasi dengan lebih detail, termasuk opsi untuk mengelola atau menghapus file data yang tidak diperlukan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url