Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Mudah! Solusi layar ponsel bergaris vertikal

Kadang kita menjumpai layar ponsel bergaris vertikal, berbagai masalah dapat muncul pada Hp kita, namun taukah kalian bahwa dalam hal ini kejadian tersebut akan mempengaruhi komponen dari smartphone itu?

cara mengatasi lcd bergaris

Masalah yang mungkin dialami beberapa orang, seperti yang telah kamu baca di judul, adalah jika saya mendapatkan garis vertikal di layar ponsel dan saya tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya. Maka pada artikel ini akan dibagikan informasi terkait layar ponsel bergaris.

Layar hp yang bergaris adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan, yang tidak diragukan lagi bahwa hp kamu itu sedang tidak normal.

Di bawah ini kami akan memberi tahu Anda beberapa kemungkinan alasan mengapa saya mendapatkan garis vertikal di layar ponsel, serta beberapa solusi yang dapat alian coba. 

Hal yang paling normal adalah bahwa ini adalah sesuatu yang memiliki solusi, tetapi Anda tidak pernah tahu persis apa yang harus Anda lakukan, karena ada beberapa kemungkinan ketidak normalan itu.

Karena perangkat keras dan perangkat lunak dapat menjadi penyebab pada layar ponsel bergaris pada ponsel Anda.

Dengan cara ini akan memungkinkan untuk menerapkan solusi yang bekerja dengan baik dan memungkinkan garis itu menghilang dari layar ponsel secara permanen.

Penyebab layar ponsel bergaris vertikal

  • Software ponsel

Seperti yang telah kami sebutkan, alasan mengapa saya mendapatkan garis vertikal di layar ponsel adalah sesuatu yang dapat memiliki asal yang berbeda. 

Bisa jadi layar handphone rusak atau pecah, oleh karena itu masalah hardware, namun tidak menutup kemungkinan asal mula error ini adalah sesuatu yang berhubungan dengan software perangkat. 

Inilah alasan mengapa yang terbaik adalah melakukan berbagai pemeriksaan, yang akan memungkinkan kita untuk lebih dekat dengan solusi yang akan berhasil dan yang akan memungkinkan kita untuk memecahkan masalah ini.

  • Layar rusak

Jika masalah ini muncul di ponsel, hal yang paling normal adalah layarnya rusak. Ini adalah sesuatu yang bisa sangat umum, karena jatuh atau pukulan keras pada layar ponsel Anda adalah sesuatu yang dapat menyebabkan layar pecah atau masalah seperti itu muncul sehingga tidak berfungsi dan diperlukan penggantian. 

Jika setelah beberapa pukulan atau jatuh kita melihat garis-garis putih vertikal atau horizontal yang berbeda dengan lebih banyak warna mulai muncul,  maka kita dapat mengasumsikan bahwa layar telah rusak.

Yang paling aman adalah Anda juga akan melihat bahwa layar memiliki retakan yang jelas di berbagai bagian, jadi kita tidak perlu ragu dua kali, dalam hal ini adalah masalah perangkat keras yang jelas yang menghasilkan masalah atau kegagalan ini. 

Layar ponsel rusak, sehingga kami membutuhkan pengganti, serta sangat dibutuhkan. Seluruh panel telepon harus diganti dalam kasus ini.

Ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan sendiri oleh banyak pengguna, jika mereka tahu cara memperbaiki ponsel mereka . 

Ada banyak tutorial jenis ini di YouTube, tetapi jika Anda tidak memiliki pengalaman, yang terbaik adalah pergi ke layanan teknis merek atau toko tempat Anda membeli telepon. Biarkan mereka yang mengurus perbaikan layar ini. Sejak itu Anda akan tahu bahwa semuanya akan baik-baik saja dalam hal ini.

Restart Smartphone

Hal ini bisa disebabkan karena kegagalan dalam perangkat lunak dan bukan perangkat keras. Ini mungkin salah satu proses yang sedang berjalan di telepon yang menyebabkan masalah garis ini muncul di layar. 

Saat menghadapi masalah di Android , solusi yang jelas, tetapi solusi yang hampir selalu berfungsi dengan baik, adalah me-restart telepon. Ini mungkin membantu Anda, mungkin memperbaiki bug ini, jadi ini patut dicoba.

Tahan tombol daya ponsel hingga Anda mendapatkan menu di layar dengan berbagai opsi. Salah satunya adalah me-restart, di mana Anda harus menekan. 

Telepon akan restart dalam kasus ini, sesuatu yang akan memakan waktu beberapa menit. 

Ketika sudah restart kita akan bisa melihat apakah layar sudah tampil normal atau belum, apakah garis tersebut sudah hilang atau belum. Jika ini masalahnya, jika hilang, maka itu mungkin masalah perangkat lunak, itulah sebabnya kami mengakhiri masalah ini di Android.

Periksa tampilan layar

Mungkin ada masalah dengan layar , tetapi bukan karena layarnya rusak, seperti yang kami katakan di bagian pertama, karena kami telah menabraknya. 

Tetapi ada kemungkinan bahwa ada beberapa elemen atau area panel sentuh yang berhenti bekerja, dan berhenti merespons dan itu menyebabkan masalah pengoperasian telepon. 

Ini adalah sesuatu yang harus kita periksa, apakah panel sentuh adalah penyebab goresan yang mengganggu ini di layar.

Banyak ponsel Android memiliki menu tersembunyi di mana mereka dapat melakukan analisis sensor , termasuk layar. 

Jadi mereka akan dapat melihat apakah ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan baik di layar ini, seperti area panel yang tidak berfungsi atau tidak merespons sentuhan pengguna, jadi ini adalah pilihan yang baik untuk dipertimbangkan. 

Karena ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah ini masalah yang akan memengaruhi perangkat.

Selain itu, di Play Store terdapat aplikasi untuk menganalisis layar ponsel.

Aplikasi ini berfungsi  untuk menganalisa waktu respon layar sentuh agar anda dapat menggunakan layar sentuh yang lancar.

Mengubah ke setelan pabrik

Melakukan reset ke setelan pabrik pada perangkat Android merupakan solusi tepat untuk menyelesaikan permasalahan hp bergaris pada layar. 

Ini akan membuat masalah yang muncul sekarang juga hilang, karena ponsel akan kembali ke kondisi semula. Jadi itu adalah sesuatu yang dapat kita gunakan dalam kasus seperti ini, terutama jika tidak ada yang berhasil.

Sebelum melakukan ini, kita harus membuat cadangan semua file di telepon . Karena tindakan ini mengasumsikan bahwa semua data di ponsel akan dihapus. Setelah cadangan itu dibuat, kami memiliki semua file yang aman. 

Cara setting ke setelan pabrik

Selanjutnya kita masuk ke pengaturan Android dan mencari opsi restore, klik pada bagian System

Setelah itu akan diminta untuk mengonfirmasi, dengan memasukkan pasword.

Prosesnya sendiri akan memakan waktu beberapa menit. Setelah ini selesai, kita dapat memulai telepon lagi, seperti pertama kali kita menggunakannya. 

Saatnya untuk melihat apakah garis itu masih muncul di layar atau sudah berhenti. Jika garis ini hilang, semuanya menunjukkan bahwa hal itu adalah kegagalan perangkat lunak pada hp android.

Solusi lainnya

Ada beberapa solusi tambahan lainnya yang juga dapat membantu kita dalam menyelesaikan masalah layar ponsel bergarisvertikal.

Tekan layar, jika bergerak, itu mungkin tidak membuat kontak dan itulah sebabnya garis itu akan keluar.

Itulah beberapa solusi yang dapat kalian terapkan dan dapat membantu menghilangkan garis yang muncul di layar ponsel ini secara permanen.