Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Panduan dan Pertimbangan Saat Memilih Tablet Android

Panduan dan Pertimbangan Saat Memilih Tablet Android

Panduan dan Pertimbangan Saat Memilih Tablet Android - Android adalah platform seluler yang menjadi basis banyak ponsel saat ini. Sistem operasi ini memungkinkan pengembangan aplikasi Java.

Sistem operasi tablet android baru-baru ini dikembangkan oleh 30 perusahaan yang dipimpin oleh Google Corporation. Bekerja dengan sistem operasi Android jauh lebih nyaman,  cepat dan  efisien.   

Saat ini, banyak program, game, dan aplikasi  dibuat untuk platform seluler ini, ratusan ribu aplikasi semacam itu telah dibuat, yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa utama dunia. 

Ada banyak sekali situs di Internet yang menyediakan program dan aplikasi gratis dan berbayar yang cocok untuk semua ponsel layar sentuh serta ponsel bersistem Android biasa. 

Apakah di bulan ini kamu punya rencana membeli tablet untuk kebutuhab khusus? Pasti bingung tablet Android mana yang terbaik untuk kebutuhan.

Harga tentu menjadi peringkat pertama dalam pertimbangan Anda sebelum membeli tablet Android.

Kemudian ukuran layar, merek, fitur, versi OS, ukuran dan berat. Tentu bisa membuat dahi calon pembeli agak berkerut. Yang mana ya?

Simak panduan dan pertimbangan saat memilih tablet Android berikut ini

Cara Memilih Tablet Android Terbaik

1. Jenis Android

Saat ini tablet Android ada dua macam. 

Android Froyo Gingerbread dan Honeycomb. Keduanya berbeda. Jika Anda ingin memiliki tablet Android yang bisa digunakan juga sebagai ponsel pilihlah jenis Froyo. 

Sementara tablet dengan OS Android Honeycomb tidak bisa digunakan untuk bertelpon ria. OS ini dirancang hanya untuk tablet. Tapi masih bisa mengirimkan SMS.

2. Koneksi Internet. Pilih Wi-Fi atau 3G

Tablet dengan 3G biasanya juga dilengkapi Wi-Fi. Tentu harganya lebih mahal dari pada Tablet Wi-Fi. Sebab tablet jenis ini tidak dilengkapi dengan fasilitas 3G.

3.  Ukuran Layar

Sesuaikan ukuran layar tablet sesuai dengan kebutuhan Anda.  Anda pecinta game dan hiburan bisa memilih ukuran layar 10 inchi. Anda bisa lebih puas. 

Tapi jika mengetik merupakan kebutuhan utama Anda, maka tablet dengan layar ukuran 5 inchi silakan Anda pilih

4.  Berat bobot tablet

Tablet dengan layar besar belum tentu bobotnya lebih berat dari tablet dengan layar kecil. Pilihlah tablet dengan bobot yang ringan agar Anda dapat membawanya dengan mudah

5.  Kamera

Jika aktivitas Anda sangat membutuhkan pengambilan gambar yang ciamik, pertimbangkan fasilitas kamera tablet yang akan Anda pilih. 

Pilihlah kamera dengan resolusi tinggi. Foto dan video yang dapat Anda ambil tentu lebih tajam dengan kedalaman warna yang padat

6.  Memori Penyimpanan Data

Anda harus mempertimbangkan seberapa banyak data yang akan Anda simpan. Apakah Anda pecinta musik dan pengoleksi video klip? 

Atau Anda suka mengabadikan gambar, merekam video, dan pecinta game? Pilihlah memori dengan kapasitas jumbo. Tapi ada konsekuensi yang harus Anda tanggung.  Tablet akan bekerja lebih berat

7. Dukungan Batere

Tablet merupakan handset yang membutuhkan energi banyak. Pilihlah tablet dengan batere yang dapat menyimpan energi lebih banyak dan memberikan support untuk pemakaian lebih lama

8.  Nilai Jual Kembali

Jika Anda memiliki rencana menjual kembali tablet Anda suatu hari nanti, pilihlah tablet dari produsen yang memiliki reputasi bagus di pasar.

9. After Selling

Pilihlah tablet dengan merek bereputasi baik. Pastikan merek yang Anda pilih memiliki tempat service centre di kota Anda. 

Agar Anda mendapatkan pelayanan purna jual. Juga Anda mendapatkan kepastian garansi dan perbaikan. Tablet tetaplah benda yang rawan mengalami kerusakan.

10. Low Radiation

Pilihlah tablet Android dengan radiasi rendah. Tetaplah utamakan kesehatan Anda. Jika Anda memilih tablet favorit tapi ternyata memiliki radiasi tinggi Anda harus punya solusi penangkal yang melindungi diri Anda dari bahaya radiasi.

Memilih Tablet android untuk desain grafis

Tablet grafis berguna untuk menggambar akan berguna bagi desainer, fotografer, seniman, dan orang-orang kreatif lainnya. 

Tablet harus mengatasi tugas utamanya - untuk lebih dekat dengan gambar nyata. 

Tablet bekerja berdasarkan prinsip mouse, yaitu menggambar di tablet, semua data ditampilkan di layar komputer. 

Tetapi ada juga model di mana ada layar tambahan di tablet itu sendiri dan Anda dapat menggambar langsung di atasnya.

Kriteria pemilihan sebelum membeli tablet grafis :

  1. Luas permukaan kerja
  2. Sensitivitas pena (stylus)
  3. Koneksi tanpa kabel
  4. Satu set tip dan kualitasnya
  5. Ketersediaan driver
  6. Pabrikan

Tablet android untuk anak

Penerapan teknologi terhadap anak diusia dini sangat penting untuk kemajuan dirinya. 

Untuk itu janganlah ditunda ketika si anak telah mengenal suatu smartphone ataupun tablet. Ini merupakan masa depan, dan mereka harus belajar menjadi teknologi digital sejak dini. 

Oleh karena itu, tablet android bisa menjadi pilihan yang bagus untuk memulai, atau bahkan untuk studi mereka. 

Namun, tidak ada tablet yang cocok untuk segala usia, dan penting bagi kalian untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan yang memungkinkan mereka untuk menikmati dan belajar tanpa risiko.

Baca juga: 5 Aplikasi Seluler Teratas – Untuk Meningkatkan kecepatan Smartphone Android

Rekomendasi 10 Tablet untuk Anak Terbaru dan Terbaik (Januari 2022)

  1. Huawei MatePad T 8 Kids Edition
  2. Olike EduTab E3
  3. Olike EduTab E1
  4. Huawei MatePad T10 Kids Edition
  5. Samsung Galaxy Tab A7 Lite
  6. Advan Tablet Belajar Elite 8
  7. Advan Tab 8 Belajar
  8. Advan Tablet Belajar 7
  9. Lenovo M10 FHD REL
  10. ALCATEL 3T 8 

Tablet android untuk game

Tablet terbaik untuk bermain game 2022. Tablet tidak hanya untuk membaca buku, menonton film, atau mengobrol di jejaring sosial, tetapi juga untuk game "berat". 

Di atikel setiyan blog ini,  memberikan peringkat tablet game terbaik pada tahun 2022. Bagi kebanyakan orang di dunia modern, tablet adalah alternatif yang paling menguntungkan selain PC.

Tablet adalah perangkat android yang ringkas, sebagai mobile, tetapi tidak kalah kinerjanya dengan laptop atau komputer.

Tablet untuk game harus memiliki layar besar, prosesor yang kuat, dan memori yang cukup, baik operasional maupun internal. 

Oleh karena itu di desain menggunakan perangkat yang ringan dan nyaman. Banyak parameter yang memengaruhi kinerja - model chipset, jumlah inti dalam prosesor dan frekuensi clocknya, kecepatan chip grafis, jumlah RAM.

Beberapa rekondasi dari admin tablet terbaik untuk game : 

  1. HUAWEI MediaPad M6
  2. Apple iPad Pro 11
  3. HUAWEI MatePad
  4. HONOR Pad V6
  5. Lenovo Tab M10 Plus
  6. Microsoft Surface Pro 7 i5
  7. Samsung Galaxy Tab A7
  8. CHUWI UBook X
  9. BQ 8077L Exion Plus
  10. TurboPad 1016

Bagaimana memilih tablet untuk game

Peringkat tersebut mencantumkan berbagai model yang berbeda dalam karakteristik, biaya, desain, dll. Untuk membantu Anda memilih tablet untuk game yang tepat, maka simak dibawah ini: .

>> Parameter tablet apa untuk game yang harus diperhatikan? 

Saat membeli tablet untuk game, Anda perlu memperhatikan prosesor yang terpasang. Untuk permainan yang nyaman, pengguna membutuhkan prosesor yang kuat yang akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses permainan, berkat kelancaran pengoperasian perangkat dan komponen visual. Perangkat keras yang kuat dan modern akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambar yang lebih detail dalam permainan.

>> Berapa banyak RAM dan memori internal yang Anda butuhkan untuk game?

Produsen tablet mendorong standar mereka ke tingkat smartphone yang kuat, sehingga perangkat dengan RAM 6GB dan 8GB tidak lagi langka. Berbicara tentang penyimpanan internal, banyak tablet memiliki slot microSD terpisah yang mendukung kartu hingga 1TB. Jumlah memori ini akan dapat menarik game apa pun dan menyediakan ruang yang cukup untuk menyimpannya.

Bisakah saya menginstal game di kartu memori?

Sistem operasi Android memungkinkan Anda untuk menginstal game pada kartu memori, dan jika kecepatan membaca kartu cukup tinggi, ini tidak akan memengaruhi gameplay dengan cara apa pun.

Apa yang harus dilakukan jika game tidak mau berjalan / crash?

Banyak pengguna menghadapi masalah ketika aplikasi game tiba-tiba crash. Seringkali ini terkait langsung dengan kurangnya RAM atau memori internal, karena game yang lebih menuntut membutuhkan sumber daya untuk memproses grafik (bahkan pada pengaturan sedang). 

Untuk menghindari masalah ini dan menikmati gameplay, saat membeli tablet, Anda harus memperhatikan perangkat keras yang lebih kuat.

Misalnya, jika tablet dilengkapi dengan RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB, yang dapat ditingkatkan hingga 1 TB menggunakan kartu memori. 

Selain itu, teknologi penyimpanan UFC 2.1 dapat digunakan, yang secara langsung memengaruhi waktu peluncuran aplikasi dan kinerja perangkat. Prosesor yang kuat memungkinkan Anda memainkan game paling populer.

Itulah beberapa poin yang bisa dijadikan panduan dan pertimbangan saat memilih tablet Android. Semoga dapat membantu kalian agar tidak begitu pusing dan bingung saat memilih tablet Android yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu.