❱ Pengertian Komputer Server dan Mekanisme yang wajib dipahami [Untuk pemula]

Pengertian PC Server dan Mekanisme

Definisi spesifik dari server

Meski kata "server" digunakan setiap hari, masih banyak orang yang kurang memahaminya. Untuk orang-orang seperti itu, pada artikel setiyan ini akan menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami poin-poin yang harus kalian ketahui, seperti cara kerja server dan perbedaannya dengan PC .

Selain itu, untuk pemula, kami akan menjelaskan istilah-istilah terkait server seperti rental server, VPS, dan cloud.

Pengertian Komputer Server

Server adalah komputer yang menyediakan konten seperti data dan informasi baik digunakan sendiri maupun bersamaan.

Seperti juga ada kata “beer server”, kata “server” aslinya berarti “keberadaan yang melayani”, dengan kata lain “keberadaan yang menyediakan sesuatu”.

Saat kata ini digunakan dalam konteks komputer dan Internet, artinya adalah "komputer yang menyediakan informasi dan data" sebagai tanggapan atas permintaan seperti "Saya ingin informasi ini" dan "Saya ingin melihat data itu".

Antonimnya adalah "klien"

Antonim dari server, yang merupakan ``entitas penyedia'', disebut ``klien'', artinya ``entitas peminta''.

Saat memikirkan klien, kita cenderung memikirkan manusia, tetapi pihak yang meminta dan menerima konten dari server secara kolektif disebut klien. Akibatnya, komputer yang kita gunakan untuk bekerja seringkali merupakan klien yang meminta informasi dari berbagai server.

Contoh server

Sebenarnya ada berbagai jenis contoh server yang sering kita jumpai antara lain:

Misalnya, server web menerima permintaan "Saya ingin melihat halaman ini" dari klien seperti komputer pribadi yang kami gunakan, dan menyediakan file HTML dan gambar yang diperlukan untuk menampilkan halaman tersebut.

BACA JUGA : Cara Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia untuk Pemula

Server file juga menyediakan data file yang disimpan di server sebagai tanggapan atas permintaan dari klien untuk melihat file ini.

Dibandingkan dengan dua jenis di atas, server email dan DNS (Sistem Nama Domain) adalah mekanisme yang agak lebih rumit, tetapi keduanya sama dalam hal "menyediakan informasi dan data sebagai tanggapan atas permintaan".

Apa pentingnya menggunakan komputer server?

Server menyajikan konten ke banyak orang, seperti yang kalian pikirkan tentang server web dan server file. Tidak jarang menerima banyak permintaan pada saat yang bersamaan.

Dan jika kegagalan memang terjadi, dampaknya sangat luas. Misalnya, jika server web mati, banyak orang tidak akan dapat melihat situs web tersebut. Oleh karena itu, server harus memiliki elemen-elemen berikut:

Kemampuan untuk beroperasi bahkan ketika ada permintaan dari banyak klien pada saat yang bersamaan

  • - Operasi berkelanjutan 24 jam sehari, 365 hari setahun
  • - Perlindungan dan pencadangan data yang baik

Untuk memenuhi faktor-faktor ini, komputer server harus memiliki stabilitas dan daya tahan yang tinggi, dan bahwa sistem dan mekanisme keamanan dan cadangan sudah ada.

BACA JUGA : Penyebab Laptop Tidak Bisa Tersambung Wifi

Apa bedanya dengan komputer biasa?

Baik komputer pribadi dan komputer server sama karena terdiri dari CPU, memori, HDD (hard disk drive), dll. Namun , karena penggunaan yang berbeda, fitur yang diperlukan untuk perangkat keras juga berbeda.

Server memerlukan perangkat keras yang mempertimbangkan pengoperasian dan daya tahan yang stabil

Dalam kasus komputer pribadi, adegan di mana "beberapa orang menggunakannya pada waktu yang sama" tidak benar-benar diasumsikan. Itu juga tidak harus berjalan 24/7.

Namun, server dapat diakses oleh banyak orang pada waktu yang bersamaan, sehingga CPU server yang dapat menangani akses dalam jumlah besar pada waktu yang bersamaan sering digunakan. 

Selain itu, rangka yang kuat (kotak luar) diperlukan untuk menahan guncangan eksternal seperti benturan, dan diperlukan suku cadang dengan daya tahan tinggi. 

BACA JUGA : Perbedaan antara CPU PC dan CPU server

Catu daya dengan cadangan yang disebut "redundansi" dan fungsi "RAID" yang memungkinkan pemulihan cepat dengan menyebarkan dan menyimpan data juga diperlukan.

Di sisi lain, server tidak diharuskan memiliki fungsi sebanyak komputer pribadi. Karena pemrosesan grafik yang berat seperti pengeditan video dan permainan tidak dilakukan, ada banyak kasus di mana papan grafis berperforma tinggi tidak diperlukan.

Dalam hal perangkat lunak, biasanya menggunakan OS server khusus seperti "Windows Server" untuk tujuan tersebut.

Dapatkah saya menggunakan komputer sebagai server jika saya dimodifikasi?

Dalam arti terdiri dari CPU, memori, dan HDD, komputer pribadi biasa dan server adalah komputer yang sama. Oleh karena itu, untuk penggunaan pribadi, dimungkinkan untuk menggunakannya sebagai server jika kalian memodifikasinya .

Namun , dibandingkan dengan komputer yang dibuat untuk server, masalah tetap pada stabilitas dan daya tahannya, sehingga tidak cocok untuk aktivitas yang melibatkan tanggung jawab seperti bisnis.

Selain itu , seperti yang akan diperkenalkan di Bab 4 , jumlah kasus di mana perusahaan memiliki server sendiri telah menurun akhir-akhir ini.

Oleh karena itu, perusahaan tidak disarankan untuk menggunakan "server yang dimodifikasi dari PC".

Misalnya, perbedaan antara "mobil ringan" dan "truk"

Perbedaan antara CPU PC dan CPU server dapat dengan mudah dipahami dengan membandingkannya dengan mobil. Komputer pribadi seperti mobil ringan untuk penggunaan pribadi, sedangkan server seperti truk komersial.

Keduanya adalah mobil yang sama, terdiri dari mesin, ban, jok, ruang bagasi, dll. Namun, karena minicar digunakan untuk "kenyamanan dikendarai oleh individu" dan truk untuk "membawa banyak barang bawaan", ukuran mesin, jumlah kursi, dan ukuran ruang bagasi berbeda.

Jika kalian memodifikasi mobil kei, kalian dapat membawa muatan yang lebih besar, tetapi karena tidak dikhususkan seperti truk, ada batasan ukuran muatan yang dapat dibawa. 

Di sisi lain, truk tidak ditujukan untuk transportasi pribadi, sehingga kemudahan berkendara dan kenyamanan berkendara kurang baik.

Dengan cara ini, komputer dan server memiliki konfigurasi dasar yang sama, tetapi dikhususkan untuk kegunaannya masing-masing. Itu sebabnya mereka memiliki bidang keahlian yang berbeda.

BACA JUGA : Prinsip Kerja Cookie Computer dalam Pemasaran Afiliasi

Jenis dan istilah server yang perlu dipahami

Ada banyak berbagai jenis server dan seringkali diperlukan untuk memahami "mana yang akan digunakan di server" dan "bagaimana perbedaannya" daripada "perbedaan antara komputer pribadi dan server" .

Oleh karena itu, sebagai pengetahuan dasar untuk pemula, mari kita periksa secara singkat perbedaan antara "server fisik" dan "server virtual" dan opsi utama masing-masing.

1. SERVER FISIK

・Server khusus (server bare metal)

・Server persewaan (server bersama)


2. SERVER VIRTUAL

・VPS (Virtual Private Server)

・Cloud (IaaS)

Server fisik, seperti namanya, server yang ada secara fisik. Sebelumnya, server fisik ini adalah satu-satunya pilihan, jadi servernya adalah server fisik.

Server Khusus (Server Baremetal)

Ini mengacu pada penggunaan satu server fisik hanya untuk perusahaan kalian , dan jika kalian membandingkannya, kalian memiliki rumah terpisah . Jika perusahaan kalian memiliki ruang server yang besar, kemungkinan itu adalah server khusus.

Karena server ditempati oleh perusahaan, keuntungan terbesarnya adalah dapat digunakan secara bebas, seperti menginstal OS dan aplikasi.

Namun, perlu membangun dan memeliharanya sendiri, dan biayanya cenderung tinggi.

Server sewa (server bersama)

Server sewa (server bersama) telah digunakan oleh perusahaan dan individu yang tidak memiliki server sendiri, dan mengacu pada berbagi satu server dengan banyak orang. Misalnya, ini seperti rumah bersama tempat kalian berbagi dapur dan kamar mandi .

Keuntungan menggunakan dedicated server adalah lebih murah dan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. Rekomendasi untuk dedicated server yang bisa di andalkan kekuatannya kalian bisa klik disini.

Namun, karena OSnya digunakan bersama, sulit untuk mengubah pengaturan secara bebas, dan ada juga kerugiannya seperti mudah terkena masalah yang disebabkan oleh pengguna lain yang berbagi server.

Server Virtual

Server virtual adalah server yang menjalankan banyak OS pada satu server fisik dan menganggapnya sebagai "beberapa server". Nama tersebut berasal dari penggunaan teknologi virtualisasi.

Pangsa pasar berkembang karena banyak keuntungan, seperti kerugian dari server khusus seperti biaya dan pemeliharaan dan pengoperasian, dan kerugian dari server sewaan seperti tingkat kebebasan yang rendah dan mudah dipengaruhi oleh pengguna lain.

BACA JUGA : Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop Dengan Program Software SSD

VPS(Virtual Private Server)

VPS adalah singkatan dari “Virtual Private Server”, yang secara harfiah berarti “server virtual untuk kalian sendiri”.

VPS juga berbagi satu server seperti server sewaan, tetapi menggunakan teknologi virtual untuk menjalankan banyak OS dan membangun "lingkungan untuk masing-masing". Misalnya, meski satu bangunan, itu seperti apartemen sewaan dengan masing-masing dapur dan kamar mandi .

Oleh karena itu, keuntungannya lebih fleksibel daripada server sewaan dan lebih murah daripada server khusus.

Dibandingkan dengan server khusus atau cloud, yang akan dijelaskan nanti, tingkat kebebasannya rendah, yang merupakan kerugian.

Cloud (IaaS)

Baru-baru ini, ada juga contoh membangun server di cloud. IaaS adalah singkatan dari “Infrastruktur sebagai Layanan”, yang secara harfiah berarti “infrastruktur sebagai layanan”. AWS yang disediakan oleh Amazon juga merupakan jenis IaaS.

Sementara VPS menyiapkan beberapa "lingkungan untuk masing-masing" pada satu server fisik, cloud membangun "lingkungan untuk masing-masing" dari beberapa server fisik. 

Oleh karena itu, ia memiliki fitur dimana kalian dapat dengan bebas menambahkan CPU dan memori sebanyak yang kalian butuhkan.

Fakta bahwa kalian hanya dapat menggunakan apa yang kalian butuhkan adalah fitur yang tidak dimiliki oleh tiga jenis lainnya, dan kalian hanya perlu membayar jumlah yang kalian gunakan, sehingga tidak ada pemborosan. 

Selain itu, meskipun memiliki keunggulan karena lebih fleksibel daripada VPS, ini cocok untuk orang dengan keterampilan tertentu karena semuanya perlu dilakukan mulai dari konstruksi server hingga pemeliharaan dan pengoperasian sendiri.

Mempertimbangkan Sewa server atau VPS bagi pemula

Bagi mereka yang ingin menggunakannya untuk sementara waktu atau ingin menggunakannya sebagai tahap pembelajaran untuk sementara waktu, sewa server atau VPS adalah pilihan yang tepat. Sangat mudah bagi pemula untuk memulai karena tidak perlu membangun atau memelihara server yang skala besar sendiri.

Apalagi akhir-akhir ini banyak orang memilih VPS karena keseimbangan antara biaya dan fleksibilitas.

Cloud Hosting-terbaik

Ringkasan

Berbagai jenis server telah keluar, tetapi intinya tetap bahwa mereka adalah "komputer yang menyediakan data dan informasi sebagai tanggapan atas permintaan dari klien". 

Stabilitas dan daya tahan merupakan hal terpenting karena banyak orang mengaksesnya dan jika terjadi kegagalan, dampaknya akan luas. 

Oleh karena itu bagi pemula yang ingin menggunakan server, alangkah baiknya wajib memahami pengertian komputer server dan mekanisme tentang server itu sendiri.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url