Apa perbedaan antara CPU PC dan CPU server?

perbedaan antara CPU PC dan CPU server

Apa perbedaan antara CPU PC dan CPU server - CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari komputer yang bertanggung jawab untuk mengeksekusi instruksi-instruksi yang ada dalam program komputer. CPU PC dan CPU server memiliki beberapa perbedaan yang sangat signifikan.

Perbedaan CPU PC dan CPU server?

Berbicara tentang CPU, ada nama seri yang muncul di benak Kamu, seperti Core, Pentium, dan Celeron untuk Intel, serta Ryzen dan Phenom untuk AMD. Ini adalah CPU untuk komputer pribadi umum, dan CPU yang berbeda digunakan di server dan workstation. Di sini, saya ingin menjelaskan perbedaan komputer server dan komputer client.

BACA JUGA : Penyebab Laptop Tidak Bisa Tersambung Wifi Dan Cara Mengatasinya

Perbedaan performa antara CPU PC dan CPU server

Perbedaan antara komputer pribadi dan server terletak pada keandalan operasinya. Komputer pribadi banyak digunakan oleh rumah tangga umum dan pengguna korporat atau perusahaan, tetapi pada dasarnya mereka hanya memproses satu pengguna.

Untuk CPU Server melakukan pengoperasian dibanyak pekerjaan dan pada saat bersamaan pengertian lain menangani akses dari banyak pengguna.

Oleh karena itu pemrosesan menjadi rumit disebabkan penggunaan yang bersamaan dan perlu untuk memproses data dengan kamul.

Hal inilah yang membuat perbedaan besar dalam keandalan. Maka dari itu perlu sekali memahami perbedaan antara CPU PC dan CPU server.

Dengan daya pemrosesan berperforma teknologi yang tinggi, diperlukan untuk memproses jumlah dan skala besar. Terkadang satu CPU tidak bisa mengikuti atau backup keseluruhan.

Untuk CPU server, beberapa CPU dapat diinstal dalam satu server sehingga dapat digunakan dalam kasus tersebut.

BACA JUGA : Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop Dengan Program Software SSD

Apakah mungkin membangun komputer pribadi dengan CPU server?

Jika kinerjanya bagus, bukankah mungkin membuat PC dengan spesifikasi ultra dengan membuat PC dengan CPU server?

Adalah umum untuk berpikir demikian.

Namun, CPU server dijual di lokasi penggunaan bisnis, sehingga harganya sangat tinggi. CPU untuk komputer pribadi berada dalam hubungan kompetitif antara Intel dan AMD, dan konsumen tidak akan membelinya jika harganya tinggi.

Akibatnya, persaingan harga menjadi sengit, tetapi sebagian besar CPU untuk server menggunakan prosesor Intel Xeon.

Oleh karena itu, tidak perlu bersaing dalam harga, dan perusahaan tidak perlu membandingkan apapun tentang harga CPU. Oleh karena itu, CPU server jauh lebih mahal daripada CPU PC biasa pada umumnya .

Fakta bahwa CPU server memerlukan memori yang kompatibel dengan ECC juga merupakan hambatan bagi komputer pribadi.

ECC adalah memori dengan fungsi pemeriksaan kesalahan, yang juga digunakan sebagai memori server bersama dengan CPU server sebagai hal yang biasa. Memori ECC ini lebih mahal dari memori umum, dan sulit didapat karena jarang ditangani di bengkel suku cadang.

Motherboard yang kompatibel dengan CPU server, CPU server, dan memori yang kompatibel dengan ECC harus disiapkan, dan menyiapkannya untuk komputer pribadi akan menjadi rintangan yang tinggi.

Meskipun kamu mengganti CPU, kamu tidak dapat merasakan perbedaannya.

Memahami CPU penggunaan bisnis dan CPU penggunaan umum.

Perbedaan sudut pandang antara pengguna umum membutuhkan sejumlah daya pemrosesan dengan standart, tetapi bagi perusahaan sangat membutuhkan daya pemrosesan, stabilitas, dan keandalan setinggi mungkin meskipun harganya mahal.

Tentu saja, server dapat digunakan sebagai komputer pribadi, tetapi tidak ada perbedaan komputer server dan komputer client dalam hal pemrosesan seperti menjelajahi situs web, memutar video, dan bermain game dengan browser.

Untuk aplikasi seperti itu, CPU PC memiliki kinerja yang cukup memadai, sehingga menggunakan CPU server tidak mengubah kecepatan pemrosesan. Jika ada perbedaan, itu hanya saat benchmarking.

Tujuan dari benchmarking adalah untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi, serta untuk menemukan cara-cara baru untuk menyelesaikan masalah dan mencapai prestasi yang lebih baik. Ada beberapa jenis benchmarking, termasuk benchmarking internal, benchmarking eksternal, benchmarking strategis, dan benchmarking fungsional.

Dengan perbedaan antara CPU PC dan CPU server, jika pc kalian digunakan untuk game tidak perlu untuk CPU server. Kalian hanya menginvestasikan uang itu untuk kartu grafis yang lebih baik untuk kalian yang suka gamer.

BACA JUGA : 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url