Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop Dengan Program Software SSD Ini!

Cara cek kesehatan hardisk mungkin dari kalian masih ada yang bingung untuk pengujian SSD yang di gunakan. Sebenarnya sangat mduah sekali jika kita ingin memonitor untuk penghitungan umur dari SSD tersebut.

HDD SSD laptop bisa dibilang perangkat teknologi sebagai pengganti dari Hard disk saat ini. Karena tidak ada bagian yang berputar dengan motor, SSD buat PC ataupun laptop tidak mengeluarkan suara sama sekali. Fungisnya pun jauh lebih cepat daripada hard disk (HDD) konvensional, dan tidak mudah rusak dari guncangan eksternal. 

Mungkin karena itu, kalau dibandingkan dengan hard disk, harganya agak mahal dibandingkan dengan kapasitasnya. Karena itulah, beberapa pengguna enggan membeli SSD.

Fungsi SSD

SSD PC dan SSD Laptop adalah bagian penting dari peningkatan komputer. Ini mempercepat eksekusi secara dramatis, mempesona. Ketika saya pertama kali menggunakan SSD buat PC, saya berpikir bahwa saya 'mengalami dunia baru', tetapi tanpa mengalaminya, menjelaskan saja tidak cukup.

Jika kamu membeli SSD PC untuk mengoptimalkan kinerja komputer, perlu diingat bahwa masa pakai SSD bervariasi tergantung pada pabrikan atau mereknya. 

Umumnya, kinerja atau umur panjang SSD dievaluasi berdasarkan tiga faktor: berapa lama hard disk telah digunakan, total kapasitas yang dapat ditulis selama bertahun-tahun (TBW), dan kapasitas tulis hard disk harian (DWPD).

Lalu apa lagi yang harus Anda perhatikan selain memilih produk dari produsen yang terpercaya dan bereputasi baik? Pada artikel ini, kita akan mempelajari cara memeriksa dan menghitung masa pakai SSD dan cara memprogramnya.

Apa itu hard drive SSD?

SSD (singkatan dari Solid State Drive) adalah harddisk untuk menyimpan data pada memori flash dalam keadaan solid. Drive SSD terdiri dari dua komponen utama, pengontrol flash dan chip memori flash. 

Fungsi SSD PC dan SSD Laptop mirip dengan HDD. Namun, meskipun HDD memiliki lapisan magnetis pada permukaan hard disk, dalam SSD, data disimpan pada beberapa chip memori flash. 

Chip ini digabungkan satu sama lain. Hasilnya, semua data yang tersimpan tetap terjaga meskipun drive tidak memiliki daya.

Baca juga : Apa sih SSD itu? Apa pula Keunggulannya dibanding HDD? 

Apa prinsip kerja drive SSD? Apa gunanya hard drive SSD?

Efek SSD adalah menyimpan data dalam waktu yang lama. Data yang tersimpan di harddisk ini tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan secara tiba-tiba. 

Untuk menjalankan fungsi pengiriman dan penerimaan data dengan cepat, hard drive SSD menggunakan pelat yang berisi banyak sel listrik. 

Panel ini dibagi menjadi beberapa bagian kecil yang disebut "halaman". “Halaman” adalah tempat penyimpanan data. Halaman mengumpul untuk membentuk beberapa blok. Selain itu, karena didesain tanpa bagian yang bergerak, SSD juga dikenal sebagai solid-state drive.

SSD mampu menulis data ke halaman kosong di blok mana pun. Oleh karena itu, pengguna tidak dapat menimpa data pada setiap halaman individual.

Untuk penghapusan data, SSD melakukannya dengan mengidentifikasi secara tepat data apa yang ditandai sebagai data yang tidak digunakan. 

Selanjutnya, akan memindahkan data ke tempat terpisah. Kemudian dilanjutkan untuk menghapus seluruh blok yang tidak digunakan. Pada saat yang sama, SSD akan mengubah data memori untuk mengembalikan file, dan halaman yang tidak digunakan dibiarkan kosong.

Keuntungan dari hard drive SSD

Hard drive SSD memiliki peningkatan yang cukup besar dibandingkan dengan HDD ketika memiliki keunggulan luar biasa seperti: 

Kurangi waktu yang diperlukan untuk memulai, membuka aplikasi, dan membuka perangkat lunak berkat peningkatan kinerja komputer. 

Karena kecepatan baca tulis harddisk SSD bisa mencapai 550MB/s hingga ribuan MB/s (tergantung jenis harddisk yang dipilih pengguna). 

Ini juga berarti, ketika membandingkan kecepatan SSD dan HDD , mudah untuk melihat bahwa SSD berkali-kali lebih cepat daripada HDD.

Ketahanan goncangan yang baik, operasi yang stabil, pengurangan kerusakan drive, sehingga memberikan keamanan yang tinggi untuk data yang disimpan.

Tidak ada suara bising saat beroperasi, mengurangi pembangkitan panas dan menghemat konsumsi daya.

Apa kerugian dari hard drive SSD?

Meskipun memiliki banyak keunggulan yang menarik, SSD masih memiliki beberapa keterbatasan seperti biaya yang mahal. Jika membandingkan harga yang sama, SSD 128GB atau 256GB akan setara dengan HDD 512GB, terkadang hingga 1TB.

Sarankan solusi untuk diperbaiki

Untuk memanfaatkan kecepatan SSD dengan anggaran terbatas, maka harus membeli dengan SSD berkapasitas rendah. 

Atau kamu lebih suka menggunakan drive penyimpanan ganda untuk kecepatan yang lebih cepat dan harga yang standar sesuai jenisnya. Di pasaran, hard drive SSD sangat beragam untuk mengetahui standar umum jenis jenis SSD bisa dibaca disini

software ssd,western digital software ssd,wd software ssd,ssd wd software,software wd ssd,emtec ssd software,ssd wd green software.

Bagaimana cara mengecek hardisk?

Cara Cek Kesehatan Hardisk Untuk mengetahui umur SSD

Masa pakai SSD bergantung pada jumlah data yang dihasilkan dari rekaman. Beberapa SSD dapat merekam hingga 600 TB data sebelum perlu diganti. 

Masa pakai SSD biasanya dinyatakan sebagai 'total kapasitas TB yang dapat direkam (selama bertahun-tahun)' diikuti dengan kata bahasa Inggris 'TBW (total T era B ytes W ritten over time)'.

Cara cek kesehatan hardisk sebagai contoh, TBW dari merek brand Samsung 850 Pro yang memanfaatkan teknologi 3D V-NAND adalah sebagai berikut:

  • 256GB: 150 TBW
  • 512GB, 1TB: 300 TBW
  • 2TB: 450 TBW
  • 4TB: 600 TBW

Saya sebutkan sebelumnya bahwa TBW adalah 'total kapasitas TB yang dapat direkam (selama bertahun-tahun)'. 

Mengambil hard disk 1TB sebagai contoh, 300 TBW berarti Anda dapat merekam hingga 300TB sebelum perekaman data menjadi tidak mungkin . 

Dengan kata lain, jika Anda menulis dan merekam 100GB per hari ke SSD dalam bentuk 'unduh dan hapus file, terima dan hapus...' (300TB (307,200GB) 100GB) 365 hari = 8,4 tahun .

Dalam kehidupan nyata, kita jarang menggunakan 100GB sehari, jadi jika kita berasumsi bahwa kita menggunakan sekitar 10GB sehari berdasarkan SSD 1TB lagi, itu berarti kita dapat menggunakannya selama 84 tahun.

Umumnya, 'TBW' tertulis di halaman informasi produk SSD atau di luar kotak produk. Mulai sekarang, Anda dapat menghitung TBW, yang merupakan masa pakai SSD, sendiri menggunakan metode yang baru saja Anda lihat.

Mengapa hardisk tidak terdeteksi?

Meskipun sistem operasi dan perangkat lunak hard drive diperbarui secara berkala. Masih akan banyak kasus di mana komputer tidak mendeteksi hard drive eksternal di komputer.

Jika hard drive dinonaktifkan di BIOS, OS tidak akan dapat mendeteksinya dan tidak akan muncul di Windows. Oleh karena itu , periksalah apakah hard drive dinonaktifkan di BIOS . 

Nyalakan kembali komputer dan tekan tombol BIOS (tergantung komputer yang kalian gunakan) hingga masuk dalam BIOS.

Program pemeriksaan masa pakai SSD?

Dalam beberapa kasus, TBW ditunjukkan pada halaman informasi produk atau pada kotak produk, tetapi di beberapa produsen atau produk, TBW tidak ditunjukkan sama sekali. 

Lalu...Bagaimana cara memeriksa masa pakai SSD? 

Ketika saya ingin cek pemeriksaan masa pakai dari SSD, saya menjadi bingung. Kebetulan ada program yang dapat membantu memeriksa masa pakai SSD dengan mudah tanpa harus menghitungnya satu per satu. 

Diantaranya, kami merekomendasikan menggunakan Crystal Disk Info, Open Hardware Monitor dan SSDLife.

Untuk program SSDLife sangat bagus sebagai software pengitung SSD. Ada versi Pro dan versi gratis, tetapi sepertinya versi gratis tidak dapat diunduh dari situs web pengembang. Kamu harus mengunduhnya dari situs Softpedia.

Mari kita lihat beberapa program software untuk memeriksa masa pakai SSD bawah ini.

Baca juga : Prinsip Kerja Cookie Computer dalam Pemasaran Afiliasi

Crystal Disk Info

Pertama, unduh dan instal Crystal Disk Info. Saat Anda menjalankan program, ini akan menampilkan status SSD saat ini. 

Jika program menandai 'kesehatan' Anda saat ini sebagai 'baik', tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika SSD mendukungnya, Anda juga dapat memeriksa status masa pakai SSD dan persentase jumlah data yang direkam sejauh ini. 

Dalam kasus saya, itu adalah 88%. Agak mengecewakan nilai life statenya turun di bawah 90%, tapi saya lega karena masih dalam kondisi baik di 88%.

cara-cek-kesehatan-hardisk-laptop

Open Hardware Monitor

Unduh Open Hardware Monitor (https://openhardwaremonitor.org/downloads/) dan kemudian unzip. Setelah itu, luncurkan program dan perluas dengan mengklik [+] item SSD dalam daftar. 

Jika Anda melihat bagian Remaining Life di bawah Levels, Anda dapat melihat berapa banyak sisa masa pakai SSD. 

Jika Anda melihat SSD pada tangkapan layar di bawah, masa pakainya ditampilkan pada 100%. SSD ini adalah produk yang baru saja saya beli.

SSDLife

Anda dapat membeli versi SSDLife Pro atau mengunduh versi gratis Softpedia untuk mencobanya. 

Versi pro tidak terlalu mahal, jadi jika Anda menyukai versi gratisnya, Anda mungkin ingin membeli versi pro. Unduh, instal, dan jalankan program. Ini memberikan indikasi yang mudah dipahami tentang status SSD

SSDLife

Angka % di bagian Kesehatan: menunjukkan status masa pakai SSD di % . Waktu kerja adalah waktu yang digunakan, dan pada bagian Throughput, kapasitas data yang dibaca (Data yang dibaca, GB) dan kapasitas data yang direkam (Data yang ditulis, GB) menurut tanggal juga ditampilkan. 

Menariknya lagi kalian bisa melihat berapa tahun lagi masa pakainya dengan memprediksi sisa umur berdasarkan informasi SSDLife ini.

Itulah penjabaran cara cek kesehatan hardisk untuk menghitung umur SSD yang mungkin kalian sedang bingung program apa yang sesuai dengan pengukuran SSD. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada rekan kalian yang membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Baca juga : Prinsip Kerja Cookie Computer dalam Pemasaran Afiliasi