Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

10 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Efektif Untuk Menarik Pelanggan

Jika Anda berkecimpung dalam bisnis kuliner, maka Anda perlu membangun suatu personal branding. Personal branding berguna untuk membangun strategi pemasaran produk yang efektif dalam penjualan makanan. 

10 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Efektif Untuk Menarik Pelanggan
Hal ini memiliki tujuan agar konsumen mengetahui siapa kalian sebenarnya. Strategi pemasaran itu sangat perlu dilakukan guna mencapai tujuan yang kalian inginkan. Yaitu penjualan yang lebih meningkat.

Untuk dapat menjalankan bisnis makanan dan minuman, kamu harus paham cara branding produk makanan agar cepat terkenal dimasyarakat.

Kompetisi yang cukup tinggi saat ini untuk wirausaha yaitu dengan adanya brand yang unik serta produk-produk yang sangat menarik perhatian. Untuk itulah wawasan, imajinasi dan membaca trend market wajib kalian kuasai agar bisa berkometisi dalam dunia bisnis kuliner saat ini.

Apakah Anda seorang koki atau mempekerjakan banyak koki, atau bahkan memulai toko roti Anda sendiri, Anda perlu tahu apa yang diinginkan pelanggan potensial Anda atau dengan kata lain, ciptakan keinginan untuk penawaran produk Anda.

Baca Juga:  Memahami Cara Membangun Personal Branding


Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif Untuk Bisnis 

01.  Brand Positioning Product

Jadi apa yang sebenarnya ditawarkan oleh outlet atau restoran Anda? Apakah Anda seorang toko roti atau bistro? Apakah Anda mengidentifikasi diri Anda dengan orang-orang di daerah Anda atau lebih tepatnya mereka mengidentifikasi dengan penawaran Anda.

Semisal jika kalian menjual produk kue brownies bakar di mana orang-orang menyukai kue brownies, Anda memiliki dua hal untuk dilakukan.

1.  Anda harus membuat orang sadar bahwa brownies bakar ulang tahun  juga enak

2. Tonjolkan brand kalian agar orang lain mengetahui bahwa produkmu sangat dibutuhkan.

Hal ini berguna untuk menempatkan diri dan produk kalian sebagai produsen brownies bakar yang menawarkan model brownies bakar ulang tahun yang banyak dibutuhkan bagi orang lain. 

Sebagai contoh IG dravana kitchen ini. Produk makanan yang dibutuhkan banyak orang untuk sekedar camilan maupun untuk acara tertentu.  
Oleh karena itu, Anda harus yakin tentang produk yang akan dibutuhkan oleh audiens target untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon konsumenmu.

02.  Kemasan Produk

Mari kita ikuti pepatah lama, “Sebuah buku dinilai dari sampulnya” dengan cara yang sama seperti sebuah produk dinilai dari kemasannya. Salah satu bahan terbesar yang berkonsentrasi pada profesional pemasaran adalah kemasan produk .

Ini tidak hanya mencakup kemasan literal atau harfiah saja. Tetapi juga dengan desain logo merek dan bagaimana disajikan di atas meja. Logo pada brand dapat memiliki dampak yang kuat pada konsumen Anda.

Produk yang ditawarkan dengan menampilkan logo merek yang menarik, akan mengingatkan orang untuk melihat  produk kalian setiap kali mereka melihatnya. Hal ini akan menarik seseorang menjadikan ketertarikan untuk membeli produk kalian.

03.  Buat Unique Selling Point (USP) 

Jika kalian ingin mendapatkan Investor, maka hal ini sangatlah penting dalam menyakinkan investor.
Potensi terbesar yang dilihat sebagian besar investor adalah USP atau Unique Selling Point, yang dapat berupa apa saja mulai dari membuat kue keju krim terbaik di kota hingga hanya menggunakan bahan organik atau vegan dalam menu untuk truk makanan Anda.
Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Efektif
Oleh karena itu, itu harus pamerkan desain yang unik dan menarik dalam kemasan produkmu. .
Yang membedakan bisnis atau bisnis Anda dari ribuan pesaing  adalah Unique Selling Proposition atau Unique Selling Proposition (USP). USP adalah cara untuk memilih  pelanggan potensial Anda dari persaingan bisnis. 

Mengapa? Karena jika semua perusahaan menawarkan produk yang sama, pembeli akan merasa kebingungan saat memilih produk. Dan akhirnya, pembeli harus membeli barang dari penjual yang mereka yakini akan membawa manfaat lebih dari penjual lain. 

USP sangat penting sekali dengan kemajuan teknologi saat ini. Mengapa? Karena pesaing bisnis Anda saat ini tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di seluruh dunia dengan kata lain, calon pelanggan Anda memiliki banyak pilihan. 

Sehingga, calon pelanggan Anda akan dengan mudah beralih pilihannya kepada penjual lain apabila penjual tidak memberikan manfaat atau keuntungan.

04.  Blogging

Strategi SEO Anda dimulai dengan blog online. Tempat terbaik untuk strategi pemasaran produk makanan adalah dengan memiliki blog sendiri di situs web Anda. Anda dapat mengintegrasikan ini dengan platform media sosial Anda yang lain juga seperti Facebook, Instagram dan Twitter sehingga setiap posting menjadi berlipat ganda dan menciptakan dampak yang baik.

Ini adalah saluran komunikasi terbaik Anda di mana Anda dapat membuat banyak pengikut untuk merek Anda.

Anda juga dapat mulai bermitra dengan blogger makanan profesional dan meminta mereka untuk mengulas atau menulis tentang bisnis Anda. Dengan cara ini Anda akhirnya menjangkau lebih banyak orang dan dapat menikmati kehadiran online yang lebih dominan.

05.  Pemasaran Email

Mulai program pemasaran email dan buat jadwal bulanan/tahunan agar postingan Anda relevan dan diberi jarak selama satu periode. E-mail cepat dan mudah dikirim, dan yang Anda butuhkan hanyalah daftar email calon pelanggan dan pelanggan saat ini.

Terus kirimkan surat tentang penawaran atau kompetisi produk baru Anda, acara menarik, kupon diskon untuk membuat pelanggan tetap terlibat.

06.  Pemasaran Media Sosial

Tahukah Anda seberapa besar dampak desain pada halaman twitter Anda dalam hal pemasaran online 
Perusahaan seperti Burger King atau PizzaHut terkenal saat ini karena sangat keren dan cocok dengan generasi saat ini karena mereka ada di semua platform media sosial.

Instagram adalah salah satu platform terbesar di mana bisnis Makanan & Minuman dapat berkembang melalui media sosial. 

07. Situs Website

Berbagai Manfaat dan Keuntungan memilik Website Untuk Strategi Pemasaran Produk Makanan :

  • Sebagai Sarana dan Media promosi 24 jam sehari 7 hari seminggu.
  • Produk / Bisnis dikenal secara luas diseluruh Indonesia, dunia dengan internet
  • Sarana Interaksi dengan calon pembeli dan Masukan dari pelanggan
  • Praktis dan Hemat Biaya
  • Biaya yang murah / terjangkau dibanding iklan offline
  • Media transaksi / pembelian dengan shopping cart

08. Berikan Penawaran dan Diskon yang menarik

Kalian bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui penawaran dan diskon berdasarkan momen tertentu.  Misalnya, kamu menawarkan ketika banyak orang yang sedang ulang tahun dengan Buy 1 Get 1 (beli 1 dapat 2).


09.  Bermitra Atau Berasosiasi Dengan Merek Lain

Merek seperti Pepsi dan Coca-Cola menawarkan peluang produk yang lebih dapat dipasarkan hanya dengan memastikan bahwa Anda menonjolkan produk mereka dalam kampanye pemasaran Anda.

Sebagai contoh : Domino's menawarkan penyajiannya dengan minuman Coca-Cola, fanta, pepsi. Afiliasi sepert ini selalu membuat konsumen lebih percaya diri untuk mencoba penawaran produk Anda.


10. Menciptakan  Kembali Gambar Anda

Sementara di beberapa perusahaan sangat sering mengubah logo mereka, kedai makanan dan minuman merasa mudah untuk memberikan produk mereka dengan nuansa segar hanya dengan mengubah skema warna perusahaan mereka.

Itulah informasi hal mengenai strategi pemasaran produk makanan untuk menarik pelanggan. Dengan mengkombinasikan suatu teknologi dan startegi bisnis yang kalian kuasai pastinya produktivitas bisnis bisa akan semakin maksimal. 

Baca juga: