Cara Membeli Hosting: Panduan Lengkap untuk Pemula

Panduan Lengkap Cara Membeli Hosting untuk Pemula
Cara Membeli Hosting

1. Apa itu Hosting?

Sebelum membahas cara membeli hosting, setiyan membagikan panduan dalam memahami apa itu hosting. Hosting adalah layanan penyediaan ruang di server untuk menyimpan file, data, atau informasi dari sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Secara sederhana, hosting adalah rumah atau tempat penyimpanan data dari sebuah website. Jika website adalah rumah, maka hosting adalah lahan atau tempat di mana rumah tersebut berdiri.

Hosting bertanggung jawab untuk menyediakan akses internet dan menjaga server berjalan dengan baik agar website dapat diakses oleh pengunjung. Tanpa adanya layanan hosting, website tidak dapat diakses secara online dan tidak bisa dikunjungi oleh pengguna internet. 

Selain itu, hosting juga memainkan peran penting dalam keamanan website, karena hosting yang handal dan aman dapat membantu melindungi website dari serangan hacker dan malware.

2. Mengapa Membeli Hosting?

  • Memiliki ruang penyimpanan

Dengan membeli hosting, Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan untuk menyimpan semua file dan data dari website Anda, seperti gambar, video, dan halaman web. Dengan memiliki ruang penyimpanan yang cukup, Anda dapat menampilkan konten yang lebih banyak dan lebih menarik di website Anda.

  • Meningkatkan kecepatan dan kinerja

Hosting yang baik dan handal dapat membantu meningkatkan kecepatan dan kinerja website Anda. Ini penting karena pengunjung biasanya tidak sabar menunggu lama saat website lambat atau tidak responsif. Jika website Anda terlalu lambat, pengunjung mungkin akan meninggalkannya dan mencari website yang lebih cepat dan responsif.

  • Memastikan keamanan website

Hosting yang handal dapat membantu memastikan keamanan website Anda. Ini dilakukan dengan memberikan perlindungan dari serangan hacker, malware, dan virus yang dapat merusak atau mencuri data dari website Anda. Hosting juga biasanya menyertakan fitur backup, sehingga jika terjadi kehilangan data, Anda dapat memulihkan website Anda dengan mudah.

Sebelum membahas cara membeli hosting, pertama-tama kita harus memahami apa itu hosting. Hosting adalah layanan penyediaan ruang di server untuk menyimpan file, data, atau informasi dari sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Secara sederhana, hosting adalah rumah atau tempat penyimpanan data dari sebuah website. Jika website adalah rumah, maka hosting adalah lahan atau tempat di mana rumah tersebut berdiri.

BACA JUGA : Cara Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia

Hosting bertanggung jawab untuk menyediakan akses internet dan menjaga server berjalan dengan baik agar website dapat diakses oleh pengunjung. Tanpa adanya layanan hosting, website tidak dapat diakses secara online dan tidak bisa dikunjungi oleh pengguna internet. 

Selain itu, hosting juga memainkan peran penting dalam keamanan website, karena hosting yang handal dan aman dapat membantu melindungi website dari serangan hacker dan malware.

Membeli hosting sangat penting jika Anda ingin memiliki website yang dapat diakses oleh pengguna internet. Berikut adalah beberapa alasan mengapa membeli hosting penting bagi website Anda:

  • Menyediakan alamat domain

Hosting biasanya juga menyertakan pilihan untuk membeli alamat domain, yang akan menjadi alamat website Anda di internet. Alamat domain adalah identitas unik dari website Anda di dunia maya, sehingga memiliki domain sendiri bisa membantu website Anda menjadi lebih mudah dikenal dan diingat oleh pengguna. 

Selain itu, memiliki domain sendiri dapat memberikan tampilan yang lebih profesional dan serius bagi website Anda, sehingga meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website Anda. Penyedia hosting biasanya menawarkan berbagai pilihan domain, termasuk yang berkaitan dengan topik website Anda, sehingga Anda dapat memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Memiliki domain sendiri juga memudahkan pengunjung untuk menemukan website Anda di mesin pencari, karena alamat domain biasanya termasuk dalam faktor penentu peringkat pencarian di Google dan mesin pencari lainnya. 

Oleh karena itu, membeli domain bersamaan dengan hosting dapat memberikan banyak manfaat untuk website Anda secara keseluruhan.

  • Dukungan teknis

Dalam membeli hosting, tidak hanya mendapatkan tempat untuk menyimpan website Anda di internet, tetapi Anda juga akan mendapatkan dukungan teknis dari penyedia hosting. 

Dukungan teknis ini dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah dan mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dengan website Anda. Ketika menghadapi kendala seperti downtime, kesalahan server, atau masalah lain yang muncul saat mengelola website, dukungan teknis yang baik sangat penting untuk membantu Anda mengatasinya dengan cepat dan efisien. 

Dengan adanya dukungan teknis, Anda tidak perlu khawatir dengan teknis yang rumit dan membuang waktu untuk mencari solusinya sendiri. 

Penyedia hosting yang baik biasanya menyediakan dukungan teknis 24/7 melalui berbagai saluran komunikasi, seperti email, telepon, atau chat, sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungi mereka kapan saja jika memerlukan bantuan. 

Dengan dukungan teknis yang baik, Anda dapat menghemat waktu dan menghindari kerugian yang disebabkan oleh masalah teknis yang terjadi pada website Anda.

  • Kemudahan upgrade atau downgrade sesuai kebutuhan

Salah satu keuntungan dari membeli hosting yang perlu diperhatikan adalah kemudahan dalam mengupgrade atau downgrade sesuai dengan kebutuhan website Anda. 

Dalam hal ini, fleksibilitas untuk meningkatkan atau menurunkan paket hosting dapat memengaruhi peringkat pencarian website Anda di mesin pencari, karena faktor-faktor seperti kapasitas penyimpanan dan bandwidth dapat memengaruhi kecepatan dan kinerja website. 

Dengan memastikan bahwa Anda memiliki fleksibilitas untuk mengubah paket hosting sesuai dengan kebutuhan website Anda, Anda dapat memastikan bahwa website Anda selalu berjalan dengan lancar dan memenuhi standar SEO yang diinginkan. 

Pastikan untuk memeriksa kebijakan upgrade atau downgrade penyedia hosting Anda untuk memastikan bahwa tidak ada biaya tersembunyi atau kehilangan data yang tidak diinginkan saat mengubah paket hosting Anda.

Jadi membeli hosting sebagai langkah penting dalam membangun dan menjalankan website. Dengan memiliki hosting yang handal dan berkualitas, Anda dapat memastikan website Anda dapat diakses dengan cepat dan aman oleh pengguna internet.

Membeli hosting sekarang menjadi lebih mudah dengan banyaknya pilihan penyedia hosting yang tersedia di pasar. Namun, sebelum membeli hosting, pastikan untuk memilih penyedia hosting yang dapat memenuhi kebutuhan website Custom atau Website Instant Anda. 

Dalam hal ini penyedia web hosting yang sangat rekomendate adalah niaga hosting

3. Langkah-Langkah Membeli Hosting

Berikut adalah langkah-langkah untuk membeli hosting:

1. Tentukan Jenis Hosting yang Anda Butuhkan

Sebelum membeli hosting, Anda perlu menentukan jenis hosting yang dibutuhkan. Beberapa jenis hosting yang tersedia adalah shared hosting, VPS hosting, dedicated hosting, dan cloud hosting. Shared hosting adalah pilihan terbaik untuk pemula, sedangkan VPS hosting atau dedicated hosting lebih cocok untuk situs web yang lebih besar dan kompleks.

2. Pilih Penyedia Hosting yang Terpercaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak penyedia hosting yang tersedia di pasaran, namun pastikan untuk memilih penyedia hosting yang terpercaya. Beberapa penyedia hosting terbaik yang dapat Anda pertimbangkan adalah:

# Hosting Lokal

Dewa Web

Dewa Web merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang berbasis di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2006, perusahaan ini telah melayani banyak klien dari berbagai kalangan, termasuk individu maupun perusahaan besar.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Dewa Web adalah layanan hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget klien. Mulai dari hosting shared untuk website kecil hingga hosting VPS untuk website yang lebih kompleks, Dewa Web memberikan solusi hosting yang tepat dan terjangkau untuk klien. 

Selain itu, Dewa Web juga menyediakan layanan domain yang memudahkan klien untuk mendaftarkan nama domain sesuai dengan merek atau nama perusahaan mereka.

Dengan dukungan teknologi terkini dan tenaga ahli yang berpengalaman, Dewa Web siap memberikan layanan terbaik dan membantu meningkatkan online presence klien di dunia digital. 

Dari individu hingga perusahaan besar, Dewa Web siap menjadi partner terpercaya dalam menghadirkan website yang handal dan memuaskan pelanggan.

Exabitye 

Exabitye adalah penyedia layanan hosting yang menyediakan berbagai pilihan paket hosting dengan fitur yang lengkap dan performa yang handal.

Exabitye menawarkan berbagai layanan hosting, mulai dari shared hosting, VPS hosting, hingga dedicated server hosting dengan harga yang terjangkau dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau situs web Anda. 

Sebagai penyedia hosting yang terpercaya, Exabitye juga menjamin keamanan data dan performa server yang stabil, sehingga situs web Anda dapat diakses dengan cepat dan aman.

# Hosting Internasional

Bluehost 

Bluehost adalah salah satu provider web hosting terkemuka yang telah beroperasi selama lebih dari 15 tahun. Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan hosting, termasuk shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting, serta banyak lagi.

Jika Anda sedang mencari provider web hosting yang andal dan memiliki reputasi yang baik, maka Bluehost adalah pilihan yang sangat bagus. Bluehost memiliki infrastruktur server yang canggih dan dapat diandalkan, yang memastikan situs web Anda tetap online dan tersedia untuk diakses oleh pengunjung kapan saja.

Selain itu, Bluehost juga menawarkan berbagai fitur hosting yang luar biasa. Anda dapat mengelola situs web Anda dengan mudah dan cepat melalui cPanel, dan memanfaatkan berbagai aplikasi populer seperti WordPress, Drupal, dan Joomla.

Paket shared hosting Bluehost juga sangat terjangkau, yang membuatnya cocok untuk para pemilik website yang baru memulai. Anda dapat memilih antara paket dasar, plus, atau choice plus, tergantung pada kebutuhan hosting Anda. Setiap paket hadir dengan fitur-fitur seperti SSL gratis, domain gratis, dan transfer data tak terbatas.

HostGator

HostGator adalah provider web hosting yang sangat populer dan andal. Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan hosting, termasuk shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting, serta berbagai layanan tambahan lainnya.

Salah satu alasan mengapa HostGator sangat populer adalah karena layanan hosting yang sangat terjangkau. Paket shared hosting HostGator mulai dari harga yang sangat terjangkau dan memberikan Anda akses ke fitur-fitur hosting yang luar biasa, seperti cPanel, instalasi aplikasi satu klik, dan SSL gratis.

HostGator juga menawarkan layanan VPS hosting dan dedicated hosting yang sangat kuat dan dapat diandalkan. Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan hosting Anda, dan memiliki akses penuh ke sumber daya server dan fitur-fitur canggih seperti kontrol penuh, pemulihan otomatis, dan banyak lagi.

SiteGround

SiteGround adalah salah satu provider web hosting terkemuka yang menawarkan layanan hosting yang sangat andal dan cepat. Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan hosting, termasuk shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting, serta berbagai layanan tambahan lainnya.

Salah satu alasan mengapa SiteGround sangat populer adalah karena layanan hosting yang sangat terjangkau. Paket shared hosting SiteGround menawarkan berbagai fitur luar biasa seperti SSL gratis, Cloudflare CDN, dan SSD storage, yang menjadikan situs web Anda lebih cepat dan aman. Selain itu, SiteGround juga menawarkan dukungan untuk banyak aplikasi populer seperti WordPress, Joomla, dan Drupal.

SiteGround juga menawarkan layanan VPS hosting dan dedicated hosting yang sangat kuat dan dapat diandalkan. Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan hosting Anda, dan memiliki akses penuh ke sumber daya server dan fitur-fitur canggih seperti kontrol penuh, pemulihan otomatis, dan banyak lagi.

Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai jenis layanan hosting dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Niagahoster juga menawarkan layanan pelanggan yang ramah dan responsif, serta fitur-fitur seperti SSL gratis, Cloudflare, dan cPanel.

Salah satu hal terpenting dalam memilih provider web hosting murah adalah uptime. Uptime mengacu pada waktu di mana website Anda dapat diakses oleh pengunjung. Semakin tinggi uptime, maka situs web Anda akan lebih baik dalam kinerja. Pastikan untuk memilih provider web hosting dengan uptime yang tinggi, karena downtime dapat mengakibatkan kehilangan pengunjung dan pelanggan.

DreamHost

DreamHost adalah salah satu provider web hosting yang terkenal di seluruh dunia, dengan fokus pada layanan hosting yang sangat andal, cepat, dan aman. DreamHost menawarkan berbagai paket hosting, termasuk shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting, serta berbagai layanan tambahan lainnya.

Salah satu hal yang paling menarik tentang DreamHost adalah kebijakan pengembalian dana 97 hari. Ini berarti bahwa Anda dapat mencoba layanan hosting DreamHost selama hampir tiga bulan dan jika tidak puas, Anda dapat meminta pengembalian dana penuh. Ini menunjukkan betapa percayanya DreamHost dengan layanan mereka, serta kesediaan mereka untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Selain itu, DreamHost menawarkan hosting yang sangat terjangkau, dengan banyak fitur gratis termasuk SSL gratis, domain gratis, dan penyebaran aplikasi satu klik. DreamHost juga menawarkan layanan dukungan pelanggan yang sangat baik, yang siap membantu Anda dengan semua pertanyaan seputar hosting melalui telepon, email, atau chat live.

3. Pilih Paket Hosting yang Sesuai

Setelah memilih penyedia web hosting yang tepat, langkah selanjutnya adalah memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Memilih paket hosting yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa website Anda dapat berjalan dengan lancar, aman, dan terhindar dari masalah teknis.

Paket hosting yang Anda pilih harus memiliki kapasitas penyimpanan yang mencukupi untuk semua file dan data yang Anda butuhkan, termasuk gambar, video, dan konten lainnya. Jika Anda memiliki website yang memerlukan banyak bandwidth, pastikan paket hosting yang Anda pilih juga menawarkan bandwidth yang memadai untuk mengakomodasi lalu lintas website Anda.

Selain itu, pastikan paket hosting yang Anda pilih juga menawarkan dukungan teknis yang baik. Hal ini sangat penting jika Anda memiliki masalah teknis atau membutuhkan bantuan dalam mengelola website Anda. Cobalah untuk memilih penyedia hosting yang menawarkan layanan dukungan pelanggan 24/7, termasuk dukungan telepon, email, dan chat live.

Perhatikan juga fitur tambahan yang ditawarkan dalam paket hosting, seperti SSL gratis, domain gratis, dan akses ke platform CMS populer seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Fitur-fitur ini dapat membantu meningkatkan kinerja dan keamanan website Anda, serta menghemat waktu dan biaya dalam membangun website.

4. Buat Akun dan Pilih Domain

Setelah memilih paket hosting yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat akun di situs penyedia hosting. Biasanya, Anda akan menerima email dari penyedia hosting yang berisi informasi tentang bagaimana cara membuat akun.

Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah memilih domain yang ingin Anda gunakan untuk situs web Anda. Anda dapat membeli domain baru atau menggunakan domain yang sudah Anda miliki.

Jika Anda memilih untuk membeli domain baru, penyedia hosting biasanya menawarkan layanan untuk membeli domain. Pastikan untuk memilih nama domain yang mudah diingat dan sesuai dengan konten dan tujuan situs web Anda.

Jika Anda sudah memiliki domain, Anda dapat mengaitkannya dengan akun hosting Anda. Caranya adalah dengan mengubah pengaturan DNS di akun domain Anda dan mengarahkannya ke server hosting Anda. Proses ini akan memerlukan sedikit penyesuaian, tergantung pada penyedia domain yang Anda gunakan.

5. Lakukan Pembayaran

Setelah Anda memilih paket hosting dan domain yang sesuai dengan kebutuhan Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Pastikan untuk memeriksa ulang detail pembayaran sebelum melakukan pembayaran untuk menghindari kesalahan.

Anda dapat melakukan pembayaran melalui berbagai metode pembayaran yang disediakan oleh penyedia hosting, seperti transfer bank, kartu kredit, PayPal, atau layanan pembayaran digital lainnya.

Setelah pembayaran Anda berhasil diproses, Anda akan menerima email konfirmasi dari penyedia hosting. Email tersebut akan berisi informasi tentang akun Anda, seperti login dan password, serta instruksi tentang cara memulai mengelola situs web Anda.

Pastikan untuk menyimpan email konfirmasi ini dengan baik karena akan menjadi bukti pembayaran Anda dan juga informasi penting tentang akun hosting Anda. Selain itu, pastikan juga untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan penyedia hosting yang Anda pilih.

Dengan melakukan pembayaran dan mendapatkan konfirmasi dari penyedia hosting, Anda siap untuk memulai membangun situs web Anda dan mengunggah konten Anda. Jangan lupa untuk mengelola situs web Anda secara teratur dan memperbarui konten Anda untuk menjaga situs web Anda tetap relevan dan up-to-date.

6. Instalasi Situs Web Anda

Untuk memudahkan proses instalasi, sebagian besar penyedia hosting menyediakan fitur installer seperti Softaculous atau Fantastico.

Installer tersebut memungkinkan Anda untuk menginstal berbagai jenis situs web dan aplikasi dengan mudah, seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan banyak lagi. Anda hanya perlu memilih aplikasi atau situs web yang ingin Anda instal dan mengikuti instruksi yang diberikan.

Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat memulai membangun situs web Anda. Pastikan untuk memahami fitur dan tata letak panel kontrol penyedia hosting Anda agar dapat mengelola situs web Anda dengan baik.

Selain itu, pastikan juga untuk mengatur konfigurasi situs web Anda dengan benar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pengaturan akun pengguna, konfigurasi email, dan mengoptimalkan keamanan situs web Anda.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari tim dukungan teknis penyedia hosting Anda jika Anda mengalami kesulitan dalam menginstal situs web Anda atau mengelola panel kontrol Anda. Mereka siap membantu Anda kapan saja untuk memastikan situs web Anda berjalan dengan lancar.

Joomla hosting indonesia

Joomla Hosting Indonesia merupakan layanan hosting yang menawarkan platform Joomla khusus bagi pengguna di Indonesia. Joomla sendiri merupakan CMS yang paling populer dan digunakan di seluruh dunia. 

Dengan menggunakan Joomla Hosting Indonesia, pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur Joomla secara optimal, seperti desain website yang fleksibel dan mudah digunakan, manajemen konten yang efisien, serta kemampuan untuk membangun situs web yang kompleks.

Tidak hanya itu, Joomla Hosting Indonesia juga menyediakan berbagai keuntungan untuk pengguna di Indonesia, seperti server yang dihosting di Indonesia untuk memastikan kecepatan akses yang lebih cepat, dukungan teknis yang responsif dan tersedia dalam bahasa Indonesia, serta harga yang terjangkau dan paket hosting yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

Oleh karena itu, Joomla Hosting Indonesia sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin membangun website berkualitas dengan mudah dan efisien.

Kesimpulan

Membeli hosting adalah langkah penting dalam membangun situs web. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membeli hosting dengan mudah dan cepat. 

Pastikan Anda memilih penyedia hosting yang terpercaya dan paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memulai petualangan Anda dalam membangun situs web!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url