Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Jitu memilih web hosting terbaik sebelum membeli

Kriteria dalam memilih web hosting terbaik seringkali digunakan oleh orang yang sudah mengerti bagaimana performa penyedia layanannya memberikan service layanan yang memuaskan. Tetapi bagi pemula yang ingin membeli hosting di indonesia akan sedikit kendala dalam memilih.

Jitu memilih web hosting terbaik sebelum membeli

Bagi yang sudah memahami tentang web server terbaik tentu tidaklah sulit dalam rencana penggunaannya membangun situs. 

Tetapi bagi pemula : kriteria dalam memilih web hosting terbaik sebelum dibeli, alangkah baiknya kalian mencari informasi tentang tips memilih hosting dan testimoni dari pengguna hosting yang disediakan dari penyedia layanan hosting di Indonesia. 

Pada pencarian mesin pencari google kalian tinggal mengetikan dengan keyword "tips memilih hosting". Disitu banyak sekali ulasan informasi dalam memilih hosting di Indonesia. 

Apa itu Hosting?

Hosting atau layanan hos web adalah kantor jasa layanan internet yang menyediakan tempat sumber daya untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Ada beberapa kriteria dalam memilih hosting web dari kantor provider penyedia, jangan asal memilihnya untuk kebutuhan yang mendesak. 6 kriteria yang SETIYAN bagikan kepada kalian agar  bisa mendapatkan hosting web terbaik.

Layanan Web hosting apa yang bagus?

Dibawah ini merupakan layanan Web hosting terbaik Indonesia yang menyediakan jasa layanan profeional :

  • Exabytes – Web server terbaik Cocok untuk bisnis atau toko online.
  • Dewaweb – Hosting WordPress premium terbaik.
  • Niagahoster – Web hosting Indonesia terbaik.
  • Hostinger ID – Web hosting termurah yang terbaik.
  • Rumahweb – Bagus untuk hosting WordPress.
  • Exabytes – Cocok untuk bisnis atau toko online.
  • IDwebhost – Cocok untuk situs web bisnis kecil.

Kemudian apa yang harus diperhatikan sebelum memilih web hosting?

Kriteia Memilih web Hosting Terbaik Sebelum Membeli

  • Pertama: Anda harus memilih hosting yang tepat untuk kebutuhan yang Anda gunakan.

Seringkali kita ingin memiliki yang terbaik, dan dengan hosting juga, pasti semua orang ingin memiliki hosting yang bagus, kuat, berkecepatan tinggi… tetapi jika tidak menghabiskan resource, itu masalah, boros dan sangat mahal, karena semakin baik kualitasnya, semakin tinggi harganya.

Jadi ketika memutuskan untuk membeli hosting sendiri, Anda harus memperhatikan bagaimana situs web Anda dibangun, dan sistem data serta ukuran situs webnya. Dari situ, kita bisa memilih webhosting yang cocok

Situs web yang lambat akan menyulitkan pengunjung untuk mengakses dikarenakan lamatnya hosting terebut dikarenakan memory suitable website kecil, sehingga pengoperasian situs web yang tidak efisien.

  • Kedua: Perhatikan parameter hosting yang Anda gunakan.

Parameter pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah domain yang bisa kita gunakan, diikuti dengan jumlah maksimum Database hosting, Storage atau kapasitas penyimpanan, bandwidth dan parameter lainnya seperti Email, akun FTP

Jika Anda melihatnya di status "Unlimited", itu parameter yang sangat bagus. Tetapi untuk memiliki kriteria baik dan murah, sebaiknya pilih paket hosting dari penyedia layanan yang menawarkan parameter yang memenuhi kebutuhan yang cukup dalam situs web.

Untuk menghindari situasi bandwidth yang dikonsumsi dalam waktu kurang dari sebulan, Anda perlu menghitung dan menguasai perkembangan website. Anda harus memperhatikan korelasi antara traffic atau pengunjung website dengan bandwidth bulanan dari layanan hosting.

Dengan Shared Hosting Anda hanya dapat menggunakan sumber daya server yang terbatas sesuai dengan kriteria RAM dan CPU yang ditentukan oleh penyedia layanan, jadi bagaimanapun juga, unlimited sebenarnya hanya sebuah batasan. 

Oleh karena itu, harus berhati-hati hendaklah baca peraturan yang ditawarkan penyedia hosting, melihat parameter apa yang dibatasi dan tidak dibatasi, dan berapa harganya sebelum memutuskan untuk membeli.

Terakhir, satu hal lagi yang juga perlu diketahui adalah perangkat lunak manajemen seperti apa yang akan kalian beli. 

Saat ini yang paling populer dan mudah digunakan adalah Direct Admin atau cPanel, namun hal ini tidak terlalu penting karena sekarang semua penyedia hosting mendukung kedua jenis tersebut. Dengan Control Panel, maka website menjadi mudah untuk dikelola..

Faktor lain yang juga harus Anda perhatikan adalah apakah hosting mendukung instalasi otomatis dari platform CMS (yaitu open source) untuk memudahkan instalasinya. 

Contoh CMS yang populer saat ini adalah WordPress. Cms wordpress akan menghemat waktu dan tenaga saat mengembangkan situs web baru, karena memiliki instalasi pembuatan website otomatis.

Menghemat waktu dan tenaga adalah menghemat uang untuk Anda.

  • Ketiga: Kualitas dukungan pelanggan

Dukungan merupakan bagian integral dari penyedia layanan hosting. Karena hosting tidak dapat gagal untuk menghadapi beberapa masalah selama operasi.

Dengan penyedia layanan yang baik, departemen pendukung adalah kriteria evaluasi teratas dan paling jelas. 

Jangan memilih provider yang customer support servicenya terlalu lambat dan tidak fleksibel, seperti lambat dalam merespon email, tidak support Livechat, tidak antusias dalam proses troubleshooting support, atau technical troubleshooting. 

Terutama segera menghilangkan pemasok yang selalu menjadwal ulang waktu pemecahan masalah tanpa memberikan alasan dan solusi yang jelas.

Sebagai penyedia hosting yang bereputasi baik, dukungan pelanggan mereka tentu saja akan sangat baik, sikap staf dukungan teknis sangat ramah dan tindakan pemecahan masalah mereka selalu dilakukan dengan cepat dan tepat waktu.

  • Keempat: Dukungan backup hosting.

Backup data merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan secara rutin. Ini meminimalkan kemungkinan kehilangan data yang menyebabkan konsekuensi yang tidak terduga.

Tetapi jika Anda berpikir bahwa hosting yang Anda miliki adalah yang terbaik atau bahwa situs web Anda benar-benar aman dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, itu adalah kesalahpahaman yang serius.

Sebagus apapun sebuah hosting, sesempurna apapun layanan dari provider, kecelakaan tetap saja bisa terjadi, sebaiknya anda tidak mempercayakan seluruh website anda kepada provider hosting karena itu adalah aset finansial anda, jadi ini harus dilakukan oleh Anda, tidak ada orang lain, dan yang pertama kalah ketika terjadi kesalahan (terutama terjadi kegagalan data) tidak lain adalah Anda.

Memahami pentingnya backup data, sebagian besar penyedia layanan hosting selalu mendukung ini dengan baik dalam perangkat lunak manajemen hosting mereka, backup dapat dikonfigurasi untuk diproses secara otomatis atau manual. Dan waktu backup terbaik adalah 1 sampai 2 kali/minggu.

  • Kelima: Kecepatan dan stabilitas hosting

Sebuah website yang baik biasanya memiliki kecepatan memuat halaman yang sangat cepat dan hal ini sangat ditentukan oleh kualitas hosting yang disediakan, jumlah shared hosting yang ditempatkan pada server fisik dari penyedia layanan server Indonesia.

Saat ini, penyedia server Indonesia banyak yang menggunakan teknologi cloud hosting atau hosting SSD (digunakan untuk menyimpan data) secara aman guna meningkatkan kecepatan hosting serta kecepatan situs web.

Selain itu, lokasi Datacenter juga sangat penting, semakin dekat lokasi dengan pelanggan yang mengakses website Anda, semakin baik. Selain itu, Anda perlu mengoptimalkan metode ngebut yang komprehensif untuk situs web Anda.

  • Terakhir: Kualitas Waktu Aktif Server

Uptime adalah waktu server bekerja terus menerus, tanpa “downtime”. Penyedia layanan hosting utama di dunia semuanya memiliki waktu aktif 99% hingga 100% termasuk server Indonesia.

Ringkasan

Untuk mendapatkan hosting yang baik untuk membangun situs web, kamu perlu mengetahui beberapa faktor spesifik dari setiap penyedia hosting, terutama penyedia hosting yang kalian pilih. 

Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari dan membandingkan sesuai dengan kriteria sendiri atau sesuai dengan 6 kriteria di atas yang telah SETIYAN sarankan untuk memilih web hosting terbaik untuk situs webmu.