Manfaat dan Cara Membuat Template Lamaran Kerja Word Gratis

Download Template Lamaran Kerja Word

Manfaat template lamaran kerja

Template lamaran kerja adalah struktur yang dapat digunakan sebagai panduan dalam membuat dokumen lamaran kerja. 

Template ini dapat membantu kalian membuat lamaran kerja yang terstruktur dan terorganisir dengan baik, sehingga mudah dibaca dan dipahami oleh pihak yang akan menerima lamaran kerja tersebut.

Ada beberapa manfaat yang dapat kalian peroleh dengan menggunakan template lamaran kerja, di antaranya adalah:

Memudahkan pengisian dokumen: Template lamaran kerja sudah terstruktur dengan baik, sehingga kalian tidak perlu repot-repot mencari tahu bagaimana cara membuat dokumen lamaran kerja yang benar. 

Cukup ikuti petunjuk yang ada di dalam template tersebut, dan kalian sudah dapat membuat dokumen lamaran kerja yang terorganisir dengan baik.

Menyederhanakan proses pembuatan lamaran kerja: Dengan menggunakan template, kalian tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk membuat dokumen lamaran kerja dari awal. 

Cukup isi data yang diperlukan di dalam template tersebut, dan kalian sudah dapat menyelesaikan proses pembuatan lamaran kerja dengan cepat dan efisien.

Mempercepat proses seleksi: Pihak yang menerima lamaran kerja akan lebih mudah membaca dan memahami dokumen lamaran kerja yang terstruktur dengan baik. Sehingga, proses seleksi bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.

Menambah profesionalisme: Dokumen lamaran kerja yang terstruktur dan terorganisir dengan baik akan memberikan kesan profesional pada pihak yang menerima lamaran kerja. Sehingga, peluang kalian untuk diterima bekerja akan semakin besar.

Tempat Unduh Template Lamaran Kerja word

Untuk mengunduh template lamaran kerja dalam format Word, kalian bisa mencari di internet dengan kata kunci "template lamaran kerja Word" atau "template CV Word". Beberapa situs yang menyediakan template lamaran kerja dalam format Word adalah:

Microsoft Office Templates

  1. Hloom
  2. Zety
  3. Resume Genius
  4. NovoResume

Kalian juga bisa download surat lamaran kerja dari situs-situs tersebut dengan cara mengklik tombol "Download" yang tersedia, lalu menyimpan file tersebut ke dalam komputer kalian. 

Setelah itu, kalian bisa membuka file surat lamaran kerja tersebut menggunakan aplikasi Ms Word dan mulai mengisi data diri dan riwayat pekerjaan kalian sesuai dengan instruksi yang terdapat pada template tersebut.

Cara Membuat Template Lamaran Kerja Word

Untuk membuat template lamaran kerja dalam format Word, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Word di komputer kalian.
  2. Klik tombol "File" di bagian atas kiri layar, lalu pilih "New" (file surat lamaran kerja baru)
  3. Cari dan pilih template lamaran kerja yang sesuai dengan keinginan kalian, atau buat template sendiri dengan menggunakan format yang telah ada.
  4. Buat konten yang akan kalian masukkan ke dalam template, seperti biodata, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja.
  5. Buat heading dan subheading sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Gunakan font yang tepat sesuai dengan tema yang diinginkan, misalnya Arial, Calibri, atau Times New Roman.
  7. Tentukan ukuran font yang tepat, seperti 12, 14, atau 16.
  8. Tentukan warna font yang tepat, seperti hitam, biru, atau merah.
  9. Atur margins sesuai dengan yang diinginkan, misalnya 1 inci di setiap sisi.

Jangan lupa untuk menyimpan template surat lamaran kerja word yang telah kalian buat dengan cara mengklik tombol "File" di bagian atas kiri layar, lalu pilih "Save As" (Simpan Sebagai).

BACA JUGA :  Cara Menggunakan E-Boarding Pass Kereta Api

Bagaimana format surat lamaran yang baik

Sebelum mengetahui bagaimana membuat surat lamaran yang baik, kamu wajib mengetahui dulu pengertian surat lamaran. 

Surat lamaran adalah sebuah surat pengantar yang melekat pada, atau yang menyertai dokumen lain seperti resume atau curriculum vitae. (sumber : wikipedia).

Untuk membuat surat lamaran kerja word yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca.
  2. Pastikan surat lamaran kalian terstruktur dengan baik. Hal ini termasuk memiliki judul yang jelas, alamat pengirim dan penerima yang tepat, dan penomoran halaman.
  3. Tuliskan subjek surat yang jelas, seperti "Surat Lamaran untuk Posisi X di Perusahaan Y".
  4. Jelaskan mengapa kalian tertarik pada posisi tersebut dan bagaimana kalian sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.
  5. Sertakan resume atau daftar riwayat hidup kalian yang terperinci.
  6. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi kontak kalian, seperti nomor telepon dan alamat email.
  7. Tutup surat dengan menuliskan "Hormat saya," atau "Saya yang mengharapkan," diikuti dengan tanda tangan kalian.

Contoh surat lamaran kerja word

Dibawah ini merupakan contoh format surat lamaran kerja word yang bisa kalian gunakan untuk melamar pekerjaan.


[Tanggal]


Kepada Yth,

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]


Dengan hormat,


Saya, [Nama kalian], mengajukan lamaran untuk posisi [Nama Posisi] di perusahaan kalian. Menurut informasi yang saya terima, perusahaan kalian sedang mencari kandidat yang memiliki [Kualifikasi yang Dibutuhkan].

Saya merasa bahwa saya cocok dengan kualifikasi tersebut karena [Alasan Mengapa kalian Cocok dengan Kualifikasi yang Dibutuhkan]. Sebagai contoh, [Contoh Bagaimana kalian Memenuhi Kualifikasi yang Dibutuhkan].

Saya juga telah menyertakan resume atau daftar riwayat hidup saya di bawah ini. Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman saya akan membantu saya untuk sukses dalam posisi ini.

Terima kasih atas perhatian kalian. Saya mengharapkan dapat membahas lebih lanjut tentang peluang kerja ini dengan kalian.


Hormat saya,

[Tanda Tangan]

[Nama kalian]


[Informasi Kontak]


BACA JUGA :  Tips Bagaimana Caranya Menghemat Listrik Token Yang Benar Setiap Bulan

Berapa ukuran Word Untuk lamaran kerja?

Ukuran file Word untuk lamaran kerja tidak ada standar pasti, tergantung pada jenis pekerjaan yang dilamar dan jumlah informasi yang ingin kalian sampaikan dalam lamaran kerja tersebut. 

Namun, sebagai pedoman umum, ukuran file Word yang terlalu besar bisa menjadi masalah bagi pihak yang menerima lamaran kerja tersebut, terutama jika mereka harus mengirimkannya melalui email atau mengunduhnya dari situs web. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mencoba membatasi ukuran file Word lamaran kerja kalian sebanyak mungkin, misalnya dengan menghapus gambar atau tabel yang tidak perlu atau dengan mengurangi jumlah halaman yang tidak perlu. 

Sebagai panduan, ukuran file Word yang masuk akal untuk lamaran kerja adalah sekitar 1-2 MB. Namun, jika kalian memiliki banyak informasi yang ingin disampaikan, kalian mungkin perlu mengizinkan ukuran file yang lebih besar. 

Penting untuk diingat bahwa download lamaran kerja word ukuran besar akan menyulitkan pihak penerima atau perusahaan. Oleh karena itu buatlah kalimat untuk menyederhanakan informasi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan.

Apa Perbedaan CV dan daftar riwayat hidup?

CV (Curriculum Vitae) dan daftar riwayat hidup (biasa disingkat dengan "DRH") merupakan dua jenis dokumen yang digunakan untuk menggambarkan latar belakang dan pengalaman kerja seseorang.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, ada beberapa perbedaan yang cukup penting antara keduanya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara CV dan daftar riwayat hidup:

1. Panjang dan detail: CV biasanya lebih panjang daripada daftar riwayat hidup, karena mencakup informasi yang lebih detail tentang latar belakang dan pengalaman kerja seseorang. 

Daftar riwayat hidup, di sisi lain, lebih singkat dan fokus pada informasi yang lebih umum tentang latar belakang dan pengalaman kerja seseorang.

2. Struktur: CV biasanya dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, seperti informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan pengalaman volunteering, sementara daftar riwayat hidup biasanya tidak terstruktur dengan baik.

3. Penggunaan: CV lebih umum digunakan dalam dunia akademis atau penelitian, sementara daftar riwayat hidup lebih umum digunakan dalam dunia kerja. Namun, keduanya dapat digunakan dalam berbagai situasi, tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi seseorang.

Jadi, dalam rangka mempersiapkan lamaran kerja, sangat penting untuk memahami perbedaan antara CV dan daftar riwayat hidup dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu.

Sekian cara membuat template lamaran kerja dengan format surat word. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA :  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url