Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

√ 20 Tips Bagaimana Caranya Menghemat Listrik Token Yang Benar Setiap Bulan

cara-menghemat-listrik-di-rumah

Listrik saat ini telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Apalagi dengan teknologi yang semakin maju, banyak peralatan rumah tangga yang menggunakan tenaga listrik.

Menggunakan listrik secara ekonomis adalah tindakan positif untuk melindungi lingkungan, mencegah pemanasan global, dan mencegah pemborosan biaya besar.

Meski pengisian daya listrik kini dapat dilakukan dengan menggunakan token, namun penggunaan listrik diperlukan agar setiap bulan tidak bertambah.

Menggunakan listrik secara ekonomis adalah tindakan positif untuk melindungi lingkungan, pemanasan global, dan mencegah pemborosan biaya besar. Berikut adalah 3 kelompok metode untuk menghemat sumber energi secara efektif!

Mengapa hemat energi listrik?

Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan tentang penghematan listrik. Menghemat listrik membantu menghemat sumber daya air, hutan, dan melindungi lingkungan. 

Bagaimana Caranya Menghemat Listrik yang efektif Setiap Bulan

1. Ganti bola lampu dengan lampu pijar

Lampu pijar neon adalah perangkat hemat energi terkemuka. Karena mengkonsumsi daya lebih sedikit daripada lampu lainnya. Umur bohlam jenis ini juga 15 kali lebih lama dari bohlam konvensional.

2. Tutup pintu saat menggunakan AC

Bukaan pintu, meskipun sangat kecil, masih menyebabkan kalian mengkonsumsi daya yang besar. Oleh karena itu, perhatikan untuk menutup pintu kamar saat menyalakan AC.

3. Bersihkan peralatan listrik secara teratur

Menjadi kotor menyebabkan peralatan listrik meningkat kapasitasnya untuk memastikan operasi, yang membuang-buang listrik.

4. Cabut peralatan elektronik dari colokan saat tidak digunakan

Kabel, pengisi daya, atau televisi dalam mode tidur semuanya mengonsumsi daya dalam jumlah tertentu. Jika tidak di pakai, cabut dan matikan semua peralatan listrik.

5. Matikan peralatan listrik saat keluar

Salah satu cara paling sederhana agar hemat listrik yang juga bisa dilakukan anak-anak adalah dengan mematikan semua peralatan listrik saat meningglkan rumah.

6. Gunakan lampu peredup cahaya di kamar tidur

Kamar tidur adalah tempat ideal menyesuaikan kecerahan dengan paling fleksibel. Kalian bisa menggunakan pengatur cahaya untuk mengurangi konsumsi daya dan mempercantik kamar tidur.

7. Pasang sakelar listrik pintar

Ini adalah perangkat pintar yang terhubung ke smartphone melalui wifi, membantu untuk menghidupkan dan mematikan peralatan listrik di rumah tanpa harus mendekatinya. Dengan perangkat ini, kalian tidak perlu lagi khawatir saat keluar rumah dan lupa mematikan lampu.

8. Gunakan peralatan dengan teknologi hemat daya inverter

Carilah produk dari merek yang tersertifikasi sebagai perangkat hemat energi (teknologi Inverter). Ini akan sangat membantu dalam menghemat listrik bulanan. Karena itu, ketika memilih untuk membeli oven microwave, mesin cuci, dll., kalian harus memperhatikan dalam memilih produk yang berlabel teknologi inverter.

9. Manfaatkan cahaya dan angin dari lingkungan alami 

Pada siang hari, buka semua jendela dan pintu. Cahaya dari matahari akan membantu menghemat banyak listrik dan juga membuat ruang hidup lebih hangat.

10. Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Banyak dari kalian yang masih beranggapan bahwa menyetel timer untuk AC agar otomatis hidup dan mati di siang hari adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi listrik. Namun, dalam hai ini salah karena AC akan mengkonsumsi lebih banyak listrik karena restart terus-menerus.

11. Ganti AC dengan kipas langit-langit

Tahukah kalian bahwa kipas angin plafon mampu mendinginkan udara dan suhu tubuh, namun hanya menggunakan 10% listrik dibandingkan AC. Jadi, cara lain untuk menghemat listrik dapat menggunakan kipas angin untuk pendinginan daripada menggunakan 100% AC.

12. Gunakan lampu LED hemat energi

Lampu LED memiliki kemampuan untuk menghemat energi sekitar 75% dan bertahan berkali-kali lebih lama dari lampu pijar konvensional. Oleh karena itu, sebaiknya mengganti semua bola lampu di rumah dengan lampu LED untuk menghemat listrik.

Secara khusus, kamar mandi dan toilet adalah tempat yang jarang digunakan, sehingga kalian dapat mengganti lampu pijar dengan lampu LED dengan daya rendah 5W untuk penerangan.

13. Matikan TV jika tidak digunakan

Banyak orang yang memiliki kebiasaan tidak mencabut kabel listrik setelah menonton TV dan berpikir tidak akan mengkonsumsi listrik jika tidak di pakai. Tapi bukan itu, TV dalam mode standby masih kodisi menyedot listrik!

Kamu hanya perlu mencabut steker TV saat tidak di pakai, dan bisa sedikit mengurangi beban listrik rumah.

14. Penghemataan daya komputer

Mirip dengan TV, ketika laptop atau komputer dalam mode tidur, itu akan tetap berjalan di bawah tanah agar perangkat tetap berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, sebaiknya matikan komputer jika tidak di pakai dalam waktu lama!

Selain itu, kalian juga mempertimbangkan secara teratur cara membersihkan laptop dan perangkat elektronik lainnya secara teratur untuk membantu meningkatkan umur mesin dan memastikan sistem berjalan dengan baik tanpa baterai.

15. Mengurangi konsumsi daya dari kompor listrik

Jika keluarga menggunakan kompor listrik untuk memasak, kalian dapat mematikan kompor beberapa menit lebih awal untuk membatasi konsumsi energi tanpa mempengaruhi kualitas makanan. 

Karena jumlah panas yang tersisa di atas kompor cukup untuk memasak makanan dalam beberapa menit.

Selain itu, lakukan metode pembersihan kompor inframerah, induksi atau listrik untuk meningkatkan efisiensi memasak dan mengurangi konsumsi daya.

16. Bagaimana cara menghemat listrik untuk penanak nasi?

Penanak nasi juga merupakan perangkat yang mengkonsumsi listrik yang tidak sedikit. Fakta bahwa kalian memasak nasi terlalu cepat dan kemudian mempertahankan mode pemanasan ulang untuk waktu yang lama meningkatkan konsumsi listrik. 

Sebaiknya, kalian hanya memasak nasi sekitar 30-45 menit sebelum makan dan setelah nasi matang, segera matikan listriknya!

17. Cara mengurangi konsumsi listrik untuk mesin cuci

Jika tidak diperlukan, kalian hanya perlu menyesuaikan mode pencucian dalam bentuk air dingin daripada air panas untuk membatasi jumlah listrik yang dikonsumsi saat membuat air panas selama cucian. 

Udara alami akan membantu rumah kalian menjadi lebih sejuk dan sejuk, menghilangkan bau ruangan dan mengusir bau tak sedap di dalam ruangan.

18. Konsumsi Daya Besi (Besi)

Hindari menyetrika saat pakaian masih basah. Alat ini tidak boleh digunakan di ruangan yang menggunakan AC. 

Atau, bila kalian hanya memiliki satu atau dua pakaian yang belum disetrika, kalian dapat mencabut stekernya. Panas sisa pada setrika masih bisa membantu kalian meratakan baju.

19. Cara menghemat listrik di lemari es

Sebelum membeli lemari es pastikan memilih kulkas dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Setara dengan kulkas kecil untuk keluarga 2-3 orang, kulkas besar untuk keluarga 4-5 anggota. 

Jangan memasukkan makanan panas ke dalam lemari es karena sama-sama mengkonsumsi listrik dan cepat merusak lemari es. 

Gunakan wadah makanan plastik atau wadah stainless steel untuk mendinginkan makanan lebih cepat. Pada saat yang sama, batasi membuka lemari es berkali-kali jika tidak benar-benar diperlukan.

20. Mengubah kebiasaan menggunakan peralatan listrik dalam keluarga

Disadari atau tidak, mungkin kita sering menghambur-hamburkan listrik. Ketika menonton televisi dan tertidur, misalnya, atau ketika Anda lupa mematikan lampu di kamar kecil.

Mulailah membiasakan diri berhemat dengan menghindari penggunaan listrik saat tidak melakukan aktifitas yang menghabiskan banyak daya energi.

Tagihan listrik bulanan keluarga akan berkurang secara signifikan jika kamu menggunakan peralatan listrik di rumah Anda dengan benar.

Ini adalah langkah-langkah bagaimana cara menghemat listrik yang benar dan yakinlah tagihan listrik bulanan kalian akan berkurang signifikan. Jangan lupa untuk mengikuti kami untuk tips - tips lainnya

 disini.

Posting Komentar untuk "√ 20 Tips Bagaimana Caranya Menghemat Listrik Token Yang Benar Setiap Bulan"