Cara Buat Website Sendiri yang Profesional bagi Pemula

Kebutuhan dan langkah mudah cara buat website sendiri terkadang membingungkan bagi pemula. Kebingungan yang mendasar adalah kriteria elemen yang di butugkan terkadang menjadi hambatannya.

Konsep Cara Untuk Membuat Website Sendiri yang Profesional bagi Pemula
Ketika tujuan ingin bikin website sendiri gratis akan terkendala beberapa elemennya, dan apa saja sih yang dibutuhkan ketika akan membuat suatu web itu?

Bagi pemula yang ingin belajar buat website sendiri sebagai dasar yang perlu dipahami adalah : 

  1. Design
  2. Kecepatan
  3. Memiliki tombol
  4. Teknik SEO
  5. Pengelolaan mudah
  6. Keamanan
  7. Konten Berkualitas
  8. Website aktif 24jam

Bagaimana cara buat website sendiri yang profesional

Sebelum melanjutkan membaca, pahami dahulu tentang hal dibawah ini !
  • Apa itu website profesional? 
  • Konsep dasar cara buat website sendiri untuk menghasilkan uang
  • Apa saja yang dibutuhkan dari situs web profesional secara umum?
  • Bagaimana langkah awal belajar buat website sendiri?
  • Elemen dan teknik apa saja yang diperlukan untuk membuat web sendiri? 

Pada artikel setiyan ini akan dibahas apa saja yang dibutuhkan untuk membangun situs atau konsep cara buat website sendiri yang profesional untuk pemula?

Yuk simak penjabarannya dibawah ini! 

Apa itu website profesional?

Website yang didesain cantik, standar, berkualitas, bekerja efektif dan membawa banyak manfaat bagi pemiliknya, efektif mendukung bisnis dalam proses berbisnis online.

Konsep dasar cara buat website sendiri

1. Website harus memiliki desain yang eye-catching

Seperti halnya toko, bisnis, dekorasi fasad, area resepsionis sangat penting karena merupakan kesan pertama pelanggan ketika mengunjungi sebuah toko atau bisnis.

Pelanggan akan menilai profesionalisme bisnis atau toko ritel melalui kesan pertama tersebut. Desain situs web yang menarik harus memiliki tampilan halaman depan (home) dan tata letak yang menarik.

Halaman awal (home) dari situs dirancang dengan sempurna bertujuan untuk menapilkan profesional dalam pengerjaan dan bisnis itu sendiri.

Web tersebut harus memiliki tata letak yang menyajikan konten dan menu informasi yang jelas sesuai dengan kebutuhan pengguna yang ingin mengujunginya.

Pada umunya informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung terkait tentang produk, layanan, dan pengenalan bisnis harus lengkap dan terperinci, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengetahui informasi yang kalian tawarkan. 

2. Kecepatan website ketika di akses

Memilih tema atau template untuk situs jangan sembarangan . Pilihlah tema yang memang memiliki performa dan kecepatan yang baik. Oleh karena itu pengguna akan dengan mudah mencari situs lainnya untuk mendapatkan informasi ataupun ingin mencari barang yang diinginkan. 

score website


3. Memiliki tombol untuk berinteraksi

Ketika pengunjung tertarik dengan produk atau layanan websitemu, kalian perlu memiliki alat untuk membantu mereka berinteraksi dengan mudah dengan tombol Chattingtombol pembelian, tombol Check Out dan kontak yang menonjol dan mudah ditemukan di situs web. 

Selain itu, letakkan tautan di semua halaman agar pelanggan Anda dapat dengan mudah kembali ke beranda. Pastikan situs web kalian mudah dinavigasi oleh pengunjung.

4. Website dioptimalkan dengan teknik SEO

Desain website yang profesional tidak hanya tercermin dari tampilan luarnya saja, tetapi juga harus ditunjukkan melalui kualitas di dalamnya.

Website perlu dioptimalkan selain akses cepat website perlu melakukan optimasi SEO On Page dan optimasi SEO Off Page yaitu dengan pengoptimalan keyword, link atau tautan, gambar serta halaman pembuatan konten dengan teknik artikel seo.

Manfaat seo sangat diperlukan sekali dalam membangun suatu website toko online ataupun blog.

Penerapan Search Engine Optimization bertujuan untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian search engine google. Tanpa konsep itu jangan harap peringkat situs kalian akan menjeng di peringkat pertama pada halaman google.

5. Website harus mudah dikelola

Agar sebuah website berada di urutan teratas google, prasyaratnya adalah website haruslah dirawat secara teratur yaitu dengan update posting artikel dan produk. Halaman admin harus dibuat seramah mungkin dan mudah digunakan untuk dikerjakan. Tata kelola menjadi lebih baik.

Untuk desain website penjualan, website komersial, pemilik website harus dengan mudah mengupdate konten produk. promosi serta instruksi pembelian, pembayaran dengan cara yang paling simpel untuk pengunjung.

Sedangkan untuk situs web bisnis, diperlukan halaman yang ramah untuk membantu mengonversi pengelola situs agar pengelolaan situs selalu membuat konten yang perlu ditampilkan.

6. Website harus aman

Ketika sebuah web memiliki kerentanan atau tidak aman, maka penjahat dunia maya dapat dengan mudah menyusup, menyerang, bahkan mengambil data.

Hal ini sangat berbahaya terhadap situs web terinfeksi virus. Yang membahayakan tidak hanya bagi pemilik website sendiri tetapi juga bagi pengunjung. 

Oleh karena itu, hal yang sangat diperlukan ketika merancang web profesional adalah keamanan yang tinggi untuk mencegah serangan dan perusakan hacker.

Pilihlah penyedia hosting internet yang benar - benar bagus dan profesional seperti exabytes.

7. Situs web harus memiliki konten yang berkualitas

Apakah websitemu ingin berada di halaman pertama Google? Yang paling penting dilakukan adalah mempertahankan pengguna selama mungkin mengunjungi situs kita. 

Apa alasan pengguna tetap berada di situs web kita? tujuannya hanya untuk meyakinkan mereka, mereka tertarik pada berita atau informasi tertentu, mereka perlu mendapatkan informasi lebih banyak, mereka ingin menemukan solusi dari permasalahan yang ingin ia hadapi.

Untuk meningkatkan interaktivitas seperti itu, Anda harus memastikan bahwa konten memiliki kualitas yang baik, unik, menarik, disertai juga gambar yang jelas serta menarik.

Jadikan situs web sebagai sumber informasi yang berguna untuk menarik pelanggan untuk datang mengunjungi web lagi agar memiliki lalu lintas trafik yang tinggi.

8. Situs web harus beroperasi secara normal

Situs web profesional harus memastikan kemampuan untuk beroperasi secara teratur selama 24 jam. 


Kesimpulan 

Penjabaran di atas hanyalah  dasar atau cara buat website sendiri untuk bisnis dan menghasilkan uang. Berapa standar lain bisa kalian terapkan tergantung pada kebutuhan dan strategi pengembangan situs web dari masing-masing bisnis yang dijalankan.

Anda perlu memahami pentingnya dan manfaat dari sebuah situs web yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang untuk berbisnis. Semoga artikel ini bermanfaat.

source: https://idcloudhost.com/

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url