Penerapan Search Engine Optimization Adalah Faktor Penting Dalam Bisnis Online

Seorang Webmaster dan juga Blogger harus mengerti dn paham tentang search engine optimization adalah faktor penting bisnis online. Hal itu tentu saja mudah dilakukan oleh orang yang memang sudah paham dalam bidangnya tersebut.

Penerapan Search Engine Optimization Adalah Faktor Penting  Dalam Bisnis Online

Penerapan search engine optimization akan menjadi mudah di implementsikan oleh mereka yang paham pada sebuah blog atau websitenya. Hal ini tidak lain bertujuan agar blog atau websitenya bisa menarik para pengunjung atau visitor. 

Logika berpikir sangat sederhana yaitu: 

Jika situs web Anda terdaftar di bagian atas (halaman pertama), maka lalu lintas situs web untuk visitor kalian akan meningkat secara otomatis. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan audiens yang cenderung lebih percaya pada informasi yang diberikan oleh situs yang menempati urutan pertama atau page one dalam daftar pencarian google.

Google Search Engine Optimization
Source: google.co.id
Lalu bagaimana dengan Blogger pemula yang belum tau dan paham dengan search engine optimization untuk bisnis onlinenya?

Mau tidak mau harus dimulai dari sekarang untuk belajar seo dan memanfaatkan manfaat search engine optimization bagi kemajuan blog atau bisnis online yang dikelolanya.

Ketika Anda mencari informasi tertentu di internet melalui search engine seperti google, maka akan didapati beberapa halaman hasil pencarian dari keyword yang Anda ketik pada mesin pencari, inilah yang disebut SERP (Search Engine Result Page). 

Halaman utama dari SERP inilah yang diburu oleh para webmaster atau pemilik blog karena visibilitas blog mereka di halaman pertama mesin pencari merupakan gerbang utama masuknya para pengunjung potensial terus menerus secara gratis. 

Oleh karena itu para Blogger melakukan serangkaian usaha optimasi pada website mereka agar terlihat di halaman hasil pencarian khususnya pada halaman pertama (page one) sesuai kata kunci yang diketik oleh visitor untuk mendapatkan informasi yang dicarinya. 

Serangkaian upaya optimasi blog yang dilakukan oleh para webmaster atau blogger itulah yang selanjutnya kita kenal dengan istilah #SEO (Search Engine Optimization).


Apa itu Seo ?

Pengertian SEO Search Engine Optimization adalah salah satu strategi dalam dunia Digital marketing untuk meningkatkan visibilitas suatu website. Tentunya secara organik melalui pemilihan pemilihan keyword-keyword yang tepat. Menggunakan SEO yang tepat bisa membawa traffic yang banyak ke dalam website kamu.

Search Engine Optimization Adalah Faktor Penting  Dalam Bisnis Online

Tentunya tanpa mengeluarkan banyak biaya untuk beriklan. Ini dia alasan kenapa para pebisnis, pemilik blog atau website itu ingin konten-kontennya dapat muncul di halaman pertama Google. Alasannya tentu karena mendapatkan trafik dan pastinya trafik yang dimaksimalkan bisa membawa conversion.

Pertanyaan: "Saya pemula dalam SEO bagaimana penerpan untuk menggunkannya?"

Bagaimana Menerapkan Seo untuk Blog atau Website ?

Penerapan search engine optimization (SEO) sebenarnya banyak sekali yang kan dipelajari agar websitemu memenuhi unsur SEO. Jika kamu memiliki website yang berbasis wordpress ada beberapa faktor struktur yang harus dipenuhi didalamnya yaitu :

  1. Issued SSL Certificate
  2. Optimasi Keepatan Website
  3. Mobil Resposnsive
  4. Googel Analytic
  5. SEO Plugin
  6. Url yang SEO friendly
  7. Penggunaan Title Tag ini biasanya menggenggunakan 60 kata yang memuat keyword utama
  8. Judul menggunaka H1, sub judul H2 (harus ada keyword utama)
  9. Alt-text image biasanya menggunakan keyword utama atau bisa kalian mendiskripsikan image dengan keyword yang masih relevan.
  10. Pada paragraf pertama harus ada keyword utama atau kamu bisa memberikan keyword yang relevan dengan kontenmu agar kontenmu terlihat naturan dan informatif.
  11. Internal link : fungisnya untuk memperkuat halaman lainnya pada websitemu
  12. Meta discription (terkandung kata kunci)

Penerapan Seo dan Manfaatnya dalam Bisnis Online

Fungsi dan manfaat search engine optimization (SEO) intinya mengakuisisi target pasar dari search engine, jadi kita wajib melakukan optimasi-optimasi keyword dari konten. 

Jadi saat konten itu sudah search engine friendly dan user friendly, besar kemungkinan bisa naik di peringkat tertinggi. 

Hal ini cocok banget bagi kamu yng memiliki produk yang akan dijual pada bisnis online.

Misalnya gini, kamu punya produk lemari terus kamu punya blog atau website untuk ngejual lemari itu, nah website kamu itu kamu optimasi dengan keyword yang sesuai dan bnyak dicari. Saat sudah search engine friendly besar kemungkinan website kamu akan berada di peringkat teratas di Google. Nah itulah peran dari apa itu search engine optimizer.

Benarkah manfaat search engine optimization baik untuk berbisnis? 

Bisa jadi masih ada yang bertanya seperti itu, OK tidak masalah saya akan menjelaskannya. Semua Blogger tentunya menginginkan website mereka terindex oleh mesin pencari dan ditampilkan dalam halaman utama hasil pencarian. 

Bagi pelaku bisnis tujuan search engine optimization adalah meningkatkan pendpatan dalam bisnisnya karena dengan keuntungan menggunakan seo jangkauan pasar akan lebih luas dan tertarget.

Namun jika kamu bukan pelaku bisnis online dan tujuan membuat blog hanya untuk sharing dan sekedar berbagi informasi, maka akan menjadi kebanggan tersendiri jika informasi yang Anda sajikan dalam blog. Kontenmu kemudian akan ditemukan, dibaca dan akhirnya mampu memberi manfaat bagi banyak pengguna internet.

BACA JUGA: Memahami Dampak Pemasaran Media Sosial Bagi Pebisnis

Berikut beberapa manfaat seo untuk bisnis para blogger dan internet marketer dalam bisnis yang mereka tekuni:

1. Mendatangkan Pengunjung Potensial

Seperti yang sudah saya kemukakan diatas, bahwa website atau blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi seo akan mendapat peringkat baik dimata search engine khususnya google. Semakin baik kedudukan dalam hasil halaman pencarian google, maka akan semakin banyak mendatangkan pengunjung potesial. Nah pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

Google akan menampilkan hasil pencarian berdasar kata kunci yang diketikkan oleh penggunanya ketika membutuhkan suatu informasi yang bermanfaat baginya. Jika mereka menemukan website bisnis Anda dan dianggap relevan dengan keperluannya, maka bukan tidak mungkin akhirnya mereka menjadi pelanggan Anda.

Hal inilah yang saya maksud dengan pengunjung potensial, pengunjung yang datang dengan keperluannya kemudian menemukan website bisnis Anda yang mampu menjawab/menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung tersebut.

2. Mempopulerkan Merek Dagang Bisnis Anda

Banyaknya pengunjung yang bolak-balik datang ke website/bog Anda karena bagusnya peringkat seo yang akhirnya memudahkan mereka menemukan website Anda yang cocok berdasar niche mereka.

Dengan menemukan artikel dan situs pada halaman pertama, maka akan semakin menguatkan kemampuan mereka untuk mengingat merek dagang Anda. 

Dan pada akhirnya menemukan hasil yang semakin popular pula merek dagang Anda. 

Orang butuh sesuatu yang relevan dengan usaha Anda, mereka ingat merek dagang Anda. Orang melihat logo bisnis Anda, mereka ingat merek dagang Anda beserta bidang usahanya… mantap bukan?

Jadi salah satu cara untuk  meningkatkan brand awareness usaha Anda adalah dengan optimasi pada website bisnis Anda agar dicintai oleh mesin pencari (teknik seo).Seberapa Popular Website/Blog Anda?, Baca juga: Cara Melihat Pagerank dan Alexa Rank Blog/Website

3. Mendapatkan Data Pengunjung Calon Cutomer

Memiliki data seperti nomor telepon, email dari pengunjung potensial merupakan suatu keharusan. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar kita bisa menghubungi mereka untuk memberikan beragam informasi yang mereka butuhkan. 

Baik informasi berupa pengetahuan produk dan jasa, maupun penawaran spesial seperti promo atau diskon dengan harapan calon customer tersebut bisa benar-benar menjadi cutomer atas produk atau jasa yang kita tawarkan.

4. Meningkatkan Penjualan

Hal terakhir dari sekian banyak manfaat seo dalam bisnis Anda yang bisa saya rangkum adalah meningkatkan penjualan produk/jasa yang Anda tawarkan dalam bisnis online maupun offline.

Banyaknya pengunjung potensial yang akhirnya semakin mempopulerkan brand bisnis Anda disertai cukupnya informasi kontak para calon cutomer yang berhasil Anda kumpulkan untuk kemudian Anda follow up dengan pemberian berbagai macam informasi dan penawaran, maka insya Allah akan semakin meningkatkan penjualan.

Demikian uraian singkat mengenai search engine optimization (SEO) dan manafaatnya bagi bisnis Anda, semoga dengan optimasi seo yang baik akan semakin meningkatkan kemajuan bisnis Anda.


Related Posts