Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

5 Cara Berpikir Kreatif Dan Efektif

Kemampuan cara berpikir kreatif bukanlah bakat alami yang hanya dimiliki oleh sebagian orang. Jika kalian merasa tidak bisa mewujudkan pemikiran itu, jangan khawatir. Kalian juga dapat berlatih dan mengasahnya saat menjadi orang dewasa.
5 Cara Berpikir Kreatif Dan Efektif

Pada dasarnya cara berpikir kreatif, kalian dapat melatih keterampilan berpikir kreatif kalian dan mengembangkannya dari waktu ke waktu.

Apakah yang dimaksud dengan berpikir kreatif?

Cara berpikir kreatif adalah kemampuan untuk melihat masalah dari perspektif baru dengan perspektif yang berbeda, dalam bahasa asing cara berpikir ini disebut juga dengan berpikir kreatif.

Mengapa kita harus berpikir kreatif?

  1. Melihat Sesuatu dengan Cara yang Berbeda
  2. Lebih Efektif Menemukan Solusi Suatu Masalah
  3. Agar Para Entrepreneur Bisa Memiliki Faktor Pembeda
  4. Menciptakan Inovasi yang Bermanfaat
  5. Pekerjaan Kreatif Tidak Bisa Digantikan Robot

Pendapat cara berpikir kreatif menurut para ahli 

Menurut Susanto (2013), berpikir kreatif adalah proses yang melibatkan unsur orisinalitas, fluiditas, fleksibilitas dan elaborasi. Hal ini menunjukkan bahwa berpikir kreatif dapat mengembangkan daya pikir yang meliputi intuisi dengan unsur-unsur umum. Berpikir kreatif dapat menghasilkan pemikiran yang berkualitas.   

Pengertian dan pendapat Sani (2014) yang menegaskan bahwa berpikir kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide yang tidak biasa, berkualitas dan tepat, yaitu pengembangan diri dari ide-ide baru yang berkualitas baik.

Bagaimana cara berpikir yang kreatif

Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan cara berpikir kreatif dan efektif dalam segala bidang:

1. Yakinlah bahwa sesuatu dapat dilakukan.

Jika kamu yakin sesuatu dapat dilakukan maka pikiranmu akan membantu dan melicinkan jalan cara mendapatkannya. Buang jauh-jauh kata "tidak mungkin", "tidak akan berhasil", dll yang berkonotasi destruktif.

2. Jadilah orang yang menerima gagasan.

Sambut baik setiap gagasan, singkirkan kata-kata "tidak ada gunanya", "tidak akan berhasil". Tumbuhkan keinginan untuk bereksperimen dan dobrak tradisi rutinitas yang tetap untuk me-refresh ide dari pikiran kita.

3. Bentangkan pikiran

Bergaulah dengan orang-orang yang dapat membantu gagasan dan ide baru, berbaurlah dengan orang-orang yang berbeda dari minat dan dapatkan stimulasi yang positif.

4. Lakukan pekerjaan lebih banyak

Kapasitas adalah keadaan pikiran, luangkan waktu untuk berpikir ; Bagaimana saya dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik dari hari ini..Bagaimana saya dapat meningkatkan effisiensi kepribadian saya.

Keberhasilan adalah mengerjakan apa yang kamu kerjakan lebih baik dengan meningktakan kualitas yang sudah kalian lakukan.

Baca juga: Gampang: Cara Buat Akun Microsoft Windows Phone Beserta Penjelasanya

5. Jadilah pendengar yang baik

Telinga adalah jembatan masuknya informasi. Telinga memberi masukan pada pikiran dengan bahan mentah yang dapat diubah menjadi pikiran kreatif. Kita tidak dapat belajar dari apapun dengan berbicara.

Berkonsentrasilah pada lawan bicaramu, evaluasi apa yang dikatakannya dan simak intisari atau makna pembicaraannya. Begitulah cara mengumpulkan kreatifitas untuk pikiran.

Apa Saja Contoh-Contoh Berpikir Kreatif : 

Untuk diketahui bahwa berpikir kreatif memiliki banyak sekali macamnya. Pada artikel kali ini, kita akan menjabarkan contoh-contoh creative thinking atau berpikir kreatif.

Simak beberapa contoh di bawah ini untuk materi berpikir kreatif: 

1. Kreativitas yang Artistik (Artistic Creativity). 

  • - Pembuatan skrip untuk iklan pemasaran pada radio ataupun televisi
  • - Membuat desain kemasan produk
  • - Merancang desain logo untuk produk 
  • - Menyusun rencana webinar atau pembelajaran online. 
  • - Merancang desain pakaian  
  • - Membuat poster atau flyer untuk promosi  

 2. Kreativitas dalam Pemecahan Masalah (Creative Problem-Solving). 

  • - Mengidentifikasi pemotongan biaya anggaran pembelanjaan bisnis perusahaan.
  • - Membuat rumusan aturan pada perusahaan 
  • - Menyarankan cara komunikasi baru untuk menyelesaikan konflik antar karyawan. 
  • - Menyarankan cara-cara baru untuk meningkatkan layanan pelanggan. 
  • - Menyarankan prosedur baru untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan. 
  • - Brainstorming untuk memotong penggunaan energi yang berlebihan (contoh air, listrik).
  • - Brainstorming untuk penetapan strategi pada dunia kerja  

3. Kreativitas dalam STEM (Creativity in STEM). 

Sebelumnya, kita perlu tahu dulu apa yang dimaksud dengan STEM? Bidang STEM adalah singkatan dari Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh berpikir kreatif dalam bidang STEM. 

  • - Membuat programan komputer untuk proses pembelajaran online secara otomatis. 
  • - Berpikir kreatif dalam pelayanan dengan merancang platform media sosial pada sistem android. 
  • - Bereksperimen dalam menciptakan obat baru yang ampuh untuk mengobati penyakit atau virus. 
  • - Membuat analisa dan cara baru agar meningkatkan jumlah ketertiban di sekolah, kantor. 
  • - Berpikir kreatif dalam pelayanan masyarakat dalam bidang transportsi. (Gojeg)

Indikator berpikir kreatif 

Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan, indikator berpikir kreatif yang sering digunakan sebagai berikut.

a. Kelancaran (Fluency)

Kelancaran didefinisikan sebagai kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang berbeda. Ini adalah salah satu indikator pemikiran kreatif yang paling kuat. Semakin banyak ide yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan mendapatkan ide yang bermakna.

b. Fleksibilitas (Flexibility)

Ciri-ciri atau indikator ini mewakili kemampuan individu untuk mengubah keadaan pikiran seseorang dalam situasi tertentu, atau kecenderungan untuk melihat masalah dengan cepat dari perspektif yang berbeda. Fleksibilitas adalah kemampuan untuk mengatasi hambatan mental yang mengubah fokus masalah. Jangan terlibat dalam menerima aturan atau ketentuan yang tidak berlaku untuk masalah kalian.

c. Elaborasi (Elaboration)

Elaborasi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggambarkan objek tertentu. Kriya merupakan jembatan yang harus dilalui seseorang untuk menyampaikan ide-ide kreatifnya kepada publik. Faktor inilah yang menentukan nilai ide yang diberikan kepada orang lain di luar dirinya. Perluasan ditunjukkan dengan sejumlah tambahan dan detail yang dapat menjadi stimulus sederhana untuk membuatnya lebih kompleks.

d. Orisinalitas (Originality)

Metrik orisinalitas menunjukkan keunikan jawaban tertentu. Orisinalitas ditunjukkan dengan jawaban yang tidak biasa, unik, dan tidak biasa. Berpikir ke depan juga dapat menginspirasi ide-ide kreatif. Jenis pertanyaan yang digunakan untuk menguji kemampuan ini adalah pertanyaan penggunaan yang menarik untuk objek umum.

Kesimpulan 

Kamu akan berpikir kreatif ketika mencoba melihat sesuatu dari sisi perspektif yang berbeda. Dan ketika kamu dapat mengambil kesempatan langka itu, mungkin tidak atau belum banyak dipikirkan oleh orang lain. Disitulah indikator kemampuan berpikir kreatif kalian akan bekerja untuk berkreatifitas pikiran.

Dari uraian di atas tadi, mana yang ingin kalian coba lebih dulu untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan cara berpikir kreatif dan efektif kamu?

Baca juga: