Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

6 Cara Sukses Menyelenggarakan Event Online Untuk Bisnis

Covid-19 telah mengubah apa yang tampak "normal" bagi kita semua, dan industri acara tidak terkecuali. Event online untuk bisnis juga dikenal sebagai acara atau seminar bisnis online, semakin populer di seluruh dunia dan telah menjadi bagian dari kehidupan dan bisnis kita. 
Cara Sukses Menyelenggarakan Event Online Untuk Bisnis

Event onlinel sangat mirip dengan acara tatap muka, tetapi dengan beberapa manfaat luar biasa. Event onlinel untuk bisnis dapat berupa konferensi dan webinar online, wawancara dan pertunjukan, pelatihan dan kursus, tutorial, kelas, dan banyak lagi. 

Mengadakan event online untuk bisnis belakangan ini, menjadi pilihan pemilik usaha, pebisnis dan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru. Oleh karena itu, tentu patut untuk dicoba apalagi bila kalian mempunyai tujuan untuk meningkatkan penjualan yang lebih tinggi ke depannya. 

Manfaat Event Online Untuk Bisnis

Salah satu manfaat terbesar dari event online untuk bisnis adalah tidak terbatas pada satu tempat atau lokasi. Ini berarti bahwa siapa saja dari mana saja di dunia dengan koneksi internet dan perangkat dapat bergabung dalam acara tersebut. 

Kedua, event online hemat biaya karena menghindari pemesanan tempat, staf, memproduksi barang dagangan, menyewa atau membeli peralatan, dan staf lain yang kalian butuhkan untuk acara offline. 

Last but not least, kalian mungkin sudah tahu betapa pentingnya mengukur aktivitas digital apa pun yang kalian lakukan. 

Jadi, karena mudah diukur, event online memberi kalian kesempatan untuk mengukur kesuksesan kalian, mendapatkan data tentang keseluruhan keterlibatan dan jumlah peserta, dan mengukur pidato paling populer dan materi yang diunduh. Semua wawasan ini dapat membantu kalian merencanakan event dan acara berikutnya dengan lebih baik. 

Cara Sukses Menyelenggarakan Event Online Untuk Bisnis

Berikut 6 Cara Sukses Menyelenggarakan Event Online Untuk Bisnis :

1. Buat strategi  

Sebelum kalian mulai, pikirkan mengapa kalian merencanakan acara tersebut. kalian dapat memulai dengan menentukan apakah kalian menargetkan pelanggan kalian saat ini sebagai bagian dari strategi keterlibatan, atau apakah ini adalah aktivitas menghasilkan prospek untuk mendapatkan pelanggan baru, atau keduanya. Pengalaman seperti apa yang ingin kalian sampaikan? Hasil apa yang kalian cari? 

2. Tentukan platform yang tepat

Memilih platform yang tepat terutama bergantung pada tujuan kalian dan jenis event online  yang kalian rencanakan untuk diselenggarakan. Namun, ada beberapa fitur penting yang harus disertakan oleh setiap platform; obrolan, Tanya Jawab, jajak pendapat langsung, kemampuan untuk mengunggah slide atau konten tambahan. Juga, pertimbangkan mana yang menyediakan opsi untuk menjalankan acara langsung dan sesuai permintaan, dan dengan akses ke acara dari perangkat seluler. 

Bahkan jika kalian menemukan platform yang sempurna, jangan lupa untuk mengantisipasi masalah teknologi apa pun yang mungkin dihadapi peserta kalian saat menggunakan platform. Pada hari acara, beberapa jam sebelumnya, kirimkan email pemberitahuan kepada peserta kalian. 

Pastikan untuk masuk ke platform 15-20 menit lebih awal untuk memberi pembicara kalian izin administratif, dan selama acara, pastikan untuk membisukan semua peserta.

3. Pilih waktu yang tepat untuk menyelenggarakan 

Memilih waktu yang tepat untuk event online kalian. Hal ini sangatlah penting. Sebelum menentukan waktu untuk acara kalian, pertimbangkan profil dan lokasi audiens kalian. 

Jika kalian berencana membuat acara online tersebut untuk target audiens pada zona waktu yang berbeda, maka lakukan yang terbaik untuk memilih waktu yang sesuai. Agar calon pelanggan dan pengikut kamu semakin banyak dan loyal terhadap acara event online yang diselenggarakan. 

Jika kalian tidak dapat menemukan waktu yang cocok untuk semua orang, buat konten yang dapat diakses dan rekam presentasi langsung untuk mereka yang tidak dapat hadir. 

Pastikan untuk tidak merencanakan event online kalian selama hari libur nasional atau acara serupa lainnya yang mungkin bertepatan dengan tanggal acara kalian. 

4. Promosikan acara

Saatnya untuk mempromosikan event online kalian. Penting untuk memahami audiens kalian dan memilih saluran yang tepat untuk mempromosikan acara kalian. Tergantung di mana audiens kalian menghabiskan lebih banyak waktu online. 

Kalian dapat mengelola pendaftaran: melalui platform acara secara langsung, pada halaman arahan khusus di situs web kalian, melalui halaman acara media sosial seperti Facebook atau LinkedIn melalui pemasaran email. 

Kalian juga dapat mempertimbangkan untuk menjalankan kampanye iklan berbayar. Waktu terbaik untuk memulai promosi adalah dua sampai dengan tiga minggu sebelum acara, tergantung pada ukuran dan cakupannya.

5. Buat peserta tetap terlibat

Buat audiens kalian merasa terhubung keseluruhan. Libatkan mereka ke dalam proses sehingga mereka ikut event online lebih lama dan berpartisipasi lebih banyak. 

Berikut adalah beberapa ide untuk sukses online dalam menyelengarakan event : 

  • Ajukan pertanyaan kepada audiens kalian selama acara
  • Mendorong debat
  • Gunakan konten langsung untuk presentasi
  • Gunakan webcam setiap saat dan dorong penonton untuk melakukan hal yang sama
  • Sisakan waktu untuk sesi tanya jawab 

6. Paska (setelah) Event Online 

Jika didalam event online yang kalian buka baik itu dijalankan secara online mupun offline, hal terpenting adalah menindaklanjuti setelah mengadakan acara online dengan peserta. Tujuanya pasca-acara untuk memahami pengalaman peserta akan menunjukkan bahwa kalian peduli dan akan membantu kalian memahami hasil acara. 

Juga, sampaikan kalimat "terima kasih" kepada semua orang, baik peserta maupun pembicara. Bagikan rekaman dari event online itu dengan mereka yang tidak bisa hadir atau melewatkannya. 

Covid-19 telah menjadikan dunia event online untuk bisnis sebagai kebutuhan meningkatkan bisnis online. Banyak dari pebisnis telah memindahkan dari awalnya bertatap muka dan sekarang menjamur event online sebagai media untuk mendongkrak bisnisnya. 

Baca Juga : Strategi Memulai Usaha Online Pemula