Memahami Apa itu VPN dan Bagaimana Cara Download VPN Free untuk Kebutuahan Akses

Di jaman sekarang internet sudah menjadi kebutuhan semua orang. Tapi tahukah Anda bahwa menggunakannya internet menggunakan wifi publik juga bisa berbahaya, seperti menggunakan Wi-Fi di tempat umum atau internet hotel, data Anda juga bisa bocor. Untuk mengatasi hal tersebut bisa kalian menggunakan VPN gratis. Bagaimana cara download VPN Free? 

bagaimana-cara-download-vpn-free

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya anda memahami apa itu VPN berikut ini:

Saat Anda menggunakan Internet, situs web yang Anda buka diketahui oleh Penyedia Data Internet. Dalam hal ini dapat disalahgunakan. Jika Anda menggunakan perbankan online Anda, maka itu juga menjadi risiko.

Bagaimana Data Internet Bocor?

Ketika Anda mengambil paket data untuk menggunakan Internet, maka ISP (Penyedia Layanan Internet) memberi Anda alamat IP di mana Anda mulai menggunakan Internet. Alamat IP ini adalah nomor publik yang dapat dilihat siapa saja.

Jika Anda juga membuka situs web, maka pemilik situs web dapat menghubungi Anda melalui alamat IP Anda. Bahkan halaman web mana yang Anda buka, semua ini dapat dilacak.

Dalam situasi seperti itu, Anda akan memerlukan keamanan untuk menggunakan internet dan Anda bisa mendapatkan keamanan ini hanya melalui VPN.

Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) adalah perangkat lunak otomatis yang dapat menyembunyikan identitas Anda di Internet. Ini mengubah alamat IP publik Anda, yang membuat sulit untuk mengetahui siapa yang menggunakan Internet.

Fungsi VPN 

  1. Fungsi VPN yang paling penting adalah memberikan keamanan pada jaringan ketika melakukan pekerjaan dengan menggunakan Internet, 
  2. VPN berfungsi untuk menjaganya tetap aman, serta dapat membuka kembali situs web yang diblokir dengan bantuan VPN. 
  3. Pembatasan beberapa situs yang dilakukan wilayah negara sebagai kebijakannya,  dapat di akses dengan menggunakan VPN. 
  4. Jika Anda menggunakan internet dengan alamat IP Anda berasal dari Indonesia, maka kalian dapat memilih lokasi dan alamat IP Anda dari negara lain. Oleh karena itu kamu dapat menyembunyikn data dan identitasmu dengan aman.

Apa Manfaat VPN?

Selain menyembunyikan identitas Anda di Internet, ia memiliki banyak manfaat, beri tahu kami melalui poin-poin berikut apa manfaatnya :

  1. Anda dapat membuka situs web blokir apa pun dengan sangat mudah dengan vpn.
  2. Anda dapat mengubah lokasi negara Anda seperti Facebook diblokir di Cina, kemudian orang-orang dari Cina dapat menggunakan Facebook dengan mengubah lokasi negara mereka dengan menggunakan VPN.
  3. Di Internet, Anda juga mendapatkan layanan VPN baik gratis maupun berbayar. Jika mau, Anda juga bisa menggunakan layanan VPN secara gratis.Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang juga menyediakan layanan VPN secara gratis.
  4. Saat Anda menggunakan layanan VPN, seluruh koneksi dienkripsi, sehingga dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat menghindari kursus.

Kekurangan VPN 

  1. Dengan menggunakan VPN, kalian tidak dapat sepenuhnya menyembunyikan diri karena data Anda ada di server VPN.
  2. Banyak layanan VPN gratis juga dapat disalahgunkan terkait data Anda karena mereka memiliki detail lengkap tentang apa yang telah Anda akses.
  3.  Kerugian terbesar dari VPN adalah dengan menggunakannya, mereka dapat menyembunyikan identitas mereka secara luas.
  4.  Jika Anda menggunakan VPN maka Anda akan kecepatan akan lambat karena akses server VPN.
Dari beberapa penjelasan artikel diatas, terbukti bahwa VPN memiliki banyak manfaat dan kekurangannya, sekarang tergantung bagaimana kalian menggunakannya.

Cara Kerja VPN

Setelah anda download free VPN apk di perangkat Anda, itu sudah menghubungkan alamat IP publik Anda ke Alamat IP Sentralisasi Terenkripsi Anda. 

Data dari alamat IP tersebut dipertukarkan dalam lapisan pelindung, yang tidak dapat dengan mudah dibaca.

Banyak negara sudah memiliki alamat IP dalam perangkat lunak VPN ini, kamu dapat menggunakan untuk mentransfer lokasi Internet kalian dari satu negara ke negara lain. 

Berarti Anda menggunakan internet di Indonesia, tetapi ketika kamu memilih alamat IP Amerika, maka internet Anda akan mulai mengakses dari server Amerika. 

Dalam situasi seperti itu, pemilik situs web akan merasa bahwa seseorang membuka situs web kalian dari Amerika.

Cara download vpn free 

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara menggunakan VPN Free itu? VPN Pro atau premium harus selalu digunakan untuk pekerjaan penting apa pun seperti menggunakan perbankan online. 

Tetapi ketika Anda harus melakukan tugas-tugas kecil seperti membuka situs web yang diblokir oleh otoritas negara, maka Anda dapat menggunakan VPN Gratis .

Untuk menggunakan VPN, perangkat lunak yang berbeda untuk seluler dan desktop, pertama-tama kita ketahui cara menggunakan VPN Gratis pada seluler berikut ini.

  • VPN Gratis di HP (vpn free download for android)

Bagaimana cara menggunakan VPN free download for android? 

Jika Anda memiliki ponsel Android maka Anda harus download free vpn apk dan menginstal aplikasi gratis dari Google Play Store di dalamnya. Anda dapat mengunduh dari tautan yang diberikan di bawah ini.

Ketika Anda telah menginstal aplikasi Opera Mini ini di ponsel Anda, maka  browser web cepat dan aman ini untuk perangkat Android yang dilengkapi dengan VPN bawaan, gratis dan tidak terbatas.

Aktifkan Opera VPN dalam mode privat dan alamat IP Anda akan diganti dengan yang virtual untuk membantu Anda menghindari lokasi yang tidak diinginkan dan pembagian informasi identifikasi.

Anda harus membukanya dan melakukan beberapa pengaturan di dalamnya, baru kemudian Anda dapat menggunakan VPN. Anda harus mengaktifkan VPN dengan masuk ke opsi pengaturan.

VPN Gratis

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, Anda harus mempertahankan opsi pengaturan yang sama. Hapus centang pada tab Pribadi dan atur jaringan negara lain di Lokasi Virtual. Setelah pengaturan sebanyak ini, ketika Anda membuka situs web yang diblokir di browser ini, itu akan terbuka.

  • VPN Gratis di Laptop (download vpn free for pc)

Cara download free vpn untuk pc atau desktop, kalian perlu mengunduh dan menginstal Opera Browser di PC Anda secara GRATIS. Opsi VPN sudah tersedia di Opera Browser. Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan settingan.

Cara download VPN free untuk laptop:

  1. Pertama kamu harus mengunduh dan menginstal Perangkat Lunak Pengembang Opera di komputer atau laptopmu.
  2. Ketika perangkat lunak sudah diinstal,  akan terlihat opsi menu di bagian atas. Klik di atasnya.
  3. Setelah mengkliknya, klik Pengaturan.
  4. Kemudian akan terlihat opsi Privasi dan Keamanan, klik di atasnya, sekarang Anda akan melihat opsi VPN yang kalian klik.
  5. Setelah itu di opsi VPN, centang Aktifkan VPN.
  6. Setelah mencentang Aktifkan VPN, browser Opera Anda terhubung ke VPN, setelah itu Anda dapat membuka situs web yang diblokir.

VPN Gratis di PC Desktop

Jika kalian mencari dengan keyword "Unduh Opera" di Google, maka akan menemukan situs webnya untuk mengunduh. Saat kamu sudah menunduh dan membuka browser ini, maka Anda harus mengaktifkan opsi VPN dengan masuk ke pengaturannya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Jika Anda tidak mengerti seperti ini, maka Anda dapat melihat pengaturannya di video yang diberikan di bawah ini. Settingnya dijelaskan dengan jelas di video ini.

Setelah ini, setiap kali situs web blokir dibuka, pertama-tama klik opsi VPN di bilah URL dan pilih di jaringan mana pun di luar negara kita. Setelah Anda membuka dengan VPN maka jaringan negara lain akan terbuka.

Demikian artikel lengkap tentang pemahaman apa itu VPN dan bagaimana download VPN Free untuk keperluan kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.



Next Post Previous Post