Hastag Tiktok : Rahasia Apa, Mengapa, dan Bagaimana Agar Fyp

Hastag Tiktok : Rahasia Apa, Mengapa, dan Bagaimana Agar Fyp

Saat menjelajahi platform jejaring sosial Tiktok, seringkali kita menemukan frasa yang ditulis dengan tanda # di depannya. Itu yang dinamakan Hastag Tiktok.

Tetapi tidak semua orang paham maksudnya. Penasaran apa maksudnya? Tenang, kamu nggak sendirian! Banyak orang yang masih bingung dengan hashtag.

Apa Itu Hashtag dan Darimana Asalnya?

Kamu pernah bertanya-tanya apa itu hashtag? Dan apa hubungannya dengan platform jejaring sosial? Yuk, kita bahas!

Hashtag merupakan kata kunci yang ditandai dengan tanda pagar (#) di depannya. Awalnya, hashtag digunakan dalam platform jejaring sosial Twitter sebagai cara untuk mengorganisir dan mengkategorikan metadata sebuah konten

Namun, seiring berkembangnya teknologi, penggunaan hashtag telah meluas ke platform lain seperti Tiktok.

Hanya dengan simbol # dan frase yang berurutan, pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang berkaitan dengan minat dan kekhawatiran mereka. 

Hal ini membantu bisnis menyampaikan pesan mereka kepada audiens yang tepat yang mereka targetkan.

Misal, kamu ingin membagikan video joget asyik di Bali. Coba tambahkan hashtag #BaliDanceChallenge atau  #JogetDiBali. Hashtag ini membantu orang lain yang suka joget dan tertarik dengan Bali menemukan videomu.

Fungsi Hashtag dan Bagaimana Cara Menulisnya di Tiktok?

Hashtag memiliki beberapa fungsi penting di platform jejaring sosial termasuk tiktok. Hastag tiktok berfungsi untuk membantu pengguna menemukan konten yang relevan dengan minat mereka. Bagaimana cara membuat hastag tiktok agar fyp? Mari kita simak!

Untuk membuat hastag fyp tiktok, kamu hanya perlu menambahkan tanda pagar (#) di depan kata kunci tanpa ada spasi di antara mereka. Misalnya, jika kamu ingin menambahkan hashtag untuk topik fotografi, cukup tuliskan #fotografi.

Catatan Penting saat Menggunakan Hashtag

Meskipun hashtag dapat meningkatkan visibilitas dan keterlibatan pengguna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan hashtagmu sukses dan efektif. 

Tips penting saat pakai hashtag berikut:

  • Gunakan hashtag yang relevan dengan videomu. Jangan asal comot hashtag yang nggak ada hubungannya.
  • Jangan kebanyakan hashtag. 3-5 hashtag yang paling pas sudah cukup.
  • Pilih hashtag yang populer. Riset hashtag yang sering digunakan untuk topik tertentu.
  • Buat hashtag unik. Hashtag unik bisa bantu tingkatkan brand awareness.

Yuk, mari kita eksplorasi lebih banyak tentang hashtag dan manfaatnya di platform jejaring sosial Tiktok melalui artikel di bawah ini!

Cara Jitu Menulis Hashtag di TikTok

Membuat hashtag di TikTok gampang banget! Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketik kata atau frasa yang ingin kamu jadikan hashtag.
  • Tambahkan tanda pagar (#) di depan kata atau frasa tersebut.
  • Pastikan kamu tidak menggunakan spasi.
  • Bebas mau pakai huruf kecil semua atau huruf kapital semua.

Contoh:

#BaliDanceChallenge

#JogetDiBali

#FYP

#ForYourPage

#DanceTok

Konsep Hashtag Tiktok

Beberapa jenis Hashtag populer Tiktok yang wajib kamu ketahui adalah:

  • Hashtag Pemasaran Tiktok : Ini adalah fitur Hashtag di situs jejaring sosial Tiktok untuk pemasaran. Bisnis dapat membuat Hashtag yang terkait dengan produk, layanan, atau kampanye pemasaran mereka.
  • Hashtag TikTok : Hashtag ini semuanya akan berupa rangkaian karakter yang dilampirkan di belakang tanda # seperti yang dijelaskan di atas. Tujuan dari Hashtag ini adalah untuk menghubungkan konten dengan topik yang sama. 
  • Trend Hashtag TikTok : Trend Hashtag Tiktok artinya menempatkan Hashtag sesuai dengan trend. Trend Hashtag tiktok mencerminkan minat dan reaksi komunitas online terhadap berita dan topik hangat.  

Keuntungan Menggunakan Hashtag TikTok

Setelah memahami apa itu Hashtag TikTok, mari kita pelajari manfaatnya. Secara khusus:

  • Membantu peringkat video dengan cepat: Memilih hashtag yang tepat akan membantu video muncul di bagian ForYourPage (FYP) dan bersaing di hasil pencarian teratas. Ketika sebuah video diapresiasi oleh pengguna dan TikTok, trennya akan naik dengan cepat.
  • Perluas audiens potensial: Menggunakan hashtag TikTok membantu video menjangkau target audiens yang tepat. Hal ini mendatangkan lebih banyak penonton dan membuat konten video kalian lebih populer dan relevan. 
  • Tingkatkan keterlibatan dan pengikut: Jika kalian menggunakan hashtag TikTok yang populer dan relevan, video kalian dapat meningkatkan penayangan, suka, dan pengikut saluran. Ciptakan tantangan dan dorong pemirsa untuk menggunakan hashtag. Hal ini membantu membangun komunitas yang aktif dan interaktif, menarik pengikut baru, dan mempertahankan pengikut yang sudah ada, sehingga membantu saluran kalian berkembang.
  • Tingkatkan pengenalan merek: Menggunakan hashtag TikTok yang sesuai dan unik akan meningkatkan pengenalan brand kamu. Ciptakan merek sendiri yang unik dan mudah diingat audiens. Secara khusus, ini adalah peluang bagus bagi bisnis yang ingin membangun merek dan mempromosikan citra serta produknya secara efektif.

Cara Menggunakan Hashtag TikTok yang Efektif

Gunakan Hashtag yang terkait dengan konten video

Untuk memulai, temukan tiktoker dengan banyak pengikut dan pelajari tentang hashtag yang mereka gunakan. Selanjutnya evaluasi dan pilih hashtag yang sesuai dengan konten video yang ingin disampaikan. Memilih hashtag TikTok yang terkait dengan konten merupakan langkah penting dalam menarik perhatian pemirsa.

Gunakan beragam Hashtag

Pada deskripsi video, hastag hanya dapat digunakan maksimal 100 karakter saja . Daripada hanya menggunakan satu hashtag, cobalah gunakan sebanyak mungkin hashtag TikTok yang berbeda.

Pertimbangkan untuk memilih hashtag yang memiliki view tinggi dan sedang tren di tahun 2024. Namun, cobalah untuk meringkas hashtag agar lebih pendek dan efektif. 

Gunakan hashtag untuk menangkap tren dan menjadi tren

Dengan memilih hashtag TikTok populer yang muncul pada tahun 2023 dan dibagikan secara luas, kamu akan meningkatkan peluang videomu menjadi trending. 

Tagar ini menargetkan topik yang diminati banyak pengguna. Namun tren di TikTok sering kali terus berubah. Makanya, pentingnya selalu update tren terkini untuk memilih hashtag yang sesuai dengan era saat ini.

Tagar membawa kesan merek

Jelajahi, pilih, dan buat hashtag TikTok Anda sendiri yang mengekspresikan kepribadian pribadi. Ini akan membantu pemirsa menemukan saluran TikTok kamu dengan mudah. 

Cara efektif untuk membuat hashtag bermerek adalah dengan mengadakan tantangan atau pertanyaan kecil atau singkat yang menyenangkan. 

Tetapkan permintaan bagi pemain untuk menggunakan hashtag yang kalian sarankan. Ini akan berkontribusi dalam membangun komunitas yang menggunakan hashtag merek yang dibangun.

Gunakan hashtag yang kurang kompetitif

Hashtag populer seringkali digunakan oleh banyak penonton untuk mencari video. Namun, salah satu batasannya adalah tingkat persaingan yang tinggi. 
Jadi, selain menggunakan hashtag TikTok yang populer dan trending di tahun 2023, sebaiknya kalian juga menambahkan hashtag yang kurang kompetitif. Kombinasi ini akan membuat video kalian lebih menarik bagi penonton, sekaligus menciptakan persaingan dengan video lain dengan konten yang sama.

Prioritaskan penambahan hashtag pada deskripsi video

Meskipun kalian dapat menambahkan hashtag TikTok populer yang sedang tren pada tahun 2023 baik di deskripsi maupun komentar, kinerja menambahkan hashtag di deskripsi akan lebih baik daripada di komentar. Oleh karena itu, prioritaskan penggunaan simbol "#" untuk menandai hashtag di deskripsi, sehingga video kalian mudaah diakses oleh penonton.

Hashtag TikTok dengan view terbanyak saat ini

Saat ini, hashtag sangat umum digunakan di semua jejaring sosial. Setelah mempelajari tentang hashtag TikTok dan cara menggunakannya secara efektif, berikut beberapa hashtag yang sedang tren di tahun 2024 yang perlu diketahui.

hastag tiktok yang lagi trending 2024

Tagar populer: 

#TikTok, #like, #instagram, #viral, #memes, #love, #trending, #explorepage, #music, #followforfollowback, #toptrending, #toptrendiingvideo, #topTikTok

Hashtag TikTok dengan banyak penayangan: 

#TikTokmeme, #TikToktroll, #trending, #prank, #best, #bestTikTok, #follow, #fyp, #foryou, #funny, #bestvideo, #happy

Hashtag lucu: 

#foryou, #prank, #feature, #comedy, #deepfateh, #funny, #1mincomedy, #acting, #comedyindia, #1millionaudition

Tagar TikTok yang sedang tren di tahun 2023: 

#trendingvideo, #latestvideo, #trendingcomedy, #likeme, #like4like, #trending, #latesttiktok, #viraltiktok, #trendingtiktok, #viralvideo, #trendingtopic, #trendy, #latestvideos, #trendingclip

Hashtag aktif :

#summer, #ootd, #beautiful, #pretty, #sky, #sunset, #life, #amazing, #repost, #family, #friends, #selfie, #smile, #hair,

Hashtag musik: 

#punjabisongs, #TikTokpunjab, #musically_new_songs, #TikTokmusic, #songs, #slowmo, #newsong, #duetwithme, #music, #coversong, #cover, #originalmusic

Hashtag TikTok yang Inspiratif: 

#inspirational, #feacherme, #motivationalvideo, #madewithme, #livemorechallenge, #BigBillionAnthem, #decison, #poetry, #life, #feacherthis

Hashtag kesehatan: 

#bestforhealth, #fitness, #forhealt, #advice, #change, #madinfluence, #homeremedues, #weightloss, #eatclean, #healthy, #gym, #ttfitness, #healthtip, #healthylife, #suckhoe, #stayhealthy

Tagar TikTok Pendidikan: 

#edutok, #testbook, #education, #learn, #knowledge, #learning, #educationalbusiness, #iterviewtipss, # speakingenglish, #mathmagic, #speach, #quiz

Kiat hashtag: 

#craftchallange, #newspapercraft, #crafttime, #mincraft, #craftyourlife, #craftsman, #easycraft, #artandcraft, #bottlecraft, #5_min_craft, #hack, #5mincraft, #beautytips

Kesimpulan

Menggunakan hashtag di TikTok memiliki peran penting untuk meningkatkan visibilitas dan keterlibatan dalam Feed For You (FYP). Dalam blog setiyan.my.id yang berjudul "Hashtag TikTok: Rahasia Apa, Mengapa, dan Bagaimana Agar FYP", kamu akan menemukan tips dan trik yang efektif agar kontenmu lebih ditemukan dan mendapatkan lebih banyak tampilan di platform TikTok. Jangan lewatkan dan baca artikel blog panduan menarik lainnya yang terkait ! Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url