Pengenalan Dan Arti Anggaran (Budgeting)

Pengenalan Dan Arti Anggaran (Budgeting)
Budgeting

Pengertian Anggaran

Pengenalan Dan Arti Anggaran - Anggaran adalah rencana keuangan yang disusun untuk memperkirakan pendapatan dan pengeluaran untuk periode tertentu. Ini adalah proses memproyeksikan pendapatan atau income, memperkirakan pengeluaran, menetapkan tujuan bisnis dan membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. 

Anggaran memberikan panduan untuk merencanakan operasi masa depan, membantu penggunaan sumber daya secara efektif, dan membuat keputusan yang tepat. Oleh karena itu, anggaran merupakan dokumen keuangan yang memuat kebijakan dan tujuan keuangan suatu organisasi untuk jangka waktu tertentu.

Baca Juga: 

Tujuan Anggaran

Tujuan utama anggaran dapat ditunjukkan sebagai berikut:

1. Untuk Memperkirakan Pendapatan Dan Pengeluaran

Anggaran disusun untuk memperkirakan arus kas (pendapatan dan pengeluaran) perusahaan untuk periode tertentu. Hal ini memudahkan manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan seperti perencanaan, koordinasi dan pengendalian pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

2. Untuk Memastikan Penggunaan Dana yang Efektif

Anggaran membantu dalam peramalan, pengambilan keputusan dan menyediakan rencana tindakan untuk memastikan penggunaan dana atau modal yang tepat. Jadi, ini membantu perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dalam periode tertentu.

3. Untuk Meminimalkan Biaya Dan Pemborosan

Tujuan lain dari penyusunan anggaran adalah untuk mengendalikan biaya-biaya yang tidak perlu dan pemborosan sumber daya. Ini mendorong pemanfaatan maksimum sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan efisiensi operasional yang membantu meningkatkan produksi dan mengurangi biaya. Hal ini menyebabkan peningkatan output dan keuntungan perusahaan.

4. Menjaga Koordinasi Lebih Baik

Ini memandu manajemen untuk menjaga koordinasi yang tepat antara berbagai cabang, unit, departemen, dll. untuk mencapai hasil yang lebih baik. Koordinasi yang lebih baik meningkatkan komunikasi dan menciptakan hubungan yang harmonis antar karyawan di tempat kerja sehingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik. Lingkungan kerja yang baik sangat penting untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah ditentukan.

5. Mengevaluasi Dan Membandingkan Hasilnya

Ini membantu manajemen untuk mengevaluasi kinerja dengan membuat perbandingan antara hasil yang dianggarkan dan hasil aktual. Tindakan korektif dapat diambil jika diperlukan dan melakukan perbaikan di masa yang akan datang.

6. Untuk Membantu Pengambilan Keputusan

Manajer membuat keputusan berdasarkan estimasi dan panduan yang diberikan oleh anggaran. Ini membantu untuk membuat perkiraan dan keputusan yang membantu kelancaran fungsi aktivitas sehari-hari. 

Baca Juga:

Menggali Potensi Bisnis dengan Analisis Audiens

Cara Identifikasi Tujuan Persona Bisnis Sebelum Memulai Social Media Marketing


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url