Aplikasi Fiturs TikTok Kini Lebih Aman untuk Keluarga dengan Fitur Terbaru

Aplikasi Fiturs TikTok Kini Lebih Aman untuk Keluarga dengan Fitur Terbaru
aplikasi-fiturs-tiktok-terbaru


TikTok baru-baru ini mengumumkan perubahan kebijakan terkait pengguna aplikasi tiktok di bawah 18 tahun dengan menambahkan pengaturan melalui fiturs terbaru. Tujuannya penambahan fitur tersebut 

adalah untuk membantu orang tua memantau dan mengontrol penggunaan aplikasi TikTok pada anak-anak mereka. 

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah adanya pembatasan waktu layar maksimal hingga 60 menit per hari. Meskipun pengguna tetap dapat mematikan pengaturan tersebut, namun pengaturan tersebut akan secara otomatis diaktifkan saat melakukan pembaruan.

Dalam postingan blognya, Media sosial TikTok menyatakan bahwa dalam beberapa minggu ke depan, setiap akun yang dimiliki oleh pengguna yang masih berusia di bawah 18 tahun akan secara otomatis ditetapkan dengan batasan waktu layar harian sebanyak 60 menit. 

Meskipun belum ada kesepakatan kolektif tentang waktu layar yang ideal atau dampak lebih luas dari waktu layar, namun TikTok telah berkonsultasi dengan para pakar dan melakukan penelitian akademis dari Digital Wellness Lab di Rumah Sakit Anak Boston untuk menentukan batas waktu tersebut.

Perubahan kebijakan ini diharapkan dapat membantu pengguna TikTok yang berusia di bawah 18 tahun untuk menggunakan aplikasi secara lebih bijaksana dan terkontrol. 

Dengan demikian, TikTok berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih aman dan positif bagi pengguna muda. Meskipun pengguna tetap dapat mematikan pengaturan tersebut, namun pengaturan tersebut akan secara otomatis diaktifkan saat melakukan pembaruan.

Dalam sebuah postingan blog, TikTok mengumumkan bahwa dalam beberapa minggu ke depan, setiap akun yang dimiliki oleh pengguna yang masih berusia di bawah 18 tahun akan secara otomatis ditetapkan dengan batasan waktu layar harian sebanyak 60 menit. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya kontrol panduan orang tua untuk memastikan pengguna muda tidak terlalu lama menghabiskan waktu di aplikasi tersebut. TikTok menyadari bahwa belum ada kesepakatan kolektif tentang waktu layar yang ideal atau dampak lebih luas dari waktu layar. 

Oleh karena itu, TikTok telah berkonsultasi dengan para pakar dan melakukan penelitian akademis dari Digital Wellness Lab di Rumah Sakit Anak Boston untuk menentukan batas waktu tersebut. Dengan adanya pengaturan baru ini, TikTok berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih aman dan positif bagi pengguna muda. 

Meskipun pengguna dapat mematikan pengaturan tersebut, namun pengaturan tersebut akan secara otomatis diaktifkan saat melakukan pembaruan agar panduan orang tua dapat diterapkan dengan lebih mudah.

Terdapat peraturan yang lebih ketat bagi anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun pada TikTok. Orang tua atau wali harus memasukkan kata sandi untuk memperpanjang waktu layar mereka selama 30 menit setiap kali. 

Selain itu, jika seorang remaja menghabiskan waktu lebih dari 100 menit sehari untuk menonton TikTok meskipun pengaturan telah dimatikan, mereka akan diminta untuk menambahkan batas waktu agar dapat memperbaiki manajemen waktu layar yang lebih baik. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik dan mencegah penggunaan yang berlebihan pada aplikasi TikTok bagi anak-anak di bawah 13 tahun. Dengan adanya aturan ini, diharapkan pengguna muda dapat menggunakan aplikasi secara lebih bijaksana dan bertanggung jawab.

Selain itu, TikTok juga menambahkan sejumlah kontrol tambahan dan alat keluarga yang bermanfaat bagi keluarga, seperti fungsi Family Pairing. Dengan adanya Family Pairing, orang tua dan remaja dapat berkolaborasi untuk mengembangkan kebiasaan online yang sehat.

Fiturs TikTok ini tidak hanya berfungsi sebagai kontrol bagi orang tua, tetapi juga memberikan kesempatan bagi orang tua dan remaja untuk saling belajar satu sama lain. 

Oleh karena itu, fungsi Family Pairing tidak hanya berperan sebagai pengontrol waktu layar, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi orang tua dan remaja dalam menggunakan platform TikTok secara lebih aman dan bertanggung jawab.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url