Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Kapan Info cpns 2023 Akan Dibuka?

Kapan Info cpns 2023 | www.setiyan.my.id - Didalam artikel ini setiyan berbagi update informasi terbaru terkait tentang info CPNS tahun 2023 P3K tahun 2022 dan juga penghapusan pegawai honorer.

Info cpns honorer

Banyak masyarakat bertanya terkait Info cpns 2023 nanti : 

  • Apakah seleksi CPNS nanti akan dibuka di tahun 2023
  • bagaimanakah seleksi skema P3K grup 2022 dan juga 
  • Benarkah nanti akan ada penghapusan pegawai honorer mulai tahun 2023.

Penjelasan terkait Info cpns 2023

Apakah Info cpns 2023 nanti bakalan dibuka kemnali?

Bagaimanakah kemudahan di P3K guru Tahun 2022 dikarenakan nanti akan ada penghapusan tenaga honorer tahun 2023 ?

Pendaftaran CPNS Tahun 2022 - 2023

Disini untuk pendaftaran CPNS 2022 itu tidak dibuka, bantuan perekrutan ASN itu fokus ke P3K kecuali untuk sekolah kedinasan.

Bagi kamu yang mungkin belum melakukan pendaftaran bagi yang memenuhi syarat khusunya lulusan SMA sederajat yang nantinya silakan Segera lakukan pendaftaran dikarenakan bulan ini nanti akan segera berakhir pendaftarannya.

Untuk pendaftarannya hal tersebut terkait tentang tidak adanya pendaftaran CPNS di Tahun 2022. Akan tetapi semua difokuskan untuk pengadaan P3K dengan tetap memprioritaskan pada pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan. 

Hal tersebut diperkuat dengan surat dari Menteri pendayagunaan Aparatur Negara nomor B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021.

Terkait dengan tentang isi surat bahwa Pengadaan ASN Tahun 2022 yang ditujukan kepada pejabat Pembina kepegawaian pusat dan daerah yaitu : 

1. Pemerintah berkaca pada kebijakan negara-negara maju yang mana jumlah P3K itu lebih besar daripada PNS. 

Kemudian terjadinya proses transformasi secara digital. Perubahan ini memungkinkan terjadinya implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE yang berpengaruh terhadap kebutuhan ASN terutama pada kualitas dan kuantitasnya.

2. Keterbatasnya Waktu di Tahun 2022 yang tidak ada perekrutan CPNS kembali. 

Timbul pertanyaan :  Apakah nanti di tahun 2023 itu ada pendaftaran CPNS?  

Jawabannya tidak ada pembukaan CPNS, namun jangan khawatir dahulu.

Surat terbaru dari BKN nomor 52/B-BP.01.01/SD/BIII/2022 yaitu tentang permintaan bahan penyusunan kebutuhan ASN tahun anggaran 2023.

Ia benar kalau misalkan kita ambil dari intisari surat tersebut tertanggal 05-01-2014 bahwa hal ini ditujukan kepada pejabat Pembina kepegawaian pusat dan juga daerah. 

Oleh karena itu,  masing-masing daerah dan juga pemerintah pusat diminta untuk menyusun analisis kebutuhan jabatan untuk penerimaan CPNS tahun 2022.

Disini diminta untuk mengisikan formulir yang dapat diunduh pada Link yang sudah diberikan kemudian juga bahan penyusunan kebutuhan ASN Tahun Anggaran 2023. 

Hal itu nanti bisa sampaikan kepada Kepala BKN dengan surat pengantar yang ditandatangani oleh pejabat pegawaian yang disampaikan pada Link yang sudah diberikan di sini

Dengan adanya surat ini maka dapat dipastikan nanti untuk di tahun 2023 itu akan ada perekrutan CPNS tentunya nanti mengacu dan memperhatikan arah kebijakan seleksi CASN tahun 2023.

Nah hal ini tentunya besar harapan bagi calon pegawai semua untuk mencoba mendaftarkan sebagai PNS yang diimpikan.

Seleksi P3K guru Tahun 2022 dan juga kemudahannya

Sesuai dengan hasil rapat yang telah disampaikan oleh komisi X DPR RI beberapa waktu yang lalu maka saat ini untuk P3K guru itu sedang disusun untuk peraturan

penyempurnaan dari penggabungan sisa formasi tahap 3 dengan formasi Tahun 2022 yang mana disini berpihak kepada tenaga pendidik atau guru honorer.

Didalam ketentuan tersebut akan mengutamakan dan mengakomodir yang telah lulus passing grade Jadi bagi anda yang sudah lulus passing grade di tahun 2021 kemarin tidak perlu khawatir nanti bisa keterima di P3K tahun ini.

Dan hal tersebut digunakan untuk memperbesar kuota formasi yang mana kebijakannya ini adalah dari jika Pemda telah mengajukan sekitar 70 ribu lebih yang merupakan gabungan dari sisa formasi 2021 sebesar 212 rb lebih dan juga formasi 2022 sejumlah 758 rb.

Tujuan dari pengajuan terebut juga digunakan untuk mencegah terjadinya pergeseran antar guru di sekolah induk yang lebih banyak lagi dan juga dalam rangka percepatan pemenuhan kebutuhan guru satu juta formasi. 

Ada 3 terobosan baru dari pemerintah yang nantinya memudahkan kalian yang sudah lolos passing grade untuk bisa melakukan pendaftaran ulang agar lolos diterima PNS. Hal tidak mengesampingkan bagi pendaftar baru yang nanti akan mendaftar P3K guru.

  • Penetapan kebutuhan di Tahun 2022 ini tidak lagi hanya ditentukan oleh pemerintah daerah melainkan juga ditentukan oleh Kemendikbud ristek.
  • Proses rekrutmen untuk proses rekrutmen sendiri ini nanti dalam hal proses rekrutmen GTT dengan New Recruit atau rekrutmen baru, nanti akan dibedakan 
  • Penempatan untuk lulusan terbaik ditempatkan didaerah yang prioritas.

Baca Juga : Penyebab Umum Gagal Seleksi daftar prakerja gelombang 36

Sementara untuk perencanaan dan pengadaan ASN tahun 2022 sendiri untuk prosesnya sudah berlangsung bulan Maret 2021 kemarin dan untuk bulan Januari sampai bulan Mei ini dalam tahap MENPANRB itu menetapkan formasi Tahun 2022 nanti pada bulan juni-juli. Sumber: www.menpan.go.id/

Info terbaru terkait tentang ketentuan apakah benar nanti honorer itu akan dihapus di tahun 2023 ditunggu updatenya pada postingan artikel setiyan selanjutnya.

Sumber Informasi media berita besar cnbcindonesia.com terkait "Tenaga honorer dalam tubuh pemerintahan akan dihapus mulai 2023"

Kebijakan ini menuai pro dan kontra bagi honorer maupun masyarakat Indonesia secara umum.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan alasan mulia Jokowi dalam hal ini. 

Seperti yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Sementara pegawai negeri sipil jumlahnya akan terus dikurangi alasan dibalik kebijakan tersebut adalah karena jumlah tenaga honorer yang terus membengkak.

Informasi lainnya bisa kutip dari detik.com yang disampaikan dengan headline pegawai honorer di instansi akan dihapuskan dari pasal 96 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Dalam PP Nomor 49/2018 yang akan dimulai dan diberlakukan tahun 2023 dapat disimpulkan :

  • Pengalihan jenis pekerjaan yang sangat dasar 
  • Kemudian pekerjaan yang tidak membutuhkan keahlian khusus 
  • Rekrutmen SDM difokuskan untuk tenaga kerja dengan  keterampilan khusus 

Silahkan Download (PP) 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja DISINI.

Source Keyword : cpns2023, pppk2022, HonorerDihapusTahun2023,Info cpns 2023

Posting Komentar untuk "Kapan Info cpns 2023 Akan Dibuka?"