Pemasaran Email : Pengertian, Cara dan Strategi Yang Efektif Untuk Bisnis

Apa itu pemasaran email (E-mail Marketing) dan apa manfaatnya?

Email Marketing digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan potensial. Pemasaran Email juga membantu bisnis mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan mereka. 

Pemasaran Email : Pengertian, Cara dan Strategi Yang Efektif Untuk Bisnis


Pemasaran e-mail adalah suatu bentuk penggunaan email (e-mail) untuk menyampaikan informasi/penjualan/pemasaran/pengenalan produk kepada pelanggan yang diinginkan. 

Setiap email yang dikirim ke pelanggan potensial atau pelanggan saat ini dapat dianggap sebagai pemasaran email.

  • Manfaat kelebihan pemasaran email marketing

Banyak orang dalam mulai membuat dan mengirim email masih belum memahami cara dan manfaat pemasaran email untuk bisnis. 

Email Marketing merupakan metode pemasaran melalui email atau bentuk pemasaran internet (SEM, Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Afiliasi, Pemasaran Influencer, Pemasaran Konten). 

Oleh karena itu E-mail marketing memiliki kelebihan sebagai metode atau cara yang efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan potensial. Menjaga semua pelanggan tetap up to date, memastikan pelanggan yang ada selalu up to date pada merek Anda, menawarkan harga kupon untuk mendorong loyalitas pelanggan.

Beberapa orang berpikir bahwa Pemasaran Email sudah ketinggalan zaman atau mati, tetapi itu adalah cara berpikir yang salah. Email Marketing telah digunakan sejak awal Internet. 

Hal ini telah berkembang pesat sejak saat itu dan masih merupakan alat pemasaran yang paling efektif untuk bisnis (ROI tinggi).

Bagaimana cara penerapan pemasaran e-mail?

5 tips dalam menerapkan email marketing yang tertarget:

  • Tips #1: Kenali calon target penerima email Anda dengan baik dan benar.
  • Tips #2: Kelola segmentasi pada para penerima email Anda.
  • Tips #3: Berhati-hati dalam email yang masuk ke dalam folder Spam.
  • Tips #4: Buat kreatifitas dari judul dengan semenarik mungkin.

Email Marketing sering digunakan untuk merujuk pada:

Email meningkatkan komunikasi penjual-ke-pembeli (pelanggan mereka saat ini dan sebelumnya) dan mendorong loyalitas pelanggan untuk mendorong penjualan berulang.

Email dapat menarik pelanggan baru atau meyakinkan pelanggan yang sudah ada untuk segera membeli sesuatu.

Anda dapat menghasilkan uang dengan menambahkan konten promosi (iklan spanduk, produk, layanan afiliasi…) ke email dan mengirimkannya ke pelanggan Anda.

Beberapa statistik terkait Email Marketing yang harus Anda ketahui

Saat ini, pemasar tampaknya senang bekerja dengan chatbot atau influencer atau sekadar menjalankan iklan untuk menjangkau dan mengonversi pelanggan baru.

Namun,  Anda tidak boleh membiarkan metode tersebut mengalihkan perhatian Anda atau "secara tidak sengaja" mengabaikan saluran pemasaran dan paling efektif untuk pemasaran dan penjualan yaitu Email.

Masuk akal bahwa 85% pengecer di AS menganggap Pemasaran Email sebagai strategi pemasaran dengan menarget pelanggan mereka yang paling efektif! 

Pemasaran Email menghasilkan $38-51 untuk setiap $1 yang dibelanjakan, ROI setara dengan 3.800% – saluran dengan ROI terbaik dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya.

Akan ada sekitar 4,3 miliar pengguna email aktif pada tahun 2022. 

Lebih dari 269 miliar email dikirim dan diterima setiap hari.

81% bisnis kecil menggunakan email sebagai saluran akuisisi pelanggan utama mereka, dan 80% bisnis kecil menggunakan email untuk mempertahankan pelanggan mereka yang sudah ada. 

Sebuah email selamat datang memiliki tingkat terbuka rata-rata sekitar 82%.

Untuk perusahaan e-niaga, mengirim 3 email pemulihan keranjang yang ditinggalkan menghasilkan 69% lebih banyak pesanan daripada 1 email. 

Secara umum, setiap e-niaga harus memiliki email pemulihan keranjang belanja. Lebih dari 70% keranjang belanja ditinggalkan oleh pengguna / Tingkat terbuka Pengabaian Keranjang Email adalah >40% / Tingkat Klik Pengabaian Keranjang Email adalah >21% dan lebih dari 50% orang membuka, klik tautan di email ke menyelesaikan pesanan.

Jangan berpikir Email Marketing akan membuat pengguna tidak nyaman. Perhatikan bahwa 49% konsumen mengatakan mereka lebih suka menerima email promosi dari merek favorit mereka.

49% dari semua email dibuka di perangkat seluler. 

Sebuah studi dari DMA menunjukkan bahwa 77% dari ROI berasal dari kampanye yang tersegmentasi (segmentasi audiens), ditargetkan, dan disampaikan oleh peristiwa/tindakan pengguna tertentu (Pemicu).

Mengapa Pemasaran Email bermanfaat bagi bisnis?

  • Penargetan

Email memungkinkan bisnis memasarkan ke audiens yang ditargetkan. Seperti halnya bisnis yang menjalankan iklan facebook, harus membidik target audiens, semakin tepat, semakin baik tingkat konversinya.

Setelah pelanggan setuju untuk bergabung dengan daftar email berarti mereka menerima dan membaca konten yang Anda kirim, berupa kupon atau diskon produk favorit berdasarkan minat mereka.

Contoh: Anda membagi file email menjadi 3 file kecil: Pelanggan baru, pelanggan lama, dan pelanggan yang dirujuk oleh mitra Anda. Setiap file tersebut, Anda mempersonalisasi pesan, konten email, kupon secara berbeda.

  • Hemat

Jika dilakukan dengan benar, terutama dalam hal mengotomatisasi email, ini dapat mengurangi interaksi tatap muka (bahkan tidak bertemupun), menghemat waktu dan uang.

Sebaliknya bagi calon pelanggan tertarget akan menghemat ongkos kirim dan waktu untuk bertransaksi dari apa yang Anda tawarkan.

Ketika email pertama kali diperkenalkan dalam dunia bisnis maka skalabilitas, kecepatan, dan biayanya yang sangat rendah.

Saat ini, email adalah menjadi kebutuhan. Hampir setiap orang memiliki setidaknya satu akun email.

  • Otomatisasi

Manfaat bisnis lain yang signifikan dari email adalah kemampuan untuk menangani pesan masuk dan keluar secara otomatis.

Saat Anda mengintegrasikan Otomatisasi Email ke dalam CRM, Anda membuat alat yang sangat kuat. Perangkat lunak ini dapat secara otomatis mengklasifikasikan dan mengurutkan permintaan yang masuk berdasarkan pengirim, konten, atau subjek. 

Kemudian dapat secara otomatis membalas dengan mengirimkan Anda pesan konfirmasi dan menanggapi pesan yang dikirimkan pelanggan kepada Anda. Perangkat lunak ini juga dapat mengirim pesan biasa seperti pengingat, buletin, dan pemberitahuan tanpa campur tangan manusia.


3 cara untuk menerapkan Pemasaran Email ke dalam bisnis Anda

  • Kampanye Otomatis

Otomatisasi Email  adalah solusi hemat biaya yang memungkinkan Anda menjangkau pelanggan di tempat yang mereka kunjungi setiap hari –  Kotak Masuk mereka  . Kita semua hanya ingin bekerja dengan orang yang kita kenal, sukai, dan percayai (seperti jika Anda menyukai saya, percayalah, tentu saja kenal saya, Anda pasti ingin saya bekerja dengan Anda) .

Email memungkinkan Anda membangun kredibilitas dengan audiens Anda dengan membagikan konten yang bermanfaat dan melacak keterlibatan, memberi Anda metrik yang nyata dan berharga untuk membantu Anda memutuskan dengan benar.

  • Buletin  – Buletin

Buletin mingguan atau bulanan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengingat dan menarik orang ke bisnis Anda, tidak peduli jam berapa dalam setahun.

  • Edukasi

Edukasi adalah cara yang bagus bagi pelanggan untuk melihat sendiri dan memutuskan apakah akan membeli dari Anda atau tidak. Anda terus membangun kepercayaan mereka pada merek agar tau dan mengenal brand kita.


3 kesalahan teratas dalam Pemasaran Email

  • Jangan sambut pelanggan Anda

Anda baru saja menambahkan orang baru ke daftar email Anda. Selamat!

Orang ini datang ke situs web Anda, datang ke halaman arahan Anda, melihat ajakan bertindak Anda dan mengisi bidang yang diperlukan untuk mendaftar. 

Sudah jauh bagi mereka untuk sampai di sini – daftar email Anda, jelas, mereka peduli dengan bisnis Anda.

Jadi bagaimana sekarang?

Jika Anda hanya menghubungi mereka saat Anda memiliki buletin atau kampanye penjualan, maka Anda membuat kesalahan besar. 

Email selamat datang sangat penting dan harus dikirim segera setelah ditambahkan ke daftar Anda. Ingat bahwa email selamat datang memiliki tingkat tertinggi dari semua jenis email lainnya dengan tingkat terbuka hingga lebih dari 80%.

  • Mengirim banyak email

Bahkan jika Anda berada di bawah tekanan numerik, itu tidak berarti harus terus-menerus membombardir Kotak Masuk pelanggan Anda. 

Rata-rata pekerja kantor menerima lebih dari 120 email per hari – itu lebih dari 44.000 email per tahun! Mereka menerima banyak email setiap hari, jadi jangan kaget ketika mereka berhenti berlangganan email.

  • Jangan pisahkan file email  (segmen)

Jangan berpikir bahwa pelanggan Anda hanya ingin menerima informasi Anda, jadi Anda hanya perlu memenuhi kebutuhan mereka. 

Yang kamu lakukan itu salah. Beberapa orang hanya ingin promosi dan kupon, sementara ada orang yang hanya ingin membaca informasi Anda melalui buletin. 

Setiap pelanggan memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda, dan dalam pemasaran email, Anda harus memisahkan dan memecahnya menjadi grup dan file yang berbeda.

Next Post Previous Post