Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

65+ Ide Jualan Makanan Yang Laris Di Kampung

Pengusaha atau seorang pebisnis bisa sukses dimana saja. Tidak hanya di wilayah perkotaan, mereka juga bisa sukses jualan makanan yang laris di kampung. Terbukti, sebagian besar pengusaha yang menjalankan usaha kecil di Indonesia berbasis di daerah pinggiran. Anda memiliki peluang penghasilan sendiri dengan jualan makanan yang laris di kampung.

Kendala banyak dihadapi oleh pemula yang ingin membuka usahanya yaitu : jualan apa yang laku di kampung saat ini?

Ya banyak sekali kendala, hambatan ketika ingin menemukan ide jualan makanan yang laris di kampung saat ini. 

Ide Jualan Makanan Yang Laris Di Kampung

Memang berbisnis di bidang kuliner menjadi salah satu pilihan terbaik bagi banyak orang, baik di perkotaan maupun pedesaan. Sudah banyak sekali yang menjalankan bisnis kuliner. dan itu terbukti menguntungkan bagi wirausaha dengan cara jualan makanan yang laris di kampung.

Terbukti trend dari produk kuliner yang dijual baik online maupun offline. Masa pandemi, saat ini adalah momen tepat bagi kalian yang mengawali usaha kuliner dari rumah.

Tidak sedikti orang bingung untuk usaha, mereka bingung untuk mengawalinya. Terutama produk dan tempat untuk berjualan dan lain sebagainya.

Nah, kebingungan mereka itu biasanya memikirkan beberapa pertanyaan :

  1. jualan makanan apa yang cocok di kampung musim pandemi ini?
  2. jualan apa dirumah yang laris dan simpel? 
  3. jualan apa yang gampang laku dan tidak ribet?
  4. jual makanan apa yang menguntungkan?
  5. jualan makanan yang laku setiap hari, produk makanan apa ya ?
  6. jualan makanan apa yang cepat laku untuk saat pandemi ini?
  7. jualan makanan dengan modal 20 ribu, apa bisa?
  8. jualan makanan ringan apa yang laku setiap hari, contohnya apa ya ?
  9. jualan cemilan yang laris di kampung?
  10. ide jualan makanan apa yang kekinian dan banyak dicari sekarang?
  11. jualan makanan online yang laku setiap hari, di mana ngejualnya ya ?

Apa syaratnya untuk mengawali ?

Syarat yang wajib dipenuhi agar jualan makanan yang laris di kampung adalah dengan pilihan hidangan harus tepat, kualitas makanannya yang ok, lapak memiliki dengan baik, menu dengan rasanya enak, dan pelayanannya ramah. Ini adalah persyaratan paling penting bagi perusahaan kalian untuk menjual dengan baik di pasar. 

Bagaimana untuk menjalankan bisnisnya? 

Agar bisnis jualan makanan yang laris di kampung kalian bisa berkembang secara normal, kamu juga harus terbiasa dengan manajemen keuangan, strategi pemasaran, dan banyak hubungan. Ini sangat penting untuk kelangsungan usahamu nanti agar sukses.

Jualan apa yang laku di kampung saat ini?

Penjualan mana yang laris manis di desa? Pertanyaan ini mulai diteliti oleh banyak orang karena kini kontribusi desa atau desa tidak kalah besar dalam menolong perekonomian nasional. Lalu, kesempatan usaha di desa yang laris manis dan tidak jarang dilihat sebelah mata oleh para pembisnis dari kota yang merantau ke kota memberikan kesan bahwa kesempatan usaha di desa tidaklah bagus.

Namun asumsi bahwa ekonomi pedesaan wajib  tertinggal jauh pada belakang ekonomi perkotaan merupakan sepenuhnya salah, pemerintah pusat kini  sedang gencar melakukan pembangunan pada penduduk permukiman desa. Sehingga semakin besar dan luas peluang penjualan di wilayah desa tersebut.
Ada aneka macam peluang usaha yang menguntungkan pada desa yang bisa kalian garap untuk sebuah awal bisnis kuliner. Selain perkembangan teknologi dan informasi saat ini, internet jua mampu merambah ke pedesaan. Hal ini bisa memudahkan buat mengidentifikasi peluang penjualan di wilayah pedesaan.

Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Inspirasi dan ide jualan makanan bisa didapat dari mana saja. Bisa dari informasi google, ide dari lingkungan rumah kalian, atau dari baca majalah-majalah bisnis yang relevan dari produk makanan itu. 

Inspirasi dan ide awal itu sangat penting agar hasil usaha yang akan dibangun nanti dapat menghasilkan dan berkembang.

Yuk pilih salah satu ide usaha berikut ini yang cocok buat kalian awali:

1. Fried Chicken (Ayam Goreng Crispy)


Peluang untuk memulai bisnis ayam goreng sangat tinggi, namun harus diingat bahwa kamu akan menghadapi banyak pesaing, dan sekarang banyak perusahaan lain yang juga bereksperimen dengan menu ayam goreng.

Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan bisnis ayam goreng kamu dengan matang agar tetap kompetitif dan mengungguli pesaing kamu.

2. Usaha kuliner Pecel Lele

Mengoperasikan bisnis ikan lele adalah pilihan usaha yang tepat. Pecel lele merupakan hidangan  masakan yang digemari oleh masyarakat kita.

Ada banyak alasan mengapa bisnis lele patut dicoba yaitu bahan baku mudah didapatkan. Kemudian pengolahannya pun sangat sederhana dan relatif singkat. Karena alasan inilah sehingga banyak orang memilih menu masakan ikan lele ini untuk makan malam.

3. Jualan Bakso


Bakso adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Olahan daging sapi ini banyak digemari oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, makanan ini memang memiliki rasa yang lezat. Jualan bakso di wilayahmu mungkin cocok untuk dikembangkan.

4. Kue Kering


Jika kamu pinter membuat kue, maka usaha ini cocok sekali untuk dicoba dirumah. Menu kue sangat beraneka ragam. Jadi buatlah rumah produksi kue kering dan lainnya agar kamu mempunyai produk kue dengan banyak varian model dan rasa. Rumah produksi kue kering ini saat ini menjadi pilihan sejumlah warga di kota maupun di kampung. 

Apalagi ketika menjelang hari raya idulfitri biasanya umat muslim mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan di hari raya. Salah satunya menyiapkan berbagai menu kue sebagai sajian di meja tamu. 

5. Kios Warung Sayuran


Menjamurnya warung, toko kios ataupun rumah banyak dijadikan tempat menjual sayur mayur dan bumbu sebagai kebutuhan memasak dapur. Peluang yang terbuka luas jika kalian ingin memulai dengan usaha ini. Mengingat banyak para ibu ibu membeli kebutuhan masak sehari-hari untuk diolah. 

6. Usaha Kuliner bahan Ketela

Peluang usaha makanan dengan bahan ketela atau singkong sangat mudah untuk didapatkan bahan bakunya. Apalagi jika disekitar lingkunganmu banyak sekali pohon singkong. Buatlah bahan makanan yang terbuat dari ketela atau singkong. Misalnya : getuk, bubur dari singkong, jajanan berbahan singkong. Hal ini bisa meraup keuntungan jika diolah dan dipasarkan dengan maksimal.

7. Gorengan


Siapa sih yang gak kenal makanan gorengan? sudah banyak dijumpai di kota maupun dipelosok bahwa makanan ringan yang sering di butuhkan adalah gorengan. Kalau kalian jago membuat gorengan apalagi di kombinasi dengan bumbu kacang yang enak, ini bisa menjadikan income yang terus menerus mengalir.

8. Bisnis Aneka Kerupuk


Peluang aneka kerupuk saat ini menjanjikan lho, sebab kerupuk adalah makanan pelengkap saat kita makan ataupun sekedar hanya untuk camilan saja.

Keahlian membuat kerupuk yang enak tentu saja tidak semua orang bisa membuatnya. Jika kamu ahli membuat kerupuk ikan misalnya tak ada salahnya peluang untuk bisnis itu terbuka lebar. Mengingat kerupuk sebagai pelengkap jika kita makanan. Pastinya banyak orang yang membutuhkannya.   

Bisnis ini pun bisa dititipkan pada warung-warung klontong atau tempat warung makan sederhana. Jadi bisnis ini termasuk makana yang laris di kampung ataupun dikota.

9. Kue Basah


Di tengah gempuran makanan cepat saji dan tempat makan modern, bisnis jajanan basah tradisional tetap menjanjikan untuk kalangan tertentu. Peluang pun masih tetap terbuka untuk pengusaha pemula sekali pun. Jika kamu mahir dalam membuat pastry kue basah sangat cocok untuk bisnis usaha dirumah bahkan tanpa modal. 

Misalkan dengan menawarkan jajajan dengan sistem PO artinya pesan dahulu baru diproduksi setelah ada pembayarannya. Tentu sistem ini sangat membantu bagi kalian yang memiliki modal nol sekalipun bisa dilakukan sendiri di rumah.  

10. Jamu


Manisnya bisnis dan usaha jamu kekinian saat pandemi covid sangat cocok buat kalian yang mencari peluang usaha saat ini. Peningkatan permintaan akan jamu saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
  
Mereka banyak mencari jamu untuk menjaga kondisi tubuhnya saat pandemi. Oleh karena ini peluang meraup untung dari keahlian membuat jamu bisa menjadi alternatif usaha dirumah. 

11. Warung Makan Sederhana


Seringnya kita jumpai warung makanan di sekitar kita. Namun persaingan dalam usaha warung makanan sederhana ini sebetulnya tinggi sekali. Dengan tingginya persaingan kita bisa memanfaatkan peluang itu dengan keahlianmu dengan membuat hidangan makanan yang yang beraneka ragam pilihan dan memiliki rasa yang ok. 

Pada dasarnya orang akan senang jika kita menawarkan banyak pilihan apalagi dengan rasa yang enak dan cocok bagi orang yang pernah membeli. Tiak heran pastinya mereka akan kembali lagi membeli makanan lagi di warung makan kalian.

12. Warung Kedai Kopi

13. Sosis Bakar

14. Ide Bisnis Makanan Hasil Budidaya

15. Aneka Keripik Renyah yang Gurih

16. Roti Bakar

17. Sate Taichan

18. Ayam Geprek

19. Produksi emping

20. Dagang Pempek

21. Cake Ulang tahun

22. Makanan bahan dasar jagung
  • Popcorn
  • Jagung Rebus
  • Kolak Jagung
  • Susu jagung
23. Nasi Bakar

24. Tahu bulat

25. Lotek

26. Pecel

27. Piscok

28. Seblak

Variasi menu seblak juga kini sudah beraneka macam seperti:
  • Seblak basah
  • Seblak ceker
  • Seblak tulang
  • Seblak makaroni
29. Cilok

30. Kue Bantal Manis

31.Risoles

32. Nasi Kuning

33. Nasi Uduk

34. Jajanan Tradisional

Jajanan tradisional banyak sekali kita temukan di pasar tradisional. Variannya banyak sekali untuk di pilih, dari yang manis sampai yang asin. Namun, di zaman modern ini, jajanan tradisional agak sulit ditemukan. Namun jajanan tradisional di pasaran tetap tersedia. Masih banyak orang yang membutuhkannya. Nah ini bisa diambil peluang untuk jualan makanan yang laris di kampung kalian. Siapa tau bisa sukses lho.

Jenis-jenis jajanan tradisional bisa sebagai referensi dan mudah ditiru sebagai usaha yang laris adalah:
  1. Lopis (Atau Lupis)
  2. Nagasari
  3. Kue Pukis
  4. Serabi
  5. Wajik
  6. Kue Putu
  7. Kue Talam
  8. Dadar Gulung
  9. Getuk
  10. Klepon
  11. Kipo
  12. Kue Cucur
  13. Kue Lapis
  14. Kue Lumpur Pisang
  15. Onde-Onde
  16. Otak-Otak
  17. Pastel
  18. Lapis Legit
  19. Lemper
  20. Pisang Molen
  21. Putu Ayu (Kue Putu Mangkok)
  22. Appam (Kue Apem)
  23. Bolu Kukus
  24. Cenil (Cetil)
Jika masih kurang untuk menemukan ide dan isnpirasi bisa kunjungi situs lengkap mengenai resep makanan disini.

Nah itulah daftar ide ide jualan makanan yang laris di kampung yang bisa kalian coba di rumah. Kira-kira ada gak yang kamu pilih satu atau beberapa daftar tadi sebagai ide untuk bisnis mu? bisikin aja di komentar dibawah ya. Terimkasih.