5 Cara Pemindahan Data Komputer ke Komputer Lain

Pemindahan data komputer ke komputer lain - Bagaimana cara memindahkan semua file dari satu komputer ke komputer lain? 

Bahkan jika Anda ingin memindahkan semua data, hanya data yang diperlukan saja. 

Di bawah ini ada 5 cara yang bisa membantu Anda mentransfer file dari satu PC ke PC lain dengan cepat dan mudah, yuk simak!

5 Cara Pemindahan Data Komputer ke Komputer Lain

Ada banyak cara untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan perangkat penyimpanan eksternal, seperti hard drive, flash drive, atau kartu SD. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jaringan area lokal (LAN) atau internet untuk mentransfer data.

Berikut adalah beberapa cara pemindahan data komputer dengan aman untuk menghindari kehilangan data.

1. Gunakan media penyimpanan eksternal

Ini adalah cara yang paling banyak digunakan orang, cepat dan tidak memerlukan biaya terlalu banyak. 

Masukkan drive USB ke komputer dan salin datanya. Setelah menyalin, colokkan drive USB ke komputer lain dan tempelkan (copy paste) kembali datanya. 

Sangat sederhana dan mudah dioperasikan. Anda dapat menggunakan hard drive eksternal untuk menyimpan data jika file data Anda terlalu besar. 

Hard drive yang dapat dilepas memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada USB.

2. Bagikan melalui LAN atau wifi

PC atau Laptop yang berdekatan bisa berbagi file dan folder dengan dua cara yaitu:

  • Cara pertama adalah membuat jaringan area lokal (LAN), sehingga Anda bisa membuka file di PC lain seperti membuka file di PC sendiri.
  • Cara kedua adalah menggunakan perangkat lunak untuk mengirim file melalui Wi-Fi.

Semua sistem operasi utama memiliki opsi bawaan untuk menyiapkan jaringan. Hal ini memungkinkan perangkat di router yang sama (terhubung melalui Ethernet atau Wi-Fi) untuk mengenali satu sama lain secara permanen. 

Jadi ketika Anda mentransfer file antar komputer, Anda tidak perlu membuat koneksi baru setiap kali koneksi selalu aktif, selama kedua mesin menyala. Anda dapat mengaturnya di folder Jaringan, lihat di sini.

3. Layanan Penyimpanan Cloud

Salah satu cara yang juga banyak digunakan oleh banyak orang adalah dengan menggunakan cloud storage untuk menyimpan filenya.

Namun, proses ini bisa memakan waktu lama, mulai dari beberapa menit hingga beberapa hari, tergantung kualitas koneksi internet serta jumlah file yang ingin disimpan.

Anda dapat memilih penyedia layanan penyimpanan cloud Anda sendiri seperti: Google Drive, Dropbox, OneDrive, iCloud.

Driver cloud adalah pilihan yang bagus karena ukuran filenya hampir tidak terbatas, selama Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup. 

Selain itu, jika kedua komputer sedang menyinkronkan folder lokal, maka saat satu komputer mengunggah file, komputer lain akan mengunduhnya secara bersamaan.

4. Gunakan kabel port USB untuk mengkonversi data

Untuk pemindahan data komputer dari satu mesin ke mesin lain dengan cara ini, Anda memerlukan kabel jembatan USB atau kabel jaringan USB. 

Ini lebih cepat dibandingkan menggunakan drive yang dapat dilepas karena penyalinan dan penempelan dilakukan secara bersamaan antar sistem yang terhubung. 

Saat menggunakan drive eksternal, pada dasarnya Anda beralih di antara tiga drive tetapi kabel menguranginya menjadi dua.

Windows ke Windows: Jika Anda mentransfer file dari satu komputer Windows ke komputer lainnya, colokkan kabel USB ke kedua komputer.

Tunggu hingga kedua komputer mengenali kabel dan menginstal driver secara otomatis.

Setelah Anda menginstal driver kabel USB, unduh dan instal perangkat lunak transfer data untuk kedua komputer. Setelah siap, luncurkan aplikasi transfer di kedua komputer dan sekarang Anda dapat mulai mentransfer file.

Mac ke Mac: Anda dapat menghubungkan dua komputer Mac melalui kabel Thunderbolt berpemilik. Setelah Anda melakukannya, kedua komputer akan saling mendeteksi, dan mentransfer file semudah menyeret dan melepaskannya antar sistem.

5. Hubungkan HDD atau SSD secara manual

Ini adalah solusi tercepat di antara solusi BenComputer yang disebutkan di atas. Tapi menurut saya ini cukup rumit.

Hard disk drive (HDD) dan beberapa Solid State Drive (SSD) menggunakan kabel SATA standar untuk menyambung ke motherboard. 

Jika Anda memiliki port SATA atau eSATA (SATA eksternal) cadangan, sambungkan hard drive lama Anda di sana. Sistem operasi akan mengenalinya sebagai drive baru. Kemudian mulailah mentransfer file.

Berbeda dengan PC, sulit mencari port SATA cadangan di laptop. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan solusi lain, seperti hard drive yang dapat dilepas atau stasiun dok USB, untuk mengambil data dari hard drive Anda. 

Apa pun pilihannya, mentransfer file dari satu laptop ke laptop lainnya sangatlah mudah.

Metode apa pun yang Anda pilih untuk pemindahan data komputer antar komputer , cepat dan nyaman. 

Perlu dipahami, bahwa saat mentransfer dengan banyak data, maka harus menggunakan koneksi kabel antar komputer. Namun jika datanya hanya beberapa GB maka gunakan salah satu opsi nirkabel.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url