5 Learning Management System (LMS) Terbaik untuk Pembelajaran

sumber: pexel.com | Learning Management System (LMS) Terbaik


Learning Management System (LMS) Terbaik untuk Pembelajaran - Di era teknologi pendidikan saat ini, istilah LMS sudah terlalu familiar dan telah menjadi alat manajemen yang efektif bagi mereka yang bekerja di sektor pendidikan. Lalu bagaimana pengertian LMS yang benar? 

Apa pengertian dan manfaat LMS ? Dan apa saja sistem LMS terbaik saat ini? Yuk simak artikel berikut untuk menjelajahi dan mendapatkan gambaran paling umum tentang sistem LMS.

Apa itu LMS?

LMS adalah singkatan dari Sistem Manajemen Pembelajaran. Sistem manajemen pembelajaran adalah perangkat lunak yang membantu dalam membuat, mengelola, mengatur, dan menyampaikan materi pelatihan online kepada peserta didik. 

Pengertian dari singkatan Learning Management System (LMS) :

Learning atau Pembelajaran: Tujuan utama LMS adalah untuk menyediakan dan menyederhanakan pembelajaran dalam organisasi Anda. Dengan LMS, Anda dapat selalu memperbarui pengetahuan karyawan Anda.

Manajemen: Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat mengatur dan mengelola kursus online, peserta, dan hasil. Anda juga dapat menganalisis efektivitas materi pelatihan Anda.

Sistem: Sistem adalah kumpulan hal-hal yang bekerja sama sebagai bagian dari suatu mekanisme atau jaringan. Dalam hal ini, kata lain dari perangkat lunak yang menjadi lebih profesional dan mahal.

Manfaat LMS

  • Menghemat biaya pencetakan, perjalanan, menyewa ruang pengajaran, dan mempekerjakan staf di lokasi dengan paling efektif
  • Menghemat waktu perjalanan bagi guru dan siswa, waktu dan tenaga dalam pengorganisasian kelas bagi administrator
  • Mempersempit kesenjangan geografis, membantu menghubungkan siswa dan guru di seluruh wilayah negara, atau bahkan di seluruh dunia, sehingga siswa dapat mengakses pengetahuan yang bermanfaat, Metode pengajaran berkualitas dari guru yang baik. Secara khusus, siswa yang berada di daerah terpencil atau kondisi sulit juga mempunyai kesempatan yang sama untuk mengakses seperti orang lain.
  • Perbarui dokumen dan konten pembelajaran dengan cepat dan mudah. Materi pembelajaran disimpan dalam satu tempat, sehingga memudahkan pengelola untuk mencari, menambah, mengedit, atau menghapus kapan saja. Selain itu, siswa dapat dengan cepat memperbarui perubahan.
  • Meningkatkan interaksi dan minat siswa dalam belajar di kelas online. Sistem LMS, siswa dapat belajar melalui contoh ilustratif dengan gambar, suara, video, dan fitur interaktif yang menarik, sehingga pembelajaran online tidak lagi membosankan.

Learning Management System (LMS) Terbaik untuk Pembelajaran

Sistem LMS terbaik dan paling menonjol di pasaran saat ini adalah:

1. Sevima

PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan (EdTech). 

SEVIMA LMS

Sejalan dengan slogan SEVIMA  #revolutionizeEducation, kami memelopori solusi sistem informasi akademik 1.1 di Indonesia, melanjutkan komitmen kami dalam menghadirkan solusi inovatif dalam dunia pendidikan Indonesia. 

Dengan menyediakan platform pendidikan terintegrasi untuk institusi pendidikan tinggi dan telah melayani lebih dari 950+ universitas dengan total  lebih dari 3 juta pengguna. Selengkapnya: https://sevima.com/

2. Blackboard

SEVIMA LMS

Blackboard adalah sistem manajemen pembelajaran papan tulis virtual yang didirikan dan dikembangkan oleh Blackboard Inc., membantu membangkitkan kecintaan belajar dan terus meningkatkan metode pengajaran. Dengan sistem LMS Blackboard, ini membantu manajer dengan mudah mengelola fitur desain kursus, fitur perluasan, dan integrasi dengan informasi siswa.

Saat ini, banyak sekolah di Indonesia yang menerapkan sistem LMS Blackboard dalam merancang kursus untuk setiap siswanya. Blackboard mendukung berbagai platform, siswa dan guru dapat dengan mudah mengaksesnya melalui ponsel, komputer, atau tablet dalam situasi apa pun. Siswa dapat dengan cepat dan mudah mengakses data yang diperlukan untuk kursus, informasi kursus, dan pengumuman guru.

Guru dapat dengan mudah membuat tes dan latihan untuk siswanya lalu menilai, mempublikasikan skor, dan mencatat komentar untuk setiap siswa. Secara khusus, Blackboard mendukung akses ke alat anti-plagiarisme, yang merupakan alat yang diinginkan setiap pendidik. (https://www.blackboard.com/)

3. Schoology

Sistem manajemen pembelajaran Schoology adalah salah satu perangkat lunak yang dipilih banyak orang karena fitur-fiturnya yang beragam dan cerdas. Schoology bertujuan untuk menghubungkan dan berinteraksi antara guru dan siswa melalui lingkungan pendidikan online di semua tingkatan yang Schoology ciptakan berbagai alat yang berguna dalam pembelajaran siswa.

Melalui sistem LMS ini, guru dapat dengan mudah memantau dan segera memahami proses pembelajaran siswanya. Dengan fitur “Tambah Materi”, guru dapat membuat pekerjaan rumah dan latihan soal tes dalam berbagai format yang tersedia, membantu siswa mengingat dan mengetahui bagian mana dari pengetahuannya yang kurang.

Setelah itu, siswa dapat mengetahui skor mereka berkat bagian penyimpanan skor "Buku Nilai" dan menerima komentar guru untuk pengembangan yang lebih baik berkat bagian "Lencana". Selain itu, guru dapat menerapkan fitur "Kehadiran" untuk mencatat kehadiran secara otomatis, sehingga mendukung mereka dalam pengelolaan kelas yang lebih baik.

Selain itu, siswa dalam satu kelas dapat berdiskusi dan bertukar ilmu satu sama lain melalui bagian “Diskusi” atau melalui jejaring sosial yang disediakan sistem Schoology LMS. Berkat fitur berguna yang dihadirkan Schoology, pembelajaran menjadi lebih sederhana dan mudah bagi semua orang. 

KELEBIHAN :

Fitur lengkap dan canggih untuk pembelajaran online. - Dukungan komunitas yang luas. - Gratis untuk penggunaan personal dan lembaga pendidikan.

KEKUARANGAN : 

Fitur-fitur tertentu mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna tertentu. - Dukungan teknis terbatas.

4. MindFlash

MindFlash adalah aplikasi yang menyediakan sistem manajemen pembelajaran LMS untuk segmen kelas atas termasuk organisasi dan perusahaan besar. Ini adalah perangkat lunak yang memberikan solusi manajemen paling optimal dan efektif bagi perusahaan dan pusat saat bekerja dari jarak jauh.

Dengan LMS MindFalsh, perusahaan dapat dengan mudah mengunggah ceramah yang mereka buat sendiri, mendukung analisis bisnis, dan manajemen program. Selain itu, buatlah pertemuan untuk ngobrol dan berdiskusi secara langsung.

Mindflash memiliki tiga paket harga yang berbeda, rata-rata sekitar $3500, tergantung pada kebutuhan dan tujuan penggunaan.

5. Canvas LMS system

Sistem manajemen pembelajaran online Canvas dikelola dan dikembangkan oleh perusahaan Instruktur. Pengguna dapat dengan mudah mengatur dan mengatur pengelolaan pembelajaran menjadi lebih efektif. Secara khusus, Canvas juga merancang sistem untuk tunarungu.

Canvas LMS system menciptakan ruang pembelajaran kolaboratif dengan kerangka obrolan dan berbagi sumber daya. Selain itu, Canvas juga terintegrasi dengan jejaring sosial seperti Facebook dan Google, sehingga pengguna dapat dengan mudah login dan berbagi informasi dengan nyaman.

6. Odoo

ODOO LMS

Odoo adalah sebuah sistem manajemen bisnis yang komprehensif, dengan berbagai aplikasi untuk berbagai bidang, seperti manajemen bisnis, akuntansi, manajemen persediaan, CRM (Customer Relationship Management), dan banyak aplikasi lainnya.

Beberapa kelebihan dari Odoo meliputi:

  • Integrasi berbagai aplikasi: Odoo menyediakan banyak aplikasi manajemen yang berbeda dalam satu sistem, membantu mengoptimalkan proses bisnis.
  • Sumber terbuka: Odoo adalah perangkat lunak sumber terbuka, yang berarti Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  • Antarmuka yang ramah: Antarmuka Odoo mudah digunakan, membantu pengguna berinteraksi dengan sistem dan memahami cara menggunakannya.
  • Komunitas besar: Ada komunitas pengguna Odoo yang besar, yang berarti ada banyak dokumen dan dukungan online yang tersedia.

Namun, ada juga beberapa kelemahan dari Odoo:

  • Persyaratan teknis: Menyesuaikan Odoo bisa membutuhkan pengetahuan teknis yang tinggi.
  • Fitur lanjutan berbayar: Beberapa fitur lanjutan dalam Odoo mungkin memerlukan biaya tambahan.
  • Persyaratan sumber daya sistem: Odoo dapat memerlukan sumber daya sistem yang cukup besar, terutama untuk bisnis yang lebih besar.

Selengkapnya : www.odoo.com

Penutup

Dalam dunia pendidikan dan pelatihan modern, pemilihan Learning Management System (LMS) yang tepat adalah kunci keberhasilan. Di artikel ini, kami telah menjelajahi lima LMS terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan kalian. 

Dari Sevima yang telah merevolusi pendidikan di Indonesia, hingga Blackboard yang mendukung berbagai platform, Schoology dengan fitur-fitur cerdasnya, MindFlash untuk perusahaan besar, dan Canvas LMS System yang memfasilitasi pembelajaran kolaboratif. 

Pilihan ada di tangan kalian, tetapi dengan alat-alat ini, diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pembelajaran online lebih efektif. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dalam memilih learning management system (LMS) terbaik untuk mencapai tujuan pendidikan kalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url