Apa Itu Kartu Kredit? Fungsi Dan Manfaat Kartu Kredit

Keuntungan menggunakan kartu kredit

Kartu kredit menjadi semakin populer dan populer. Jika kalian belum memahami secara jelas kartu kredit, fungsi, manfaat dan cara membedakan kartu kredit dan kartu debit, silakan ikuti artikel di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Apa itu kartu kredit?

Kartu kredit merupakan media alat pembayaran yang diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan, yang digunakan oleh pemegang kartu untuk melakukan pembayaran secara kredit.

Sederhananya, saat berbelanja di supermarket, pusat perbelanjaan, toko, dll, kalian bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar barang kemudian mengembalikannya dengan cara cicilan ke bank.

Kartu kredit berguna untuk membayar tagihan belanja, perjalanan, listrik, air, internet, pembelian online, tiket bioskop, tiket pesawat dan kereta api, dll. Selain itu, penawaran yang sangat istimewa. 

Keuntungan lain dari banyaknya jenis kartu kredit adalah mengizinkan pengguna dalam membayar cicilan 0%. Keuntungan di atas serta kemudahan tidak perlu membawa uang tunai membuat kartu kredit semakin digemari semua orang.

Poin Hadiah Kartu Kredit Terbaik

Bagi yang mencari keuntungan lebih, banyak jenis kartu kredit yang menawarkan poin hadiah yang menggiurkan. 

Kamu dapat mengumpulkan poin hadiah kartu kredit dengan setiap transaksi dan menukarkannya dengan hadiah yang menarik. Temukan kartu kredit dengan program poin hadiah terbaik untuk memaksimalkan manfaatnya.

Bagaimana Memperbaiki Skor Kredit Pinjaman

Skor kredit kalian adalah faktor penting dalam keuangan kalian. Memahami cara memperbaiki skor kredit yang buruk bisa sangat bermanfaat. 

Ini melibatkan pembayaran tepat waktu, mengurangi utang dan menjaga catatan kredit yang bersih. Dengan skor kredit yang baik, kalian akan mendapatkan akses lebih baik ke berbagai layanan keuangan.

Keuntungan dari banyak jenis kartu kredit adalah mereka mengizinkan pengguna membayar dengan cicilan 0%. Keuntungan di atas serta kemudahan tidak perlu membawa uang tunai membuat kartu kredit semakin digemari semua orang.

Cara membedakan kartu kredit

Kartu kredit

Kartu kredit mempunyai beberapa metode klasifikasi atau perbedaan jenis kartu yaitu:

  • Klasifikasi berdasarkan jenis kartu: jenis kartu sering diatur oleh bank tergantung pada limit kartunya, biasanya dibagi menjadi: kartu platinum, kartu emas, kartu standar.
  • Diklasifikasikan berdasarkan pemegang kartu: termasuk kartu kredit korporat untuk perusahaan, bisnis, organisasi, dan kartu kredit pribadi untuk pelanggan perorangan.
  • Diklasifikasikan berdasarkan tujuan penggunaan: kartu ini sering diterbitkan oleh lembaga keuangan bersama dengan penyedia layanan pihak ketiga untuk memberikan manfaat bagi pelanggan seperti: kartu loyalitas, kartu cashback, digunakan untuk perjalanan dan beberapa kartu hak istimewa lainnya.
  • Diklasifikasikan berdasarkan ruang lingkup penggunaan: termasuk kartu kredit domestik dan kartu kredit internasional.


Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Kartu Kredit?

Saat membuat dan menggunakan kartu kredit, kalian perlu memperhatikan poin penting berikut ini:

  • Batas kartu kredit: ini adalah jumlah batas maksimal yang didapat saat pembelanjaan oleh pemegang kartu. Tinggi rendahnya jumlah limit kartu tergantung pada kemampuan finansial dan sejarah reputasi pemohon pada saat pembukaan kartu baru.
  • Laporan kartu kredit: adalah daftar transaksi berupa rincian lengkap selama jangka waktu tertentu (periode laporan).
  • Tingkat pembayaran minimum: adalah jumlah total minimum yang harus dibayar oleh pemegang kartu ke bank untuk menghindari biaya keterlambatan pembayaran. Keterlambatan pembayaran akan mengakibatkan kalian terdaftar sebagai kredit macet dan tidak lagi menikmati keuntungan dari bank dan lembaga kredit lainnya. Tingkat pembayaran minimum tergantung pada masing-masing bank umumnya 5% dari saldo terhutang pada periode tersebut.
  • Suku bunga kartu kredit: adalah suku bunga yang dihitung atas sisa saldo pemegang kartu setelah masa bebas bunga berakhir. Agar lebih mudah memahaminya, bisa dibayangkan jika setiap bulan sudah waktunya membayar kembali ke bank dan kalian masih belum melunasinya, maka akan dikenakan bunga berdasarkan sisa saldo.


Fungsi kartu kredit

Fungsi kartu kredit

Pascabayar

Fungsi utama kartu kredit, memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam bertransaksi. kalian dapat menggunakan kartu kredit untuk membayar langsung di toko, restoran, hotel.

Fungsi lainnya kartu kredit untuk membayar tagihan belanjaan, tagihan listrik dan air, serta reservasi tiket pesawat secara online.

Fungsi ini tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga membantu pemegang kartu mengelola keuangannya. Dengan menggunakan kartu kredit, kalian tidak perlu membawa dana tunai saat bepergian dan dapat membayar tagihan secara bertahap.

Penarikan tunai

Selain membayar langsung dengan kartu, kalian juga bisa menggunakan kartu kredit untuk menarik uang tunai di ATM bila diperlukan.

Cicilan

Saat ini, banyak toko dan situs e-commerce yang bekerja sama dengan unit keuangan untuk memungkinkan pembeli membayar secara mencicil dengan kartu kredit. Selain itu, untuk beberapa produk, kalian juga berkesempatan menikmati bunga 0% jika mencicil menggunakan formulir ini.


Keuntungan menggunakan kartu kredit

1. Praktis

Keunggulan kartu kredit terletak pada kenyamanannya. kalian hanya perlu membawa kartu yang ringkas, bukan setumpuk uang tunai saat keluar. 

Hal ini membuat kalian lebih nyaman saat bepergian dan terlebih lagi terhindar dari pencurian karena kalian cukup menghubungi hotline unit keuangan untuk meminta kuncian sementara kartu tersebut, tidak akan ada uang yang hilang.

2. Mengurangi tekanan keuangan

Kartu kredit memungkinkan penggunanya membayar dimuka dan membayar kembali ketika jatuh tempo, hal ini membantu pemegang kartu mengurangi tekanan finansial karena pada dasarnya mereka meminjam sejumlah uang di muka.

3. Pembayaran fleksibel

Kamu dapat membayar tagihan secara fleksibel dengan menggunakan kartu langsung di toko, pusat perbelanjaan, hotel, restoran, atau menggunakan informasi yang tercetak di kartu untuk membayar secara online.

Nikmati banyak kebijakan promosi

Keuntungan besar bagi pemegang kartu kredit adalah menikmati kebijakan promosi khusus. Hal ini karena unit keuangan sering kali bergabung dengan pihak ketiga lainnya untuk menawarkan promosi ketika membayar dengan kartu mereka.

4. Kelola pengeluaran dengan mudah

Kartu kredit memudahkan dalam mengelola pengeluaran. Setiap melakukan transaksi akan dicatat dan disimpan, sehingga kamu mudah melacak dan mengontrol pengeluaran dengan mudah. Maka dari itu dalam mengelola kartu kredit dengan bijak kuncinya lacak, kelola dan kontrol.

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang praktis dan memiliki banyak manfaat. Namun, kartu kredit juga memiliki risiko jika tidak digunakan dengan bijak. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menggunakan kartu kredit dengan bijak agar tidak terjebak dalam utang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url