Sejarah Perjalanan Game Legendaris Super Mario Bros

Sejarah Permainan Super Mario Bros - Sejak awalnya yang sederhana hingga menjadi ikonik, Super Mario Bros telah menorehkan sejarah legendaris dalam industri permainan video dengan menarik perhatian jutaan pemain dan mengubah wajah industri game hingga saat ini. 

Selama beberapa dekade terakhir, ada beberapa video game yang berhasil mencuri perhatian banyak generasi dan mendapatkan tempat istimewa di hati para pemain. 

Namun, meski begitu, Super Mario tetap menjadi lambang yang tak tergantikan dan mampu mendominasi kesadaran publik. Dengan pencapaian luar biasanya, permainan ini telah mencatatkan sejarah tersendiri dan menjadi tonggak penting dalam industri game yang tidak tergoyahkan. 

Hampir tidak mungkin bagi seseorang untuk tidak mengenal Mario, karena ia telah menjadi topik pembicaraan yang luas dari waktu ke waktu. Mario bukanlah hanya karakter pelengkap dalam debutnya di dunia permainan video, karena awalnya ia tidak disebut Mario.

Pada tahun 1981, ia muncul pertama kali dalam permainan arcade penuh revolusi yang bernama Donkey Kong sebagai Jumpman, seorang tukang kayu berpengalaman yang harus menyelamatkan Putri dari jeruji Donkey Kong. 

Dari sana, Mario mengalami evolusi yang menakjubkan. Dalam tiga dekade terakhir, ia telah tampil dalam lebih dari dua ratus permainan video game dan menjadi bagian integral dari ratusan judul lainnya. 

Di era 90-an, Mario telah menjadi salah satu ikon terbesar dalam sejarah permainan video, tidak hanya sebagai penyelamat putri yang terjebak tetapi juga sebagai simbol dari Nintendo secara keseluruhan.

Baca juga : 

Awal Nintendo

Tahun 1889 menjadi titik awal perjalanan yang luar biasa. Pada tahun tersebut, Fusajiro Yamauchi mendirikan sebuah perusahaan kecil bernama Nintendo Koppai ( wiki ), yang fokus pada produksi kartu judi tradisional Jepang yang dikenal dengan sebutan "hanafuda". Dalam beberapa dekade, bisnis ini tumbuh pesat dan Nintendo tetap menjadi salah satu produsen hanafuda terkemuka di dunia.

Namun, ketika Hiroshi, cucu Yamauchi, mengambil alih bisnis pada tahun 1956, ia berupaya untuk memperluas sumber pendapatan perusahaan dengan berinvestasi dalam berbagai sektor yang tidak selalu menguntungkan, seperti "hotel cinta" untuk pasangan yang sedang jatuh cinta, paket nasi, dan perusahaan taksi. 

Meskipun beberapa investasi tersebut tidak berhasil, pada tahun 1960-an, Hiroshi menemukan sektor baru yang mengantarkannya pada kesuksesan di pasar mainan elektronik. Terinspirasi oleh keberhasilan Atari, Hiroshi menetapkan misi untuk menjadikan perusahaan besar di industri permainan video game.

Pada tahun 1977, perusahaan memperkenalkan konsol Color TV-Game

Kemudian diluncurkan dengan versi yang berbeda dari suatu permainan yang pada awalnya merupakan versi perusahaan dari Pong. 

Dalam waktu tiga tahun ke depan, penjualannya terus meningkat dan mencapai lebih dari 3 juta unit terjual. Yamauchi, yang lebih muda, memiliki ambisi yang lebih besar dan memusatkan perhatiannya pada permainan video game arcade yang dimainkan dengan koin seperempat. 

Nintendo kemudian memproduksi 3.000 kabinet Radar Scope untuk didistribusikan di Amerika Serikat. Namun, sayangnya, para vendor arcade Amerika menganggap game tersebut terlalu mirip dengan Space Invaders.

Baca juga : 

Bunyi bip dan suara tidak berperan dalam membuat game menjadi tidak menarik secara umum. Perusahaan itu ditinggalkan dengan banyak mesin yang tidak terjual dan impian Amerika mereka tampaknya sirna. 

Kemunduran tersebut menginspirasi Yamauchi untuk kembali ke meja gambar dan meminta artis dan pengembang produk Shigeru Miyamoto untuk menciptakan game yang menarik bagi orang Amerika. Miyamoto memprioritaskan cerita terlebih dahulu dan mengambil inspirasi dari Popeye. 

Ia menciptakan karakter bernama Jumpman yang harus menyelamatkan pacarnya, Pauline, dari penculik gorila raksasa yang bernama Donkey Kong.

Pada tahun 1983, Mario akhirnya menjadi bintang dalam permainannya sendiri

Dia dan saudaranya Luigi, yang kini bekerja sebagai tukang ledeng di New York, diberikan tugas untuk mengatasi beberapa makhluk yang muncul dari selokan dalam permainan Arcade bernama Mario Bros.

Nintendo dan Mario melompat keluar dari arcade dan masuk ke ruang keluarga

Peristiwa ini terjadi ketika Family Computer dirilis di Jepang. Penjualannya melonjak di Jepang, dan setelah menjalani pengujian di beberapa lokasi di AS selama setahun, Nintendo Entertainment System akhirnya memasuki pasar Amerika pada bulan September 1986. Sistem ini diluncurkan dengan lebih dari dua belas permainan, termasuk salah satunya yang baru dan segera menjadi yang paling terkenal, yaitu Super Mario Bros.

Baca juga : Cara Top Up Diamond ML Pakai Pulsa

Evolusi Mario

Meskipun setiyan tidak bisa menyebutkan semua permainan yang menghadirkan karakter Mario di dalamnya, kami telah menyusun daftar beberapa game yang menandai momen penting dalam sejarahnya.

  • Donkey Kong (Arcade) – 1981

Pada saat itu, tak seorang pun menyangka bahwa "Jumpman" akan mengalami perkembangan dari karakter kecil menjadi karakter yang paling populer dalam sejarah permainan video game. Ketika muncul untuk pertama kalinya, sebagian besar ciri khas dari Mario sudah hampir lengkap, mulai dari topi merah yang terkenal, overall, hingga kumis khas Italia. Hal ini sungguh tak terduga bahwa karakter tersebut akan menjadi begitu terkenal dan ikonik di dunia permainan video game.

  • Donkey Kong (Game & Watch) - 1982 

Game genggam ini merupakan munculnya Mario yang kedua kalinya. Game ini memiliki latar belakang yang tetap, yang memungkinkan pengguna untuk membawa Mario dari bagian bawah layar ke atas. Walaupun Mario hampir tidak asing lagi dalam permainan tersebut, namun ada beberapa batasan dalam sistemnya.

  • Mario Bros. (Arcade) - 1983

Ini adalah game perdana yang menampilkan Mario dan saudaranya Luigi yang dirilis secara bersamaan. Terdapat beberapa perubahan kecil pada karakter Mario, salah satunya adalah hidungnya yang tidak terlalu mencolok.

  • Mario is Missing! (Super NES) - 1992 

Seperti yang dapat disimpulkan dari judulnya, Mario tidak ditemukan di mana pun dalam game ini, sehingga saudaranya Luigi menjadi karakter utama dalam game edukatif ini. Grafiknya memiliki kesamaan yang mencolok dengan Super Mario World.

  • Mario’s Tennis (Virtual Boy) – 1995

Produk ini dapat ditemukan di berbagai toko di Amerika Utara selama waktu kurang dari 6 bulan. Dalam total 22 game yang diluncurkan secara global, gim ini berhasil mendapatkan popularitas sebagai salah satu yang terbaik dengan peringkat bintang 4. Gim ini menawarkan berbagai sistem yang mengundang perhatian para gamer, menjadikannya salah satu yang paling terkenal di antara mereka.

  • Mario Kart: Double Dash (Gamecube) - 2003

Mario Kart pertama di konsol telah hadir setelah hampir sepuluh tahun, dan terdapat banyak hal menarik yang perlu diketahui. Permainan ini memang sangat menghibur, meskipun memiliki beberapa kekurangan, terutama dalam mode multipemain. Salah satu perbedaannya dengan permainan sejenis adalah kemampuannya untuk memungkinkan dua pemain naik di atas satu mobil kart, di mana satu pemain mengemudikannya sementara yang lain berpegangan di bagian belakang. Para pemain juga dapat dengan mudah beralih antara dua karakter yang berbeda sewaktu-waktu.

  • Mario Kart Wii (Wii) - 2008

Ini adalah saat Nintendo memanfaatkan semua keunggulan Wii saat merilis Mario Kart untuk sistem tersebut. Game ini dilengkapi dengan aksesori roda Wii yang memungkinkan pemain menggunakannya sebagai setir. Selain itu, game ini juga menawarkan fitur daring yang memungkinkan pemain berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia.

  • Super Mario 3D Land (Nintendo 3DS) - 2011

Game ini termasuk dalam kategori platform 2D dan 3D yang menarik. Selain itu, game ini juga dilengkapi dengan fitur menarik seperti power leaf. Salah satu keunggulan yang membedakan game ini dengan game genggam Mario yang lain adalah keberhasilannya dalam mencatat penjualan tercepat dalam sejarah. Dengan demikian, game ini menjadi pilihan yang mengasyikkan bagi para pemain yang menyukai permainan dengan tampilan grafis yang menarik dan gameplay yang seru.

  • Mario Tennis Open (Nintendo 3DS) - 2012

Permainan tenis Mario ini menuai berbagai ulasan meski memiliki beberapa fitur menarik seperti kemampuan untuk dimainkan oleh hingga 4 pemain secara bersamaan melalui koneksi nirkabel.

Melanjutkan Evolusi (Continuing Evolution)

Mario telah mengalami kemajuan yang signifikan sejak pertama kali dikenal oleh kita melalui penampilannya yang hampir tidak berubah dalam dua puluh tahun terakhir. Ia telah mencoba berbagai genre game, seperti olahraga, peran bermain, game pesta, dan masih banyak lagi, namun tetap dikenal sebagai ikon dalam genre permainan platform.

Terdapat alasan mengapa Mario menjadi franchise game yang paling laris sepanjang sejarah. Meskipun tidak semua permainan yang ia hadirkan dapat dikategorikan sebagai klasik, ia tetap meraih ulasan yang baik dan berhasil lebih banyak daripada gagal.

Penutup

Dalam tiga dekade terakhir, Mario telah menjadi lebih dari sekadar karakter dalam permainan video. Dia telah menjadi simbol budaya, mewakili kesenangan, petualangan, dan kegembiraan yang tak terbatas. 

Dari permainan arcade hingga ke ruang keluarga, Mario telah mengambil peran utama dalam perjalanan kita, membawa kita ke dunia yang penuh warna dan imajinasi. 

Sebagai franchise game terlaris dalam sejarah, Mario terus menginspirasi dan memikat jutaan pemain di seluruh dunia. Mari kita terus mengikuti jejak loncatannya yang legendaris dan merayakan warisan yang tak tergantikan dari sang tukang ledeng Italia ini.

Posting Komentar untuk "Sejarah Perjalanan Game Legendaris Super Mario Bros"