Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

13 Peluang Kerjaan Sampingan di Rumah Bagi Pelajar Yang Ingin Menghasilakan Uang

kerjaan-sampingan-di-rumah-bagi-pelajar

Peluang kerjaan sampingan di rumah bagi pelajar | setiyan.my.id - Kamu baru lulus sekolah disaat Pandemi ini? dan bingung  mencari pekerjaan saat ini? Bisa dibilang dalam keadaan normal saja susah-susah gampang untuk mencari pekerjaan. 

Karena dampak penyebaran kasus Covid-19 yang melanda dunia termasuk di Indonesia, banyak perusahaan tidak membuka lowongan pekerjaan. Bahkan banyak PHK yang dilakukan oleh perusahaan.

Banyak faktor yang terdampak dari wabah Covid-19. Misalnya Faktor bisnis dalam bidang ekonomi, perdagangan, pembangunan dan pertanian. 

Meski lowongan pekerjaan tidak sebanyak sebelum pandemi, kamu jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan untuk mencari pekerjaan baru. 

Untuk mencapai keberhasilan dalam kondisi saat ini, kamu harus lebih jeli dalam memilih peluang usaha yang cocok bagi pemula.

Banyak sekali di media internet membagikan ide ide bisnis online sebagai kerja part time atau jual jasa online yang bisa di lakukan di rumah.

Baca juga : Langkah-Langkah Dasar Cara Berbisnis Pemula Dari Nol

Seperti apa sih cari kerjaan sampingan dan ide ide bisnis online di internet sebagai peluang bisnis untuk pelajar itu?

Yuk simak dan baca artikel ini agar kalian menemukan ide bisnis online sebagai peluang kerja online dirumah. 

13 Peluang Kerjaan Sampingan di Rumah Bagi Pelajar

1. Menjadi penulis konten (Content writer/Copywriter)

Jika Anda memiliki kemampuan untuk berpikir, berkreasi dan menulis dengan baik, ini adalah pekerjaan yang layak dipertimbangkan. 

Kolaborator menulis konten tidak mengharuskan untuk bekerja tepat waktu, kamu dapat bekerja di malam hari, di hari libur atau kapan pun selama punya waktu luang. 

Pekerjaan tidak membutuhkan terlalu banyak waktu untuk belajar atau bekerja langsung seperti layaknya di kantor.

Kalian hanya perlu menulis dan memiliki kemampuan untuk "mengolah" dengan kata-kata untuk membuat artikel dengan konten yang sesuai, dan perekrut akan memandu kalian melalui kerangka konten yang mereka butuhkan untuk membuat konten. Buat artikel dengan konten berkualitas.

2. Penjualan Online

Jualan online melalui situs jejaring sosial dinilai menjadi salah satu pekerjaan yang cocok di masa pandemi COVID-19. 

Anda dapat berdagang makanan, pakaian atau kosmetik. Saat melakukan pekerjaan ini, kamu akan lebih fleksibel dalam hal waktu, sekaligus belajar dan mendapatkan penghasilan tambahan dari keuntungan penjualan.

3. Guru pengajar Online

Jika Anda pandai atau telah belajar mendalam tentang mata pelajaran tertentu, Anda dapat mendaftar untuk menjadi tutor online. 

Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk memiliki keahlian materi pelajaran dan bertanggung jawab untuk membantu siswa membuat kemajuan. Selama proses pembelajaran, baik Anda maupun siswa dapat mengasah pengetahuannya.

4. Penejemah bahasa

Penerjemah - pekerjaan juru bahasa mengharuskan Anda memiliki gelar dan kemampuan untuk mendengarkan - berbicara - membaca - menulis bahasa asing dengan lancar. 

Anda dapat mendaftar untuk menerjemahkan film, lagu, dokumen, atau mengedit konten untuk situs web. Dalam proses pengerjaannya, Anda dapat menginstall software terjemahan untuk mendukung terjemahan yang akurat dan berkualitas.

5. Membuka Usaha Kuliner

Jadikan ini sebagai peluang bagi kalian yang hobi memasak atau sudah mengembangkan kemampuan di dapur akibat pandemi. Kalian juga dapat menemukan tren masakan apa yang sedang populer saat ini. Ada banyak peluang pekerjaan di industri kuliner. Beranilah mencoba dan ambil peluang tersebut agar kamu bisa sukses.

Kamu juga bisa memulai bisnis sebagai reseller jika tidak bisa memasak tetapi tertarik dengan bidang kuliner. Kamu bisa membantu menjualkan produk makanan dengan maksud untuk dijual kembali. 

Misalnya, kamu bisa menjual makanan ringan dengan membuat kemasan merek atau brand sendiri. Kamu dapat mengemas ulang makanan tersebut dan menjualnya kembali. 

6. Kolaborator Entri Data

Entri data adalah salah satu pekerjaan dari rumah yang paling populer dan paling dicari saat ini. Dengan pekerjaan ini, perekrut akan secara khusus meminta kalian untuk masuk ke perusahaan mana, apa yang harus dimasukan dan bagaimana biayanya. Ini adalah pekerjaan dengan proses berulang. Kamu dapat bekerja sebagai penerima informasi dan pengiriman data atau sebagai entri data langsung.

Dalam pekerjaan ini tidak perlu memiliki terlalu banyak keahlian untuk melakukan pekerjaan entry data, cukup memiliki komputer dan keterampilan komputer dasar untuk dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan yang layak.

Namun, selama proses pengiriman hasil data terakhir, kamu perlu fokus untuk memeriksa, membandingkan, dan membedakan data, memastikan data tersebut bebas dari kesalahan.

7. Telesales atau layanan pelanggan

Telesales (staf penjualan) dan staf customer care adalah pekerjaan yang menuntut Anda untuk bersabar dan mendengarkan pendapat pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu pandai berbicara, lancar dan memiliki pengetahuan dasar bidang pekerjaan untuk dapat membantu pelanggan menjawab pertanyaan.

Baca Juga : Cara Membalas Chatting Online Shop yang Baik dan Efektif

8. Admin di Sosial media 

Admin di Sosial media di perusahaan tertentu yang membutuhkan jasa freelance pengelola akun dari media sosialnya. 

Bearti kamu akan membuat konten untuk perusahaan atau toko di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter ataupun Instagram . 

Untuk melakukan pekerjaan ini dengan baik, kalian harus membekali diri dengan keterampilan dasar mengedit foto dan video, memperbarui tren yang tepat dalam jejaring sosial untuk membuat konten yang lebih efektif.

9. Call center

Mirip dengan karyawan call center, Anda akan diberi komisi jika Anda menjual banyak produk untuk perusahaan atau toko Anda. Dengan pekerjaan ini, Anda dapat memilih dari toko pakaian, sepatu, atau aksesori. 

Staf obrolan biasanya akan bekerja dalam shift, sehingga Anda dapat memilih waktu yang sesuai agar tidak memengaruhi studi Anda.

10. Dropship

Dropshipping adalah salah satu bentuk penjualan online. Tugas utama Anda hanya membangun saluran penjualan, sedangkan tahapan lainnya seperti pemrosesan pesanan, pengemasan, atau pengiriman akan diurus oleh pemilik barang. 

11 Programer

Pemrograman adalah salah satu pekerjaan dengan pendapatan yang relatif tinggi. Mereka yang mempelajari Teknologi Informasi dan mahir dalam bahasa pemrograman dapat bekerja paruh waktu. Beberapa pekerjaan yang lebih populer saat ini adalah pemrograman game, pemrograman web, atau pemrograman aplikasi seluler.

12 Design

Karya desain sangat beragam, Anda dapat memilih untuk mendesain gambar, logo, katalog  atau desain arsitektur dan interior rumah. Ini bukan hanya pekerjaan yang cocok selama musim epidemi, tetapi Anda juga dapat melakukannya di luar jam kantor. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak ide desain, Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti Pinterest , Canva atau PhotoShop.

13. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan komisi dengan menjual produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Saat ini, formulir ini cukup populer, Anda dapat bekerja sama dengan bisnis di bidang pendidikan, kecantikan, kesehatan, keuangan, ...

Pekerjaan afiliasi sering dijual di platform e-niaga. Anda membagikan tautan produk dari pemasok, ketika pelanggan mengklik tautan dan membeli secara online, saat menyelesaikan transaksi, Anda akan menerima komisi yang sesuai. Dengan pekerjaan ini, Anda dapat bekerja kapan saja dan tidak diharuskan bekerja dikantoran.

Di atas adalah 13 peluang kerjaan sampingan di rumah selama musim epidemi COVID-19. Semoga artikel ini bisa sebagai inspirasi kamu untuk memilih peluang usaha yang bisa di kerjakan dirumah.