Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Cara Membuat Doc Google Form (Google Formulir) Di Hp Android dan Pc

Cara Membuat Doc Google Form (Google Formulir) Di Hp Android dan Pc

Goolge formulir atau Doc Google Forms merupakan aplikasi yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita.

Namun, tidak semua orang tahu cara membuat formulir Google di ponsel ataupun di komputer. 

Ada banyak cara untuk membuat formulir online. Salah satunya menggunakan docs google forms atau google formulir.

Banyak orang menggunakan Google Documents yang merupakan alat yang sangat berguna. Google doc membantu pekerjaan para digital marketing untuk mengumpulkan alamat email, pengambilan polling di situs web, atau membuat survei layanan pelanggan.

Doc google form bisa digunakan secara gratis di Google Drive. 

Yuk simak artikel di bawah ini tentang Cara Membuat doc Google "Formulir Di Hp Android dan Pc"

Apa itu Google Formulir?

Google Form adalah alat pembuatan dan pengelolaan formulir survei untuk tujuan pengumpulan data yang dikembangkan oleh Google.

Jenis jenis pengumpulan data yang biasa menggunakan formulir google adalah terkait informasi pelanggan baik itu dari kursus, acara, survei yang dikumpulkan.

Google Formulir akan mengumpulkan semua data yang disimpan di Google Drive. Aplikasi Google Form sangat mudah digunakan dan membantu pengguna membuat database dengan mudah dan cepat.

Muncul pertanyaan : Apakah bisa membuat Google Form lewat hp?

Petunjuk Cara Membuat Google Form Di Hp Android

Untuk membuat formulir Google di ponsel Android ikuti petunjuk berikut:

  • Langkah 1: Pertama, buka browser Google Chrome untuk membuat Formulir pada docs google forms.

Pada tab pertanyaan ini, kamu membuat Formulir, saya akan memasukkan informasi seperti:

  1. Nama formulir di G form
  2. Judul formulir G form
  3. Deskripsi Formulir untuk G form

  • Langkah 3: Selesai mengatur judul, nama template, pergi ke pengaturan pertanyaan untuk formulir. Pengguna harus mengisi nama depan dan belakang, formulir formulir pertanyaan harus diisi di bidang ini. Formulir baru akan muncul, kamu perlu mengatur judul, deskripsi, dan pertanyaan untuk formulir tersebut.
  • Langkah 4: Selanjutnya, buat kolom tambahan Masukkan nomor telepon responden.
  • Langkah 5: Setelah membuat opsi untuk Formulir, kirimkan Formulir ini atau salin tautan untuk dikirim ke tamu melalui Facebook.

Perlu diketahui bahwa docs google forms juga dapat disimpan dan dibuka melalui spreadsheet atau Ms. Excel

Google Forms biasanya digunakan untuk membuat formulir online gratis, dan kamu dapat membuat berbagai jenis formulir seperti membuat survei, membuat kuesioner, dan banyak lagi.

Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan, cara membuat Google form di hp dan menggunakan laptop atau komputer. 

Kamu hanya perlu menyiapkan akun google dan kamu akan dapat membuat formulir langsung di ponsel kamu. Jika kamu tidak memiliki akun, daftar dengan akun google. 

Pastikan kamu terhubung ke internet dan dapat masuk ke akun google untuk membuat formulir google.

Cara membuat formulir Google di PC

Langkah-langkah sederhana untuk menyiapkan Google Formulir.

Untuk menyiapkan Google Forms, prosesnya cukup sederhana. Kamu hanya menggunakan komputer dan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Akses kotak masuk Gmail kamu. Jika kamu tidak memiliki akun Gmail, kamu dapat membuat akun Google untuk membuat formulir.

Langkah 2: Setelah mengklik Google Apps untuk berhasil masuk, panel informasi antarmuka Google From muncul sehingga kamu dapat memilih layanan yang disediakan oleh Google. 

Kamu bisa secara opsional membuat formulir kamu sendiri di halaman kosong atau memilih formulir yang sudah ada di pustaka Templat yang bisa kamu pilih. Gulir ke bawah dan pilih Formulir.

Langkah 3: Setelah operasi, antarmuka baru akan ditampilkan sehingga kamu dapat mulai menginisialisasi Google Formulir kamu. Masukkan judul dan deskripsi yang sesuai untuk formulir. Masukkan judul dan deskripsi untuk Formulir Google kamu dan deskripsi survei.

Tampilan Google tentang formulir:

  • Header: Menambahkan gambar sebagai logo.
  • Warna Latar Belakang: Menambahkan warna pada latar belakang. kamu dapat menciptakan kesan bahwa bentuknya terlihat lebih baik dan lebih menarik.
  • Warna Tema: Mengatur warna tema di Google.
  • Gaya Font: Mengatur font yang tersedia di Google.

Langkah 4: Selanjutnya, berikan lebih banyak gambar dan video untuk menjelaskan pertanyaan dan jawaban yang dapat dipilih.

Langkah 5: Isi pertanyaan yang ingin kamu buat. Ada banyak jenis pertanyaan lain yang dapat kamu pilih dan kemudian pilih format respons, teks, atau pilihan gkamu. Google Formulir memiliki banyak jenis survei untuk kamu pilih

Langkah 6: Kemudian kamu memilih jawaban yang dipaksakan atau tidak untuk pertanyaan itu. 

Langkah 7: Setelah menyelesaikan pertanyaan dan jawaban untuk 1 pertanyaan, klik tkamu + di sebelahnya untuk menambahkan pertanyaan baru. Untuk menginstal fitur umum untuk seluruh formulir, klik ikon roda gigi dan setelah instalasi selesai, tekan simpan. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan pertanyaan, gambar, dan video dengan mudah menggunakan Google Forms

Langkah 8: Setelah kamu menyelesaikan serangkaian pertanyaan dan jawaban, buka pengaturan untuk menyiapkan dan menyimpan Formulir Google kamu.

Langkah 9: Untuk melihat pratinjau formulir, klik ikon mata. 

Langkah 10: Ada banyak opsi untuk mengirim Formulir Google ke semua orang. Klik tombol Kirim di sudut kanan atas layar untuk mengirimnya ke orang lain dan klik tombol Kirim. Di sini kamu akan memiliki banyak opsi untuk mengirimkan formulir yang dapat dibagikan yang dikirim melalui obrolan grup, email, Facebook, Twitter, atau tautan URL, dll.

Langkah 11: Setelah mengirimkan, semua jawaban akan dikumpulkan oleh Google. Hasil disimpan secara otomatis ke Google Drive.

Apakah bisa membuat Google Form lewat hp?

Fitur baru Google Formulir

  • Google Formulir telah membuat banyak peningkatan untuk membantu pengguna membuat dan mengelola formulir
  • Google Formulir dapat menggunakan pembelajaran mesin untuk menyarankan jawaban
  • Penilaian otomatis
  • Jawaban lengkapi otomatis
  • Jawaban atas pertanyaan yang disarankan adalah fitur baru Google Google Forms yang dapat memprediksi jawaban saat pengguna memasukkan pertanyaan.
  • Jawaban pelengkapan otomatis Formulir Google dapat menyarankan jawaban lain yang relevan.
  • Video umpan balik di YouTube
  • Lihat total skor dalam tes
  • Berikan poin desimal

Pengaturan di Google Formulir

Pengaturan google form : klik ikon untuk masuk ke pengaturan umum Google Form. 

Ada 3 tab pengaturan: 

  • Umum
  • Presentasi
  • Kuis

Umum (Pengaturan Umum)

Dalam pengaturan ini ada bagian "Batasi ke pengguna", jika Anda ingin membagikan formulir Anda secara luas atau ingin menyematkannya di situs web Anda, Anda harus menonaktifkan pengaturan ini.

Anda juga dapat mengatur kumpulan alamat email, dan mengizinkan responden untuk mengedit setelah pengiriman atau melihat grafik ringkasan.

Presentasi (Presentasi)

Anda dapat memilih fitur Acak urutan pertanyaan dalam pengaturan ini, yang berguna saat Anda ingin membuat tes untuk kelas Anda.
Selain itu, Anda juga dapat mengatur untuk menampilkan bilah kemajuan (Show progress bar) dan menampilkan tautan untuk mengirimkan respons lain (Tampilkan tautan untuk mengirimkan respons lain). Anda juga dapat membuat template pesan konfirmasi.

Kuis (Tes)

Anda dapat mengaktifkan fitur “Jadikan ini sebagai kuis” untuk menghasilkan skor untuk pertanyaan dan mengaktifkan penilaian otomatis.
Opsi lainnya termasuk: kapan harus merilis nilai (Nilai rilis) dan mengizinkan responden untuk melihat jawaban atau skor mereka (Responden dapat melihat).

Di atas adalah petunjuk tentang cara membuat google form yang mudah di hp android dan cara menggunakannya. 

Google Forms adalah utilitas yang memiliki banyak hal menarik yang sangat berguna. Kamu dapat melakukannya langsung di ponsel kamu jika kamu ingin membuatnya dengan mencari cara membuat google form di hp android dan pc kamu.