Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Mengutamakan Layanan Yang Bernilai Bagi Pelanggan Dengan Produk Kualitas

layanan-yang-bernilai-bagi-pelanggan

Semakin berkembangnya sistem teknologi dan informasi serta komunikasi, membuat semakin terbukanya kompetisi yang berat. Dengan demikian setiap perusahaan membuat produk yang bernilai bagi pelanggan guna memuaskan mendapatkan pelanggan yang loyal.  

Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.

Produk yang ditawarkan tersebut meliputi barang fisik (sepeda motor, TV, buku), jasa (restoran, penginapan, transportasi), orang atau pribadi, tempat (Pantai, Candi). Organsisasi (Pramuka, PBB), dan ide (Keluarga Berencana). 

Apa itu Nilai Pelanggan?

Produk dan harga tetap penting. Namun, menjual produk saja tidak cukup sebagai syarat untuk berhasil dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif saat ini.

Faktanya, sebuah studi Gartner menemukan bahwa sebagian besar penyedia solusi terlalu fokus pada fitur dan teknologi produk, daripada manfaat. 

Apa yang benar-benar diinginkan konsumen dari organisasi adalah memahami nilai sebenarnya yang dijanjikan dari produk yang di tawarkan. 

Ada bentuk solusi dan bagaimana hal itu dapat membantu mereka mengatasi masalah yang dihadapi.

Jadi, apa nilai pelanggan itu? Nilai pelanggan didefinisikan sebagai nilai yang benar-benar dirasakan dari suatu produk atau layanan kepada pelanggan dibandingkan dengan alternatif kelebihan yang ada. Nilai berarti apakah pelanggan merasa dampak manfaat dari apa yang telah mereka bayarkan. 

Muncul pertanyaan :

Beberapa manfaat  yang dirasakan pelanggan menjadi puas?

Ukuran manfaat bagi pelanggan

  1. Kualitas produk atau layanan
  2. Keberhasilan penggunaan produk atau layanan
  3. Keuntungan kepemilikan
  4. Titik perbedaan
  5. Akses cepat ke solusi
  6. citra dan branding perusahaan atau produk
  7. Pengalaman atau hubungan saat ini

Persamaan nilai pelanggan:

CUSTOMER VALUE = BENEFITS - COST


Konsep lain dari nilai, ada dua aspek nilai pelanggan. Kedua aspek tersebut adalah nilai yang diinginkan dan nilai yang dirasakan. 

Nilai yang Diinginkan Pelanggan menunjukkan apa yang diinginkan pelanggan dari suatu produk atau layanan. 

Nilai yang dirasakan adalah manfaat yang diyakini pelanggan benar-benar mereka dapatkan dari suatu produk atau layanan setelah dibeli.

Ketika membuat keputusan pembelian, konsumen umumnya membandingkan nilai yang mereka rasakan dari layanan dan produk serupa. 

Mereka kemudian memilih yang memiliki nilai seumur hidup pelanggan tertinggi dari semua penawaran yang tersedia di pasar. 

Karena setiap konsumen memiliki serangkaian kebutuhan, keinginan, dan sumber daya yang unik, tidak ada dua konsumen yang akan menempatkan nilai yang sama pada produk atau layanan yang sama.

Kualitas tertinggi dari suatu produk atau layanan tidak selalu berarti nilai konsumsi tertinggi. Konsumen mengevaluasi manfaat dengan harga yang ditawarkan. 

Sementara beberapa dari mereka bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk kualitas tinggi, yang lain menganggap manfaat yang sama tidak sebanding dengan harganya.

Saat menciptakan nilai pelanggan, bisnis perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Konsumen mengevaluasi nilai pada dua tahap; sebelum dan sesudah pembelian.
  2. Nilai dirasakan pada tingkat yang berbeda, sehingga perlu disampaikan pada tingkat yang berbeda.
  3. Nilai konsumsi memiliki arti yang berbeda bagi pelanggan yang berbeda.

Konsep proposisi yang bernilai bagi pelanggan

Proposisi nilai pelanggan adalah pernyataan yang menguraikan alasan pelanggan potensial untuk mendapatkan manfaat dari membeli produk atau menggunakan layanan. 

Ini adalah dasar dari strategi pemasaran produk yang efektif. Ini pada dasarnya adalah jumlah total manfaat yang diperlukan untuk meyakinkan konsumen mengapa suatu produk atau layanan akan lebih berharga bagi mereka daripada penawaran serupa di pasar.

Proposisi yang bernilai bagi pelanggan biasanya terdiri dari paragraf pendek (judul, subjudul, dan paragraf) dan gambar (foto, grafik, dan gambar utama). Proposisi nilai yang efektif dengan jelas menjelaskan bagaimana produk membantu memecahkan masalah pelanggan. 

Dalam hal ini menjelaskan manfaat spesifik dan memberi aspek mengapa mereka harus memilih produk Anda daripada produk orang lain.

Mengapa nilai pelanggan penting?

Mengutamakan layanan  yang bernilai bagi pelanggan adalah faktor penting dan jika dilakukan dengan benar, proposisi nilai pelanggan dapat memberikan keuntungan besar bagi bisnis.

Namun, sangat sedikit bisnis yang memiliki banyak proposisi nilai yang efektif. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa 83% pemasar kurang memperhatikan proposisi nilai pelanggan dalam strategi, kampanye, dan iklan mereka. 

Namun, hanya 17% yang benar-benar memahami dan menangkap proposisi nilai siklus hidup pelanggan.

Studi lain menemukan bahwa 58% transaksi berakhir tanpa penjualan karena nilai yang tidak terbukti. Jika pelanggan potensial melihat produk sebagai solusi potensial tanpa memahami nilainya, mereka akan menunda pembelian. 

Di sisi lain, nilai konsumen yang terdefinisi dengan baik membantu meningkatkan penjualan dan mendorong calon pelanggan untuk membeli.

Bagaimana menciptakan nilai bagi pelanggan?

Menciptakan niali bagi pelanggan penting untuk dibangun, nilai pelanggan juga menjadi faktor penentu pangsa pasar dan nilai setiap perusahaan. 

Itulah sebabnya banyak organisasi berwawasan ke depan lebih berfokus pada penciptaan nilai konsumen dan meningkatkan proposisi nilai mereka.

Prinsip menciptakan nilai pelanggan potensial

Pahami apa yang mendorong nilai bagi pelanggan Anda. Konsumen tidak terlalu ingin membeli produk atau layanan Anda. Mereka pasti mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Memahami apa yang diinginkan pelanggan potensial Anda, apa yang penting bagi mereka, dan apa yang ingin mereka capai dengan membeli produk Anda? 

Definisikan dan komunikasikan proposisi nilai dengan jelas

Dengan banyaknya produk serupa yang tersedia di pasaran, pelanggan sangat berhati-hati dalam memilih. Di sinilah proposisi nilai Anda dapat menonjol dan membedakan bisnis Anda dari pesaing. 

Identifikasi nilai yang diciptakan oleh produk atau layanan Anda, manfaat khusus yang diharapkan pelanggan dari penggunaannya, dan buat proposisi nilai Anda sejelas mungkin dalam membranding dengan komunikasi.

Teliti kompetitor dan buat proposisi nilai Anda unik

Di pasar yang sangat kompetitif, keunikan sangat penting bagi setiap bisnis untuk berkembang. Teliti pesaing Anda.

Pahami berbeda yang anda buat dan lebih berharga item tersebut di mata audiens target. 
Apakah secara teknis lebih unggul? Bagaimana cara mudah menggunakannya?

Segmentasikan pelanggan Anda dan sesuaikan proposisi nilai Anda dengan tepat

Pelanggan atau kelompok pelanggan yang berbeda secara alami memiliki proposisi nilai yang berbeda. Nilai dapat bervariasi berdasarkan geografi, demografi, musim, atau karakteristik produk tertentu. 

Daripada mencoba memberikan proposisi nilai yang sama kepada seluruh audiens Anda, pertimbangkan untuk membagi mereka menjadi segmen pelanggan yang berbeda . Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikan pesan untuk masing-masing dari mereka.

Tetapkan harga win-win yang memberikan nilai bagi pelanggan dan perusahaan Anda

Bersaing pada harga saja umumnya merupakan strategi yang buruk. Tetapkan harga untuk produk Anda. Ini memperjelas bahwa pelanggan Anda akan mendapatkan nilai sekaligus memaksimalkan keuntungan Anda. 

Pelanggan yang puas yang merasakan nilai dalam penawaran Anda dan mereka mendapatkan nilai setelah membeli, akan bersedia membayar lebih.

Namun, pelanggan yang kecewa atau kurang simpatik tidak melihat nilai yang ditawarkan mereka cenderung pergi meskipun Anda menawarkan harga terendah.

Kualitas produk atau jasa untuk konsumen

Bisnis Anda pasti membutuhkan produk atau jasa dari pemasok agar dapat berjalan dengan baik. 
Dalam kriteria evaluasi pemasok, kinerja pemasok sangat diperlukan untuk menyediakan produk atau jasa bagi bisnis.

Oleh karena itu, pemasok harus memastikan bahwa kualitas produk atau jasa yang diberikan memenuhi persyaratan bisnis Anda.

Tujuannya adalah untuk mengukur kredibilitas dari produk dan pelayanan dari pemasok serta memastikan kinerja pengiriman sesuai target rencana bisnis yang dibangun.

Faktor untuk mengevaluasi kualitas produk atau jasa

Untuk mengevaluasi kualitas produk atau jasa pemasok dapat mencakup:

1. Kredibilitas Produk

  • Produk : Apa fungsi dasar dari produk atau layanan?
  • Fitur: Apakah peningkatan dan penyempurnaan produk/layanan tepat untuk kebutuhan bisnis Anda?
  • Keandalan: Apakah kemungkinan produk/jasa "rusak" tinggi? Apakah bisnis Anda menerima itu?
  • Daya tahan: Apakah umur panjang produk atau umur panjang layanan cukup untuk memuaskan bisnis Anda?
  • Kesesuaian: Apakah produk/layanan memenuhi deskripsi teknis yang diperlukan dari bisnis Anda?
  • Kemudahan layanan: Apakah pengoperasian dan garansi produk atau layanan pemasok baik?
  • Estetika: Apakah tampilan, rasa, design... bahwa produk/layanan pemasok memenuhi persyaratan?
  • Perceived quality: Apakah citra produk atau jasa baik dari sudut pandang pelanggan bisnis Anda atau mitra pemasok lain?

2. Kredibilitas pemasok

Pemasok perlu memastikan dan memiliki kredibilitas dalam waktu dan kuantitas produk atau jasa yang disediakan.

Faktor evaluasi kinerja produk dan layanan pemasok: 

  • Waktu pemenuhan pesanan: Waktu dari awal pemenuhan pesanan sampai pemasok mengirimkan barang ke bisnis Anda.
  • Keandalan Pengiriman: Jaminan waktu pengiriman sesuai kesepakatan. 
  • Pengiriman pasti: Jenis barang tepat, kualitas tepat, kuantitas sesuai kontrak.  
  • Informasi: Informasi dipertukarkan antara pemasok dan bisnis Anda.
  • Kemampuan beradaptasi: Kemampuan pemasok Anda untuk beradaptasi dengan persyaratan bisnis Anda. 
  • Fleksibilitas: Kemampuan pemasok untuk beradaptasi dalam penyediaan produk/jasa saat kondisi yang relevan berubah.
  • Tingkat layanan: Probabilitas bahwa produk/layanan akan mendukung bisnis Anda dengan baik. 

Demikian artikel pembahasan tentang cara memberikan layanan yang bernilai bagi pelanggan dengan produk berkualitas secara lengkap. Semoga bermanfaat.