Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Apa itu mode pesawat? Fungsi dan kegunaan mengaktifkan pada seluler!

Kalian mungkin semua pernah melihat opsi atau fitur Mode Pesawat di ponsel cerdas kalian. Di sisi lain, jika kalian biasanya menggunakan penerbangan atau pesawat untuk bepergian, kalian mungkin sudah sering menggunakannya. 

mode pesawat Fungsi dan kegunaan mengaktifkan pada seluler

Namun dalam situasi seperti itu, banyak orang yang tidak mengetahui mode apa yang ada di pesawat ini dan di mana serta bagaimana menggunakannya? 

Jika kalian juga tidak tahu banyak tentang topik ini, maka kalian tidak perlu khawatir. 

Karena sekarang kita bisa menggunakan artikel ini untuk mendapatkan informasi detail tentang apa itu mode Pesawat.

Padahal, mode penerbangan, atau mode pesawat, adalah hal yang berguna. Manfaatnya juga sangat besar. Karena kurangnya informasi tentang itu, kami tidak dapat menggunakannya di tempat yang tepat dan dengan cara yang benar. 

Jadi sekarang saya ingin tahu mengapa kalian tidak juga diberikan informasi lengkap tentang mode Pesawat dalam bahasa Hindi sehingga kalian dapat dengan mudah memahami dan menggunakannya. Jadi mari kita mulai tanpa penundaan

Apa itu mode pesawat (flight mode)?

Flight mode atau Mode pesawat adalah fitur ponsel, di mana sinyal transmisi di ponsel dimatikan. Ketika sinyal transmisi dimatikan, maka Mode pesawat menonaktifkan radio seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth perangkat semua fungsi transmisi nirkabel. 

Itu dirancang untuk mencegah konektivitas seluler dalam penerbangan/pesawat .

Jika kamu pernah bepergian melalui udara, maka kamu pasti pernah mendengar bahwa saat mendarat penerbangan, diminta untuk meletakkan ponsel dalam mode penerbangan. 

Sinyal Flight mode atau Mode pesawat wajib di matikan saat akan melakukan pendaratan pesawat terbang. 

Baca juga: Apa itu PowerBank? Cara Memilih dan Penggunaannya

Penerbangan pesawat ditentukan oleh sistem sinyal elektronik dan instruksi yang dikirim oleh Air Traffic Control.

Jika konektivitas dihidupkan pada ponsel, maka signal konektivitas akan mencoba berkomunikasi dengan jaringan.

Hal ini menyebabkan sinyal udara penerbangan dapat terganggu dan dapat menyesatkan saat akan melakukan pendaratan penerbangan dan menyebabkan penerbangan jatuh.

Sekarang kamu pasti sudah mengerti bahwa ponsel tidak membuat penghalang atau penghalang apa pun dalam sinyal selama penerbangan. 

Oleh karena itu jika jaringan seluler, bluetooth, wifi dimatikan pada ponsel maka tidak mengganggu sinyal penerbangan.

Apa fungsi mode pesawat di HP?

Pertanyaan ini mungkin ada di benak banyak orang tentang apa sebenarnya yang dilakukan mode pesawat atau Flight mode

Apa pun perangkat yang ingin kalian gunakan misalnya ponsel Android, iPhone, iPad, tablet Windows, atau apa pun, beberapa fitur perangkat keras dinonaktifkan, termasuk:

1. Seluler  

Perangkat lengkap untuk komunikasi dengan repeater. Oleh karena itu, tidak mungkin membuat perintah suara dan pesan teks menggunakan salah satu atau semua data seluler. kalian juga tidak harus menerima semua jenis panggilan suara dan pesan teks dari orang lain.

2. Wi-Fi 

Mencegah ponsel kalian menemukan jaringan Wi-Fi terdekat dan juga mencoba menghubungkannya, sementara jika kalian sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi, koneksi kalian akan segera terputus.

3. Bluetooth

Mode pesawat mematikan Bluetooth, teknologi komunikasi nirkabel yang digunakan kebanyakan orang untuk memasangkan headphone nirkabel mereka.

4. GPS

Mode pesawat atau mode Pesawat menonaktifkan fitur penerimaan GPS, tetapi hanya pada beberapa perangkat. Tampaknya agak membingungkan dan tidak begitu jelas. 

GPS pada dasarnya sedikit berbeda dari teknologi lain di mana perangkat dengan GPS hanya dapat mendengarkan sinyal GPS yang diterimanya tanpa mengirimkan sinyal. Namun, beberapa aturan penerbangan tidak mengizinkan kalian menggunakan fungsi penerima GPS.

Fungsi mode pesawat di HP

Mengapa perlu menggunakan mode pesawat? Penggunaan telepon di pesawat juga sangat dilarang di banyak negara. 

Ponsel atau tablet biasa kita gunakan mencari informasi dan berkomunikasi dengan beberapa menara seluler dan selalu ingin mempertahankan koneksi dengan mereka. 

Jika menara jauh, ponsel atau tablet perlu memperkuat sinyalnya untuk berkomunikasi dengan baik dengan menara.

Baca juga: Review Spesifikasi Hp Google Pixel 4a

Jenis komunikasi ini dapat mengganggu sensor mode Pesawat dan dapat menyebabkan banyak masalah dengan peralatan navigasi yang sensitif terhadap pesawat. 

Karena itu, pemerintah tidak ingin kecelakaan seperti itu terjadi. Kenyataannya adalah bahwa perangkat modern lebih kuat. 

Sebenarnya banyak masalah dengan transfer telepon, tetapi jika beberapa orang lupa mengaktifkan mode pesawat, pesawat tidak akan jatuh dari udara.

Fungsi mode pesawat untuk hemat daya baterai

Mode pesawat sangat berguna bahkan saat kalian berada di punggung bawah, yang berguna untuk menyimpan baterai perangkat kalian. 

Radio menggunakan banyak listrik pada perangkat, yang digunakan untuk berkomunikasi dengan menara seluler untuk memindai dan terhubung ke jaringan Wi-Fi terdekat yang terhubung ke koneksi Bluetooth di masa mendatang. Periksa lokasi kalian dan terkadang melalui pesan GPS.

Saat mode Pesawat aktif, semua jenis radio mati. Ingatlah bahwa itu juga dapat memblokir panggilan telepon dan pesan teks kalian di masa mendatang, tetapi juga merupakan penghemat baterai yang baik jika kalian ingin menghemat baterai.

Dalam mode Pesawat, kalian dapat mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth. Wi-Fi diaktifkan di beberapa mode pesawat, tetapi Wi-Fi sekarang juga tersedia di banyak mode pesawat. Selain itu, selalu matikan Wi-Fi saat mode pesawat aktif. 

Jika kalian menggunakan sebagian besar perangkat, kalian dapat mengaktifkan kembali Wi-Fi dalam mode pesawat. Beberapa sinyal radio masih diblokir, tetapi kalian dapat menyambung ke jaringan Wi-Fi jika mau.

Bagaimana cara mengaktifkan mode pesawat

Saat mode Pesawat aktif, kalian akan melihat ikon Mode pesawat di bilah notifikasi perangkat.

Icon yang muncul di bilah atas perangkat Android, iPhone, dan iPad kalian. Kamu dapat menggunakan perangkat di pesawat terbang ketika lepas landas dan mendarat. Jika diaktifkan dalam mode pesawat maka tidak perlu mematikannya hp sepenuhnya.

Apa efek samping mode pesawat?

Mode pesawat dirancang agar sinyal pesawat tidak mengganggu perangkat kalian saat dalam penerbangan. 

Ada banyak pertanyaan tentang mode pesawat apakah aman di saat penerbangan? 

Jawabannya adalah : Aman selama mematuhi aturan dalam penerbangan.

Kalian dapat menggunakan fitur ini bahkan ketika kamu sedang dalam rapat atau panggilan penting dan kalian tidak ingin diganggu.

Bahkan setelah mengaktifkan mode pesawat, kalian masih dapat menggunakan aplikasi lokal, video, musik, dan lainnya di ponsel cerdas kalian. 

Di beberapa perangkat kalian juga dapat menggunakan WiFi dan Bluetooth. Selama dalam penerbangan, orang sering menggunakan WiFi yang disediakan oleh maskapai penerbangan untuk penumpangnya.

Demikian pembahasan tentang Flight mode atau Mode pesawat yang dapat memberikan pemahaman keuntungan dan kerugian dari fitur tersebut saat dibutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa subscribe untuk berlangganan artikel terbaru kami. Terimaksih.