Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Software HRIS dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja tentunya harus didukung oleh staf yang handal. Agar dapat mengelola karyawan dengan baik, perusahaan membutuhkan sistem informasi kepegawaian, yaitu melalui aplikasi software HRIS Indonesia di perusahaan. 

Aplikasi HRIS dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Apa itu program HRIS dan Manfaatnya? Mari kita simak pembahasannya dibawah ini!

Apa itu Software HRIS

Software HRIS  (Human Resources Information System) adalah suatu sistem untuk pengelolaan informasi terkait dengan kegiatan kinerja dan aktifitas staf atau karyawan di dalam perusahaan. Program HRIS sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam produktivitas bisnis

Mulai dari job desk department, payroll, rekrutmen karyawan baru atau hal-hal lain yang berhubungan dengan manajemen karyawan. Jika sistem manajemen personalia dapat dirancang secara terstruktur, ada banyak keuntungan bagi perusahaan dan karyawannya.

Fungsi HRIS bagi Perusahaan 

HRIS dalam perusahaan mempunyai tujuan untuk mengukur kinerja karyawan atau karyawan mereka.

Sederhananya manfaat HRIS untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, mengurangi kesalahan manusia, melacak operasi perusahaan, dan membantu menganalisis kinerja karyawan.

Tentunya akan sangat baik bagi perusahaan jika HRIS ini dapat diterapkan dengan benar. Hal ini juga akan diterima dengan baik oleh perusahaan dan karyawannya jika implementasi HRIS berhasil.

  • Proses Konfigurasi Secara Otomatis.  

System HRIS dirancang untuk meningkatkan efisiensi kerja. Jika pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bersifat repetitif atau berulang, HRIS dapat mengelola pekerjaan secara otomatis tanpa karyawan atau staff harus memasukkannya kembali secara manual. 

  • Penghematan Biaya HR 

Sistem informasi manajemen SDM secara manual tentu membutuhkan cost operasional yang lebih tinggi seperti kebutuhan perlengkapan kantor seperti kertas, tinta dan sistem lainnya. Dengan demikian, penggunaan perangkat lunak HRIS membantu untuk mengurangi biaya operasional departemen SDM (HR Perusahaan) .

  • Rekrutan Karyawan Baru Lebih Mudah

Perusahaan biasanya telah memperhitungkan dengan cermat kebutuhan untuk merekrut karyawan. Hal ini karena setiap bagian dari pekerjaan di sebuah perusahaan dimonitor oleh sistem. Sehingga staf tahu kapan karyawan baru harus ditugaskan ke departemen mana.

  • Mengurangi Risiko Kesalahan Manusia

Memang, kesalahan manusia adalah risiko yang tak terhindarkan dalam manajemen sumber daya manusia. Namun, risiko ini dapat diminimalkan dengan menggunakan system HRIS, yang didukung oleh aplikasi hris perangkat lunak.

Oleh karena itu, hr perusahaan pastinya membutuhkan software HRIS untuk mendukung kinerja seorang HRD agar mempermudah menjalankan bisnis menjadi lebih baik.

Jenis Software HRIS Yang Paling Banyak Dicari di Indonesia

Beberapa pilihan yang dapat digunakan menggunakan software HRIS digolongkan system HRIS, HCM, dan HRMS. HRIS merupakan software yang dibangun untuk mengelola SDM, prosedur perusahaan serta kebijakan. HCM software mencakup fungsi dari HRIS, manajemen talenta hris, dan kemampuan secara keseluruhan. HRMS software mencakup semua fungsi HRIS dan HCM, dan juga manajemen waktu.

Di Indonesia software HRIS yang sering dan paling banyak dicari oleh perusahaan untuk mengelola kebutuhan HR berdasarkan fungsinya.

3 Software HRIS yang banyak dicari berdasarkan fungsinya, yaitu:

1. Software HRIS Operasional

Software aplikasi HRIS memiliki pilihan fitur yang terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR. Cakupan kinerja software hris mulai pengelolaan absensi, payroll atau penggajian, administrasi karyawan, operasional serta absensi.

2. Software HRIS Tactical

Program HRIS dengan pilihan fitur terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR dalam perencanaan tenaga kerja, penerimaan karyawan baru, serta program trainning karyawan.

3. Software HRIS Strategic

Software HRIS memiliki pilihan fitur terintegrasi untuk membantu perusahaan menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawannya, yang dilakukan melalui tinjauan kinerja karyawan dan penyelarasan tujuan kinerja. 

Pilihlah tipe dan jenis software aplikasi HRIS paling sesuai di perusahaanmu berdasarkan fungsinya. 

Kesimpulan 

Demikian bahasan fungsi software hris dan manfaatnya bagi perusahaan. Memang penggunaan system hris sudah menjadi sistem yang harus diterapkan bagi semua perusahaan. 

Agar dapat mengelola karyawan dengan baik, perusahaan membutuhkan sistem informasi kepegawaian, yaitu melalui penerapan HRIS di perusahaan.

Apa itu HRIS Sistem informasi HRIS atau Human Resources Information System ialah suatu sistem untuk pengelolaan informasi terkait dengan kegiatan kinerja dan aktifitas staf atau karyawan di dalam perusahaan.

Fungsi HRIS bagi Perusahaan HRIS dalam perusahaan mempunyai tujuan untuk mengukur kinerja karyawan atau karyawan mereka.

Jika pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bersifat repetitif atau berulang, HRIS dapat mengelola pekerjaan secara otomatis tanpa karyawan atau staff harus memasukkannya kembali secara manual.

Hal ini menjadi lebih mudah jika administrasinya juga menggunakan software hris Indonesia terbaik sebagai pengukur kinerja staff perusahaan.