13 Tips Interview Kerja Fresh Graduate Agar Diterima

Interview kerja adalah momen penting bagi kandidat untuk mempresentasikan diri dan meyakinkan perekrut bahwa mereka adalah kandidat yang tepat. 

Namun, banyak fresh graduate yang gugup dalam menghadapi interview kerja. Hal ini wajar, mengingat interview kerja merupakan pengalaman baru bagi mereka dan mereka juga sering kali merasa kurang percaya diri karena belum memiliki pengalaman kerja yang banyak.

Tips untuk interview kerja bagi fresh graduate

Berikut adalah beberapa tips untuk interview kerja bagi fresh graduate:

  • Pelajari perusahaan dan posisi yang dilamar. Sebelum interview kerja, luangkan waktu untuk mempelajari perusahaan dan posisi yang dilamar. Ini akan membantu Anda memahami apa yang diharapkan perusahaan dari kandidatnya. Anda dapat mencari informasi tentang perusahaan melalui situs web, media sosial, atau orang yang mengenal perusahaan tersebut.

  • Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum. Ada beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan dalam interview kerja, seperti "ceritakan tentang diri Anda" dan "kenapa Anda tertarik dengan posisi ini?". Persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini agar Anda dapat memberikan jawaban yang jelas dan ringkas. Anda dapat berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan teman, keluarga, atau anggota keluarga.
  • Berlatih menjawab pertanyaan. Berlatih menjawab pertanyaan interview kerja akan membantu Anda merasa lebih percaya diri saat interview. Anda dapat berlatih dengan teman, keluarga, atau anggota keluarga. Anda juga dapat merekam diri Anda saat menjawab pertanyaan untuk melihat bagaimana penampilan Anda.
  • Berpenampilan profesional. Pastikan Anda berpakaian dan berpenampilan profesional saat interview kerja. Ini akan memberikan kesan positif kepada perekrut. Anda dapat mencari tips berpakaian profesional untuk interview kerja secara online.
  • Datang tepat waktu. Datang tepat waktu untuk interview kerja menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu perekrut. Anda dapat datang lebih awal untuk memastikan bahwa Anda tidak terlambat.
  • Bersikap sopan dan ramah. Bersikaplah sopan dan ramah kepada perekrut selama interview kerja. Ini akan membuat Anda terlihat sebagai kandidat yang menarik. Anda dapat tersenyum, menatap mata perekrut, dan menggunakan bahasa tubuh yang positif.

Tips Tambahan

  • Hindari minum minuman berkaf3in atau alk0h01 sebelum interview kerja. Minuman berkafein dapat membuat Anda merasa lebih gugup, sedangkan alkohol dapat membuat Anda mengantuk.
  • Lakukan latihan pernapasan sebelum interview kerja. Latihan pernapasan dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan tenang. Anda dapat mencari tutorial latihan pernapasan secara online.
  • Visualisasikan kesuksesan. Sebelum interview kerja, luangkan waktu untuk membayangkan diri Anda sukses dalam interview. Ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri.

Kesimpulan

Interview kerja adalah kesempatan bagi fresh graduate untuk menunjukkan potensi mereka kepada perekrut. Dengan mengikuti tips-tips di atas, fresh graduate dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka.

Semoga kalian dapat meraih kesuksesan dalam interview dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url