Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

13 Tips Interview Kerja Fresh Graduate Agar Diterima

Tips interview kerja fresh graduate agar diterima kerja pada perusahaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebagai pintu masuknya kalian bekerja pada perusahaan tersebut.
Tips Interview Kerja Fresh Graduate

Banyak orang yang gugup bahkan takut dalam menghadapi tahapan interview fresh graduate dalam proses penerimaan tenaga kerja. Walaupun demikian, wawancara merupakan tahapan penting dalam proses penerimaan kerja. 

Melihat hal tersebut, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, sehingga anda sukses dalam melakukan interview kerja bagi kalian fresh graduate.

Berikut Tips Interview Kerja :

1. Menggunakan Pakaian Yang Rapih Dan Sopan

Upayakan berpakaian formal, biasanya kombinasi hitam dan putih. Jangan tampil berlebihan, dan make-up standard.

2. Datang Tepat Pada Waktunya

Datang tepat waktu menunjukkan kedisiplinan anda dalam bekerja, disamping itu dapat membuat anda lebih siap dan relax.

3. Sikap Yakin Dan Tenang

Yakin dan ketenangan akan muncul dari pemahaman terhadap materi dunia kerja yang anda akan jajaki. Misalnya, jika anda accountinng maka anda harus tahu dan faham secara detail mengenai keilmuan tersebut. 

Kedisiplinan anda pada saat kuliah dan memahami materi kuliah akan terlihat jelas pada saat wawancara kerja dilaksanakan. Contoh kecil, sering terjadi pada saat anda menghadapi ujian. Jika anda belajar dengan sungguh-sungguh, maka anda akan tenang dalam menjawab. Sebaliknya, jika anda kurang persiapan, maka anda akan gelisah dan tidak yakin.

4. Siapkan Ijazah dan Sertifikat Penunjang Lain.

Hal ini akan mungkin membantu, jika pihak pewawancara melakukan verifikasi terhadap apa yang anda cantumkan didalam CV anda.

5. Mengetuk Pintu Sebelum Memasuki Ruang

Hal ini perlu dilakukan untuk menunjukkan bahwa anda santun. Jika anda diantar oleh mereka, tidak perlu mengetuk pintu.

6. Tersenyumlah

Setiap orang akan suka terhadap keramahan, termasuk pihak yang mewawancarai. Tetapi perlu diingat, jangan tersenyum terus, karena hal ini menunjukkan bahwa anda tidak serius.

7. Tunggu Dipersilahkan Duduk

Masuk ke ruangan, jangan langsung duduk, tunggu dipersilahkan oleh pewawancara. Apabila lama tidak dipersilahkan, baru anda mohon izin untuk duduk.

8.Mengingat Nama Pewawancara

Ingat nama pewawancara, menunjukkan anda memiliki perhatian. Sebut nama pewawancara pada saat anda pamit, atau selesai sesi wawancara. Misalnya : “Terima kasih Ibu Dian, saya sangat berharap untuk bisa bergabung disini. Selamat siang !”.

9.Jangan Menunduk

Tataplah pewawancara saat berbicara. Ini menunjukkan anda memiliki kepercayaan diri dan yakin atas apa yang anda lakukan.

10. Jujur

Jawab seluruh pertanyaan dengan jujur. Tunjukkan kemampuan diri tetapi jangan berlebihan. Jangan mengakui sesuatu anda bisa, tetapi sesungguhnya anda tidak bisa. Khawatir pewawancara akan melakukan “Test on the spot”.

11. Pehatikan Pertanyaan Pewawancara

Perhatikan dengan baik seluruh pertanyaan yang diajukan. Jangan sampai apa yang anda jawab tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan.

12. Tunjukkan Kesungguhan

Penampilan anda yang memperlihatkan motivasi positif dan memiliki harapan untuk dapat bekerja ditempat tersebut, akan memberikan kesan baik kepada si pewawancara.

13. Bicara Dengan Jelas

Atur nada suara anda sehingga apa yang anda ucapkan dapat diterima dengan baik oleh si pewawancara. Jangan terlalu cepat, jangan pula terlalu lambat. Pakai intonasi secara tepat. Latih cara bicara anda, sehingga orang lain mampu memahami apa yang anda ucapkan.


Kesimpulan

Interview kerja merupakan prosedur atau proses yang harus dilewati oleh calon pelamar yang telah melamar bidang pekerjaan yang dilamarnya. Tujuannya agar perusahaan lebih mengetahui dan mengenal kemampuan integritas kalian dengan berkomunikasi dua pihak. Oleh karena itu pahami tips interview kerja fresh graduate agar kalian lolos dalam wawancara kerja.

Persiapan yang matang untuk wawancara atau interview kerja fresh graduate merupakan komunikasi awal sebagai pintu masuknya pada sebuah perusahaan yang kalian idamkan. Berpenampilan secara profesional akan memiliki nilai lebih di tambah dengan penampilan rapi dan tepat dalam memakai pakaian saat di interview. 

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan itu dan bidang yang kalian akan lamar, hal ini sangat berguna untuk menggambarkan mengenai bidang pekerjaan yang kalian lamar. Persiapkan pertanyaan interview untuk fresh graduate dan jawabannya usahakan menjawab dengan tenang jangan gugup.

Selamat mencoba, semoga wawancara anda berhasil.