Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1 HEADER

Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi di Bidang Pendidikan

Seperti yang kita ketahui bersama, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki banyak keunggulan di berbagai bidang. Salah satu bidang yang menggunakan teknologi adalah bidang pendidikan. 

Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan

Teknologi informasi dan komunikasi pendidikan merupakan peranan yang sangat penting dalam mewujudkan pendidikan optimal, oleh karena itu, dengan keberadaan TIK dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan demikian secara langsung akan meningkatkan kecerdasan bagi setiap orang. 

Pengertian lain bahwa TIK berperan sangat penting sebagai infrastruktur pembelajaran, dimana bahan ajar disediakan secara digital, sehingga pembelajaran dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, dan siswa tidak akan betah belajar di satu tempat dan waktu.

Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan

Untuk mengetahui peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan adalah :

1. Sebagai Sarana Pembelajaran 

TIK berperan sangat penting sebagai sarana pembelajaran, materi pembelajaran disediakan secara digital untuk pembelajaran kapan saja, di mana saja. Siswa tidak harus memanjakan diri dalam belajar pada waktu dan tempat tertentu. Ketika mereka bebas dan di depan umum, mereka masih dapat menggunakan perangkat mereka untuk belajar. 

2. Sebagai sumber bahan Pembelajaran 

Sumber bahan pembelajaran guru kini tidak hanya tersedia dari buku.Teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran yang adaptif terhadap waktu. 

Ada banyak bahan pembelajaran yang tersedia dari seluruh dunia untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan. 

3. Tidak Digunakannya Bahan Pembelajaran papan tulis dan kapur tulis

Proses belajar mengajar kini didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi. 

Sebagai alat dan sarana pembelajaran, TIK akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih inovatif dan menarik.

Mereka juga dikenal karena efisiensinya karena lebih modern. Untuk itu, guru juga perlu mengikuti perkembangan teknologi agar dapat mengajar dengan cara yang terus berkembang. 

4. Sebagai Keterampilan dan Kemampuan 

Penggunaan TIK harus proporsional. Artinya TIK dapat menembus semua kelas sosial, namun harus beradaptasi dengan bagiannya masing-masing. 

5.Sebagai Sumber Informasi Penelitian 

Keberadaan TIK sebagai sumber informasi mendorong penelitian pendidikan. 

Keberadaan TIK juga membuat penelitian itu sendiri tersedia dan diketahui orang lain. Ini akan membantu mencegah penyelidikan semacam itu. 

6. Sebagai Alat Konsultasi 

Internet banyak digunakan sebagai alat konsultasi para ahli dari negara lain. 

Baik guru maupun siswa dapat menggunakannya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar mereka langsung dari ahlinya tanpa mengeluarkan banyak biaya. 

7. Sebagai Sarana Pembelajaran Online 

Pembelajaran dapat dilakukan dimana saja, bahkan secara online melalui internet. Banyaknya website, blog, forum, atau aplikasi yang sekarang banyak tersedia di Internet memungkinkan siapa saja untuk belajar dari Internet. 

Misalnya ada perpustakaan online, perpustakaan digital yang menggunakan internet sebagai forumnya. Terlepas dari jarak dan waktu, siapa pun dapat dengan mudah mengakses sumber pengetahuan. 

Ada juga forum diskusi online di Internet, memungkinkan siapa saja untuk berdiskusi dan bertukar pendapat dengan peserta forum. 

Memahami berbagai peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, yang akan berdampak pada kemajuan negara.

Untuk siap menerima kemajuan teknologi dari semua lapisan masyarakat, terutama guru dan siswa seperti generasi penerus suatu bangsa, diperlukan tingkat kesadaran tertentu.

Harapan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan 

Lulusan pelatihan ilmu dari Pendidikan Teknologi Informasi diharapkan dan dipersiapkan sebagai pengajar TI (Teknologi Informasi) yang memenuhi syarat dengan keterampilan. 


Kesimpulan

Teknologi informasi dan komunikasi menjadi peran yang sangat penting dalam pendidikan saat ini, yang berarti bahwa dalam bidang pembelajaran dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dengan demikian peningkatkan dalam kualitas pendidikan akan menjadi lebih baik, hal ini tidak lepas dari teknologi yang diterapkan dalam pengembangan dunia pendidikan.


Posting Komentar untuk "Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi di Bidang Pendidikan"