5 Cara Paling Aman Untuk Penyimpanan Data Komputer

Cara aman penyimpanan data komputer - Banyak orang terkadang mengalami kehilangan data di komputernya karena alasan yang tidak terduga. 

Oleh karena itu, jika kalian tidak mencadangkan data komputer secara rutin, kalian mungkin kehilangan file tersebut selamanya. 

Jadi bagaimana cara melindungi data paling aman saat ini?

Berikut 5 cara paling aman untuk penyimpanan data komputer yaitu:

1. Jenis data yang harus dibackup

  • Data pribadi: Hal pertama dan terpenting yang harus dicadangkan adalah data pribadi. Semua data pribadi mulai dari gambar, video tentang diri kalian, keluarga, teman hingga dokumen penting lainnya di komputer kalian perlu dicadangkan secara berkala dan dilindungi dengan cermat. Karena sayangnya ketika data ini hilang, tidak ada cara untuk mengembalikannya.
  • Data pekerjaan : Dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan pekerjaan, kontrak, notulensi, voucher... harus dibackup dengan hati-hati agar dapat ditinjau bila diperlukan atau dijadikan bukti jika ada kejadian yang tidak menguntungkan.sengketa di kemudian hari.
  • Sistem operasi dan program sistem : Selain data pribadi dan pekerjaan, jika kalian lebih berhati-hati, kalian juga dapat membuat cadangan data tentang sistem operasi dan program yang diinstal pada komputer kalian. 

Jika kalian adalah seseorang yang suka mengutak-atik file sistem atau memperbarui perangkat keras secara rutin, memiliki cadangan data sistem yang lengkap akan menghemat waktu ketika terjadi kesalahan.

Artikel terkait : Cara Mengatur Data Komputer dengan Mudah dan Efisien

2. Metode pencadangan data yang sederhana dan aman

2.1 Cadangkan ke hard drive eksternal

Ini adalah metode pencadangan tradisional untuk melindungi keamanan data. Kalian dapat mencadangkan semua data dari komputer ke hard drive eksternal menggunakan fitur pencadangan bawaan perangkat.

Khususnya, pada Windows 10 alat pencadangannya adalah File History. Sedangkan model Mac OS menggunakan Time Machine untuk mencadangkan data. Kalian perlu menyambungkan hard drive yang dapat dilepas ke komputer, lalu menggunakan alat pencadangan untuk menghindari kehilangan data. 

Jika kalian menggunakan komputer desktop, kalian harus selalu mencolokkan drive ke komputer agar data dicadangkan secara otomatis.

Keunggulan: Harga murah dan kecepatan backup cepat 

Kekurangan: Jika komputer dan harddisk rusak, besar kemungkinan semua data akan hilang.

2.2 Penyimpanan awan

Jika kalian ingin memastikan semua data kalian selalu aman, cara lainnya adalah dengan menyimpannya dari layanan penyimpanan cloud dari penyedia pihak ketiga. 

1. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan data online yang memungkinkan pengguna mengakses, mencadangkan, dan berbagi informasi yang tersimpan dengan mudah antar pengguna, di berbagai platform. 

Selain itu karena dikembangkan oleh Google, pengguna dapat dengan mudah mengelola data pribadi antara aplikasi Drive dengan layanan lain yang disediakan oleh Google.

Keuntungan: 

  • Penyimpanan awal 15Gb gratis
  • Simpan file dengan aman dan akses dari mana saja.
  • Bagikan file dan folder dengan mudah.
  • Tinjau riwayat, edit file dengan cepat dan akurat.
  • Manajemen file yang intuitif dan mudah digunakan.

2.Dropbox

Dengan antarmuka yang sederhana, intuitif, dan pengaturan yang nyaman bagi pengguna, Dropbox menjadi salah satu aplikasi layanan penyimpanan cloud terpopuler saat ini. Dropbox mendukung ruang penyimpanan yang besar, membantu pengguna mencadangkan informasi jika diinstal, atau mengakses dokumen bahkan tanpa Internet...

Keuntungan:

  • Penyimpanan awal gratis 2GB
  • Unggah data secara otomatis dari perpustakaan foto kalian ke penyimpanan foto cloud.
  • Kirim file besar dengan mudah hanya dengan menyalin dan menempelkan tautan.
  • Akses file apa pun di akun tanpa Internet.
  • Sinkronkan folder di komputer kalian dengan Dropbox.

3. OneDrive

Berikutnya dalam daftar ini adalah perangkat lunak penyimpanan cloud - OneDrive, yang dikembangkan oleh Microsoft, sudah diinstal sebelumnya pada perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Keuntungan:

  • Buka dan simpan file OneDrive dengan cepat.
  • Cari foto dengan mudah berkat penandaan otomatis.
  • Dapatkan pemberitahuan ketika dokumen publik diedit.
  • Bagikan album foto dan video favorit kalian.
  • Akses offline ke file terpenting kalian.
  • 5GB gratis.

4. iCloud

iCloud dikembangkan oleh Apple khusus untuk pengguna dan hanya menggunakan perangkat sistem operasi iOS atau macOS. 

Oleh karena itu, akan ada lebih banyak pembatasan pada kemampuan mengakses dan berbagi data antara banyak pengguna. 

Selain itu, memori penyimpanan gratis layanan ini hanya 5GB dibandingkan kebanyakan aplikasi layanan penyimpanan lainnya.

Keuntungan:

  • Keamanan dan keselamatan data yang terjamin
  • Cocok untuk pengguna Apple

3. Catatan saat membackup data

Jadi metode backup mana yang paling efektif? Jawabannya adalah tidak ada metode backup data yang 100% sempurna. 

Cara terbaik untuk melindungi data kalian adalah dengan menggabungkan banyak metode dan menggabungkan pencadangan Online (cloud) dan Offline (Hard drive komputer).

Selain itu, hindari metode backup manual (melakukan proses backup sendiri) dan utamakan metode backup otomatis. Karena pencadangan manual memakan waktu dan tidak teratur.

Mencadangkan data secara berkala dan dalam jumlah banyak sangat diperlukan untuk membantu kalian meminimalkan kehilangan data ketika menghadapi masalah yang tidak terduga. 

Lindungi data kalian dengan berbagai cara untuk meminimalkan dampak buruk terhadap data jika hal terburuk terjadi.

Penutup

Jadi, bagaimana cara terbaik untuk menjaga data komputer kalian tetap aman? Dalam dunia di mana kehilangan data dapat menjadi bencana yang tak terduga, penting untuk mengambil langkah-langkah yang bijaksana. 

Pahami bahwa data pribadi dan profesional kalian memiliki nilai yang tak ternilai. Semua kenangan, pekerjaan keras, dan informasi berharga ada di sana.

Dalam artikel ulasa diatas, setiyan telah menjelaskan 5 cara aman untuk menyimpan data komputer kalian.  

Mulai dari mencadangkan data pribadi yang berharga hingga dokumen penting pekerjaan, hingga mencadangkan seluruh sistem operasi dan program komputer kalian. 

Dan juga pada artikel memberikan pilihan metode pencadangan, baik yang sederhana dengan hard drive eksternal atau sistem penyimpanan canggih menggunakan cloud seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan iCloud.

Penting! Dalam proses penyimpanan data semua itu, tidak ada metode pencadangan yang sempurna. Kombinasikan pencadangan online dan offline untuk lapisan perlindungan terbaik, dan pastikan pencadangan kalian otomatis untuk menghindari lupa mencadangkan. 

Data kalian adalah harta berharga, dan dengan tindakan yang tepat, kalian dapat meminimalkan risiko kehilangan data yang tak terduga.

Jadi, apakah kalian siap untuk melindungi data kalian dengan cermat? Lindungi dan simpanlah dengan bijak, karena kehilangan data adalah risiko yang bisa dihindari.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url